DELAPAN BELAS MAHASISWA THAILAND TANAM POHON MANGROVE

Tidak ada komentar 332 views
delapan belas mahasiswa Thailand yang melakukan penanaman mangrove di hutan gununganyar bersama mahasiswa Untag. (FOTO: Parlin/surabayaupdate)

delapan belas mahasiswa Thailand yang melakukan penanaman mangrove di hutan gununganyar bersama mahasiswa Untag. (FOTO: Parlin/surabayaupdate)

SURABAYA (SurabayaUpdate) – Untuk mengenal lebih dekat tentang budaya dan melakukan penelitian tentang lingkungan, delapan belas mahasiswa asal Thailand berkunjung ke Surabaya. Di Surabaya, mereka akan tinggal di guess house milik Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya.

Para mahasiswa dari Khon Kaen Universitas (KKU) Thailand yang berjumlah 18 orang itu, dibagi menjadi dua kelompok kedatangan. Dua mahasiswa Universitas Khon Kaen University, sudah tiba satu bulan sebelumnya, sedangkan 16 mahasiswa lagi, baru datang tanggal 2 Juni lalu.

Wakil Rektor 1 Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya, Dr. Andik Matulessy, Msi mengatakan sebagai kegiatan awal setelah kedatangan para mahasiswa Khon Kaen University (KKU) Thailand, Untag Surabaya mengajak para mahasiswa asal negeri Gajah Putih ini, meninjau hutan mangrove yang berada di Gunung Anyar, Surabaya.

“Di Hutan mangrove Gununganyar Surabaya, 18 mahasiswa asal Thailand ini, diperkenalkan dengan tumbuhan mangrove. Selain itu, para mahasiswa asal Thailand ini, juga diajari cara menanam pohon mangrove, “ ujar Andik.

Acara penanaman pohon mangrove yang digagas Untag Surabaya, dengan melibatkan para mahasiswanya tersebut, lanjut Andik, dilaksanakan Minggu (8/6), pukul 08.30 Wib. Dengan mengendarai tiga kapal nelayan, 18 mahasiswa Thailand yang didampingi 20 mahasiswa Untag yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah tersebut, menuju hutan mangrove Gununganyar.

“Mereka yang datang ini adalah para mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas Teknik. Para mahasiswa itu ada yang dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Pertanian, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan dan Teknik Komputer, “ paparnya. .

Selama di Surabaya, kata Andik, 18 mahasiswa KKU Thailand itu, akan melakukan serangkaian kegiatan, diantaranya kuliah bersama mahasiswa Fakultas Teknik di Untag Surabaya, studi ekskursi di beberapa perusahaan seperti Telkomsel dan tempat lain seperti kampung dinamo yang terletak di daerah Kupang, meneliti keadaan Surabaya sesuai bidang ilmunya, merumuskan masalah serta merencanakan solusinya.

Para mahasiswa yang melakukan kunjungan dalam rangka penelitian ini, akan mengakhiri kunjungannya sampai tanggal 30 Juni. Rencananya, pada 17 Juni-19 Juni itu, 18 mahasiswa KKU Thailand ini, akan melakukan KKN di Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Selama melakukan kegiatan penelitian dan pengenalan lingkungan, baik di Surabaya maupun di Jombang sebagai tempat KKN, para mahasiswa asal Thailand tersebut, akan didampingi 2 dosen dari Thailand dan 8 dosen dari Untag Surabaya. (pay)