Brand Chief Kyokushin IKO Matsushima Untuk Indonesia Adakan Coaching Clinic Karate Di Empire Palace

 

Shihan Setya Purnama (KIRI, SABUK HITAM) mengajarkan teknik tangkisan yang benar dalam bela diri karate ke salah satu Denshi. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Shihan Setya Purnama (KIRI, SABUK HITAM) mengajarkan teknik tangkisan yang benar dalam bela diri karate ke salah satu Denshi. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Untuk lebih mendekatkan diri dan semakin menjalin keakraban antar pelatih dan dengan anak asuh, Indonesian Kyokushin Karate Association (IKKA) IKO Matsushima gelar latihan bersama di gedung Empire Palace Surabaya.

Acara latihan bersama, Senin (10/4) ini terasa amat istimewa karena dihadiri dan diawasi langsung Brand Chief Kyokushin IKO Matsushima untuk Indonesia, Shihan Setya Purnama, pemegang sabuk hitam karate Kyokushin Dan V.

Meski usianya sudah menginjak 62 tahun, Shihan Setya Purnama yang juga sebagai pemegang sertifikat dan lisensi juri dan wasit internasional Kyokushin ini terlihat sangat energik ketika memberikan pelatihan kepada sejumlah karateka baik sabuk putih, kuning, hijau, biru, coklat hingga hitam.

Shihan Setya Purnama foto bersama para Sensei dan Denshi yang mengikuti latihan pertama, pembukaan dojo Empire Palace. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Shihan Setya Purnama foto bersama para Sensei dan Denshi yang mengikuti latihan pertama, pembukaan dojo Empire Palace. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Selain itu, masih terlihat juga bagaimana ketahanan fisik Shihan Setya Purnama, ketika memberikan arahan, bagaimana gerakan yang baik dan benar, untuk teknik tendangan, pukulan serta tangkisan dalam seni beladiri karate Kyokushin.

Di sela-sela acara coaching clinic ini, Shihan Setya Purna berpesan kepada seluruh karateka yang hadir dalam latihan bersama ini, supaya melakukan gerakan-gerakan teknik pukulan, tendangan dan tangkisan secara benar. Hal ini tak lain selain untuk menghasilkan gerakan yang maksimal, juga berfungsi untuk menjaga tubuh supaya tidak cidera ketika sedang melakukan salah satu gerakan.

“Harus kalian perhatikan. Setiap melakukan gerakan-gerakan baik itu teknik pukulan, teknik tendangan maupun teknik tangkisan, harus dilakukan secara benar. Jangan sampai, gerakan yang sedang kita lakukan itu, malah membuat sakit tubuh kita karena kita salah dalam melakukan gerakan tersebut, “ papar Shihan Setya Purnama.

Shihan Setya Purnama berfoto bersama para sensei dan sensei Teguh, pemilik dojo Empire Palace. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Shihan Setya Purnama berfoto bersama para sensei dan sensei Teguh, pemilik dojo Empire Palace. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Selain mengingatkan kepada seluruh karateka yang hadir dalam acara coaching clinic di gedung Empire Palace ini, untuk membiasakan diri melakukan gerakan dengan teknik yang benar guna menghindari cidera dan supaya menghasilkan gerakan yang maksimal, Shihan Setya Purnama juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir supaya tetap menjaga kekompakan, baik sesama anggota dojo maupun antar dojo.

Kedatangan Shihan ke Surabaya dan bersedia sebagai instruktur dalam kegiatan latihan bersama karate Kyokushin IKO Matsushima di gedung Empire Palace ini selain ikut mengawasi dan meninjau pelaksanaan ujian kuartal yang digabungkan dengan ujian semester diselenggarakan di Malang, Minggu (9/4), juga mendorong pihak pengurus dan para pelatih untuk segera membesarkan dojo Empire Palace, karena dojo Empire Palace ini adalah dojo yang kedua di Surabaya setelah dojo Bukit Mas.

Pada kesempatan ini, Shihan Setya Purnama ditemani Sensei Andi Susila, Ketua Harian IKKA untuk Indonesia. Selain itu, Shihan Setya Purnama juga ditemani Sensei Antonius yang menjabat sebagai Sekretaris Pusat IKKA. Kedatangan mereka ini, selain juga melihat pelaksanaan ujian, juga dalam rangka memberikan penilaian bersama dalam ujian tersebut.

Dengan semakin banyaknya peminat karate yang ingin belajar seni beladiri Kyokushin, Shihan Setya Purnama berharap kepada seluruh dojo punya standarisasi. Selain itu, Shihan Setya Purnama juga mengingatkan kepada seluruh Sensei supaya lebih mendedikasikan disiplin ilmu yang dimiliki untuk mendidik serta membina Denshi, supaya menghasilkan atlit-atlit karate yang tangguh dan bisa mengharumkan nama Indonesia, IKKA IKO Matsushima dan dojo-nya.

IKKA sendiri merupakan cabang dari IKO Matsushima di Jepang, mempunyai kurikulum yang sama dengan IKO Matsushima. Seluruh sertifikat maupun DAN yang disandang siswa maupun pelatih IKKA, mendapat jaminan pengakuan secara internasional. Saat ini, IKKA mempunyai beberapa Sensei terbaik dan berstandar internasional, pemegang sabuk hitam Dan IV. Mereka ini bernama Sensei Didik, Sensei Andi Susila, Sensei Walewangko, Sensei Mochtar Tarigan, Sensei Suryanto dan Sensei Sugiarto Wiyono. (pay)