Ferari Gandeng Universitas Muhammadiyah

Tidak ada komentar 132 views
Proses penandatanganan MoU di Universitas Muhammadiyah. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com)

Proses penandatanganan MoU di Universitas Muhammadiyah. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com)

SURABAYA – Untuk memberikan penguatan ilmu hukum ditingkat perguruan tinggi, Federasi Advokat Republik Indonesia (Ferari) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

MoU tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Ferari dengan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Penandatanganan dilakukan Teguh Samudera, Ketua Umum DPP Ferari dan Sukadiono, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya di kampus Muhammadiyah Surabaya, Sabtu (10/11/2018).

Teguh Samudera mengatakan, MoU yang dilakukan antara Ferari dengan Universitas Muhammadiyah ini dilakukan dalam rangka pendidikan khusus profesi advokat.

“Setelah ini kami mengadakan pendidikan advokat dan kemudian dilakukan ujian advokat. Setelah lulus ujian, tinggal menunggu waktu untuk magang saja,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Teguh, MoU ini juga ditujukan untuk semua kegiatan di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya.

“Jadi Ferari juga memberi bantuan seperti pendampingan, membantu agar LBH Fakultas Hukum berjalan. Nantinya, anggota kami akan berada di kampus ini untuk membimbing para mahasiswa,”ungkap Teguh.

Tak hanya untuk mahasiswa di tingkat akhir, nantinya mahasiswa yang di tingkat awal juga diperbolehkan untuk mengikuti pendidikan advokat yang digelar Ferari.

“Para mahasiswa tersebut nantinya boleh datang sebagai mahasiswa tamu, supaya mereka mengerti dan termotivasi untuk menjadi advokat,” katanya.

Teguh menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk memberdayakan hak-hak fundamental masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa hukum. Agar nantinya bisa menjadi profesi hukum yang andal.

“Apapun nanti profesinya, entah jadi advokat, polisi, jaksa, hakim bisa menjadi profesional,” terangnya.

Sementara itu, Sukadiono, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya menyambut baik MoU dengan Ferari. Melalui kerjasama ini, dirinya berharap bisa melahirkan mahasiswa lulusan hukum yang berkualitas.

Lebih lanjut Sukadiono mengatakan, dengan ditanda tanganinya MoU ini, bisa menjadi sarana pembelajaran mahasiswa kita, agar kedepannya saat terjun di dunia kerja para mahasiswa Universitas Muhammadiyah tidak gagap, karena mereka telah belajar bersama advokat yang sudah senior dan berpengalaman. (pay)