BPK Dan Media Komitmen Bersinergi Awasi Penyelewengan Uang Negara Di Kalimantan Tengah

 

Acara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Propinsi Kalimantan Tengah bersama media seluruh Kalimantan Tengah. (FOTO : beny/surabayaupdate.com)

Acara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Propinsi Kalimantan Tengah bersama media seluruh Kalimantan Tengah. (FOTO : beny/surabayaupdate.com)

PALANGKARAYA (surabayaupdate) – Untuk terus melakukan pengawasan terhadap penggunaan uang negara di masing-masing daerah yang ada di Indonesia, khususnya di Kalimantan Tengah, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Propinsi Kalimantan Tengah menggelar media relation.

Acara yang digelar Rabu (7/12) mulai pukul 09.30 Wib ini mengambil tema peranan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan daerah di Kalimantan Tengah. Turut hadir dalam acara ini Kepala BPK Propinsi Kalimantan Tengah, Cornell Syarief dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah, Sumantri.

Cornell mengatakan, saat ini pemerintah terus mendorong pemerintah daerah di seluruh Indonesia supaya bisa meningkatkan perekonomian dan pembangunan di daerah masing-masing.

“Untuk melaksanakan pembangunan dan meningkatkan perekonomian daerah itu, mengeluarkan banyak anggaran dari negara yang jumlahnya tidak sedikit. Oleh karena itu, BPK mempunyai fungsi pemeriksaan keuangan terhadap semua instansi pemerintah supaya tidak terjadi penyelewengan uang negara satu persen pun, “ papar Cornell.

BPK Propinsi Kalimantan Tengah, lanjut Cornell, pada kesempatan ini mengajak media baik media cetak, online maupun televisi untuk bersama-sama dengan BPK, melakukan pengawasan terhadap penggunaan uang negara di Kalimantan Tengah.

“Media mempunyai fungsi sebagai kontrol sosial terhadap perkembangan yang terjadi di masyarakat sedangkan BPK mempunyai fungsi kontrol terhadap penggunaan keuangan negara di setiap pemerintah daerah, “ ungkap Cornell.

Pada kesempatan ini, selain mengajak seluruh insan pers di Kalimantan Tengah supaya turut serta melakukan pengawasan terhadap penggunaan keuangan negara, Cornell juga menjelaskan kepada para jurnalis yang menghadiri acara ini tentang hasil pemeriksaan keuangan yang sudah dilakukan BPK Propinsi Kalimantan Tengah mulai tahun 2011 hingga 2016.

Dari hasil pemeriksaan keuangan negara yang dilakukan BPK Kalimantan Tengah itu, pemeriksaan keuangan negara di Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Kota Waringin Barat menunjukkan hasil yang sangat membanggakan, yaitu penggunaan anggaran sudah sesuai dengan yang dilaporkan. (ben)