Kasrem 084/Bhaskara Jaya Tutup Latihan Posko I Bhaja Siaga

Kasrem 084/Bhaskara Jaya, Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro memeriksa pasukan pada pelaksanaan penutupan latihan Posko I Bhaja Siaga. (FOTO : pen 084/surabayaupdate.com)

Kasrem 084/Bhaskara Jaya, Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro memeriksa pasukan pada pelaksanaan penutupan latihan Posko I Bhaja Siaga ke-14 tahun 2014. (FOTO : pen 084/surabayaupdate.com)

SURABAYA (SurabayaUpdate) – Dengan mengambil tema Kodim 0816/Sidoarjo, Kodim 0826/ Pamekasan, Kodim 0827/Sumenep, Kodim 0828/Sampang dan Kodim 0829/Bangkalan, melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka operasi militer selain perang, latihan Posko I Bhaja Siaga ke-14 tahun 2014 akhirnya ditutup.

Bertempat di lapangan apel Makodim 0816/Sidoarjo, penutupan latihan Posko I Bhaja Siaga ke-14 tahun 2014 ini dipimpin Kasrem 084/Bhaskara Jaya, Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro, Jumat (5/9).

Turut hadir pada upacara penutupan tersebut, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), instansi terkait, lembaga kemasyarakatan, para Kasi Korem 084/Bhaskara Jaya, para komandan satuan dan Kabalak jajaran Korem 084/Bhaskara Jaya yang bertempat di lapangan apel Makodim 0816/Sidoarjo.

Mewakili Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Arh Nisan Setiadi, SE, Kasrem 084/Bhaskara Jaya, Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro mengucapkan terima kasih atas upaya dan kerja keras para Komandan Kodim beserta unsur stafnya, juga instansi terkait lainnya yang terlibat dalam latihan ini.

Lebih lanjut Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro mengatakan, kepada para komandan satuan supaya selalu memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan kerja antara komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan komando pengendalian operasi guna menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang terjadi di wilayah.

“Unsur-unsur pimpinan di masing-masing satuan, hendaknya mengembangkan dan mengimplementasikan pemikiran yang lebih kreatif serta tajam sehingga mampu mengupayakan terobosan yang berani di tengah perkembangan situasi rawan yang kompleks dengan permasalahan, seperti terjadinya peristiwa bencana alam, “ ujar Agung.

Kita, lanjut Agung, harus mampu mencari serta menemukan berbagai alternatif dan solusi serta meningkatkan komunikasi, koordinasi, kerjasama secara intensif dengan instansi terkait di wilayah masing-masing dalam penanganan masalah banjir, sehingga potensi korban dan kerugian dapat ditekan seminimal mungkin.

Masih menurut Agung, dari hasil evaluasi yang sudah dilakukan, disimpulkan bahwa pelaksanaan latihan kali ini secara keseluruhan dapat dikatakan tujuan Latihan Posko-1 ini telah tercapai dengan baik.

Untuk itu, Danrem 084/Bhaskara Jaya meminta kepada para peserta segera mengaplikasikan berbagai pengetahuan, teori, keterampilan dan pengalaman yang telah diterima selama pelaksanaan latihan untuk dijadikan bekal dalam pelaksanaan tugas yang akan datang.

Latihan Posko I Bhaja Siaga ke-14 tahun 2014 yang dihelat muai tanggal 3 September sampai dengan 5 September ini dilaksanakan serentak di lima kodim yaitu Kodim 0816/Sidoarjo, Kodim 0826/ Pamekasan, Kodim 0827/Sumenep, Kodim 0828/Sampang dan Kodim 0829/Bangkalan wilayah. (pen 084/pay)