Kodim 0813/Bojonegoro Dan BKKBN Bojonegoro Peduli Pap Smear

Komandan Kodim 0813/Bojonegoro Letkol Arh. Sjahrir Rijadi dan Kepala BKKBN Kabupaten Bojonegoro memberikan sambutan diacara pemeriksaan masyarakat di puskesmas Campurejo Kabupaten Bojonegoro. (FOTO : penrem 0813/Bojonegoro untuk surabayaupdate.com)

Komandan Kodim 0813/Bojonegoro Letkol Arh. Sjahrir Rijadi dan Kepala BKKBN Kabupaten Bojonegoro memberikan sambutan diacara pemeriksaan masyarakat di puskesmas Campurejo Kabupaten Bojonegoro. (FOTO : penrem 0813/Bojonegoro untuk surabayaupdate.com)

BOJONEGORO (surabayaupdate) – Untuk lebih meningkatkan lagi kesadaran masyarakat khususnya kesehatan kaum wanita di Kabupaten Bojonegoro, Kodim 0813/Bojonegoro bekerjasama dengan BKKBN Kabupaten Bojonegoro menggelar bhakti sosial.

Acara bhakti sosial yang dilaksanakan, Jumat (28/11) di Puskesmas Campurejo yang terletak di Desa Campurejo Kabupaten Bojonegoro ini, meliputi kegiatan sosialisasi Pap Smear kepada ibu-ibu dan pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

dr.Karida Dewi, dokter spesialis kandungan yang menjadi pembicara dalam kegiatan ini mengatakan, Pap smear sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap wanita, terutama mereka yang telah berkeluarga dan sudah pernah melahirkan.

“Jika dilakukan secara rutin, maka wanita tersebut secara tidak langsung sudah melakukan tindakan pencegahan kanker leher rahim. Pap smear atau tes Pap adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisa untuk mendeteksi dini adanya kanker leher rahim, “ ujar Karida Dewi.

Selain itu, lanjut Karida, dengan tes ini, kita juga bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker, sehingga kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan.

Pada perhelatan ini, selain melakukan sosialisasi dan menjelaskan secara rinci tentang Pap Smear, BKKBN Kabupaten Bojonegoro juga melakukan serangkaian tes Pap kepada ibu-ibu yang menghadiri kegiatan ini. Ada 6 orang tim medis yang didatangkan dari Surabaya untuk memeriksa kondisi ibu-ibu tersebut.

Sementara itu, Komandan Kodim 0813/ Bojonegoro Letkol Arh. Sjahrir Rijadi disela-sela pemeriksaan kesehatan dan tes Pap yang dilakukan tim medis kepada ibu-ibu yang hadir dalam acara ini mengatakan, Kodim 0813/Bojonegoro sangat mendukung penuh kegiatan ini.

Lebih lanjut Sjahrir mengatakan, pelaksanaan program Pap Smear ini tidak hanya memberikan rasa nyaman, namun bertujuan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Jika kesehatan terjaga khususnya kesehatan dalam rumah tangga itu tetap terjaga, maka yang ada adalah keharmonisan. (Penrem 082)