BNNP Kalteng Amankan Dua Ons Sabu Dan Tiga Orang Terduga Bandar Besar Sabu-Sabu

 

Dua ons sabu-sabu yang diamankan BNNP Kalimantan Tengah. (FOTO : beni roska/surabayaupdate.com)

Dua ons sabu-sabu yang diamankan BNNP Kalimantan Tengah. (FOTO : beni roska/surabayaupdate.com)

PALANGKARAYA (surabayaupdate) – Untuk kesekian kalinya, Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Kalimantan Tengah berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu-sabu di wilayah Kalimantan Tengah.

Dari upaya pencegahan yang dilakukan BNNP Kalimantan Tengah ini, petugas mengamankan sabu-sabu dengan berat keseluruhan dua ons atau 200 gram dari dua tempat yang berbeda. Selain itu, dari pengungkapan kasus ini, BNNP Kalimantan Tengah juga mengamankan tiga orang yang diduga kuat sebagai bandar besar yang selama ini memasok narkoba jenis sabu-sabu di wilayah Kalimantan Tengah.

Informasi yang diperoleh surabayaupdate.com, pengungkapan kasus ini berawal dari pengembangan kasus narkoba sebelumnya. Senin (12/12) BNNP Kalimantan Tengah mendapat informasi jika di wilayah perbatasan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah akan terjadi transaksi jual beli narkoba dalam jumlah yang cukup besar. Berdasarkan informasi itu, sejumlah petugas BNNP Kalimantan Tengah kemudian bergerak ke lokasi yang akan dipakai sebagai tempat transaksi narkoba.

Dihari pertama pengintaian, petugas masih belum mendapati aktivitas apapun dari lokasi yang dimaksudkan. Namun, upaya petugas untuk terus melakukan pengawasan tidak sia-sia. Selasa (13/12), petugas mendapati sebuah mobil sedan warna merah berada di lokasi dan hendak meninggalkan tempat.

Petugas BNNP Kalimantan Tengah sedang mengidentifikasi mobil milik terduga kasus narkoba. (FOTO : beni roska/surabayaupdate.com)

Petugas BNNP Kalimantan Tengah sedang mengidentifikasi mobil milik terduga kasus narkoba. (FOTO : beni roska/surabayaupdate.com)

Tidak ingin kehilangan buruannya, beberapa petugas yang waktu itu mengendarai mobil Suzuki APV warna hitam kemudian berusaha menghentikan laju mobil tersebut. Namun, upaya ini mendapatkan perlawanan. Pengemudi mobil bukannya menghentikan mobilnya malah menabrak mobil petugas BNNP Kalimantan Tengah.

Kejar-kejaran pun tak terelakkan. Dua orang laki-laki yang berada di dalam mobil akhirnya berhasil ditangkap di Muara Tewah, Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah. Selain mengamankan satu unit mobil dan dua orang laki-laki yang diduga kuat sebagai terduga narkoba, BNNP Kalimantan Tengah juga mengamankan satu unit mobil warna putih di Jalan Paus XXII Kota Palangkaraya.

Terkait penangkapan tiga orang terduga narkoba ini, Kepala BNNP Kalimantan Tengah Kombes Pol Sumirat Dwiyanto mengatakan saat ini timnya sedang melakukan pengejaran terhadap terduga lain.

“Saat ini beberapa petugas BNNP Kalimantan Tengah sedang mengembangkan kasus ini. Ada beberapa orang terduga lain yang sedang kami kejar keberadaannya. Hasil evaluasi kami sementara, tiga orang yang sudah kami amankan ini adalah anggota sindikat pengedar narkoba di wilayah Kalimantan Tengah, “ ungkap Sumirat.

Kami berharap, lanjut Sumirat, bisa mengembangkan kasus ini ke tingkat lebih atas lagi, dengan barang bukti narkoba yang lebih banyak lagi. Untuk peredaran narkoba di Kalimantan Tengah ini, paling sering masuknya melalui Bandara Samsudin Noor Banjarmasih kemudian dibawa ke Kalimantan Tengah melalui jalur darat. (ben)