Pangdam V/Brawijaya Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Sejumlah Perwira Prajurit TNI AD

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Eko Wiratmoko,S.Sos, memberikan ucapan selamat kepada sejumlah perwira TNI AD yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. (FOTO : Pendam V/Brawijaya untuk surabayaupdate.com)

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Eko Wiratmoko,S.Sos, memberikan ucapan selamat kepada sejumlah perwira TNI AD yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. (FOTO : Pendam V/Brawijaya untuk surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Sebagai bentuk penghargaan kepada prajurit TNI AD yang sudah mengabdikan seluruh hidupnya untuk negara dan bangsa serta berdedikasi tinggi dalam bentuk bertanggungjawab atas semua tugas yang diberikan kepadanya, Kodam V/Brawijaya menaikkan pangkat prajurit TNI AD khusus perwira.

Upacara kenaikan pangkat bagi para perwira yang dipimpin langsung Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko,S.Sos, Rabu (1/4) ini bertempat di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya. Acara pelaporan korps kenaikan pangkat ini ditandai dengan laporan Irdam V/Brawijaya kepada Pangdam V/Brawijaya dan dilanjutkan dengan pelaporan perwakilan para prajurit yang naik pangkat.

Pada perhelatan kenaikan pangkat 1 tingkat lebih tinggi dari pangkat semula ini dihadiri Kasdam V/Brawijaya, para asisten Kasdam V/Brawijaya dan Kabalak wilayah Surabaya serta ibu ketua Persit PD V/Brawijaya. Selain di Kodam V/Brawijaya, upacara kenaikan pangkat juga dilaksanakan di masing-masing wilayah Korem 081, Korem 082 dan Korem 083.

Jumlah perwira prajurit TNI AD jajaran Kodam V/Brawijaya yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula kali ini sebanyak 136 orang. Dari jumlah itu, perwira yang bertugas di wilayah Surabaya sebanyak 48 orang dengan rincian Kolonel sebanyak 4 orang, Letnan Kolonel sebanyak 6 orang, Mayor sebanyak 2 orang, Kapten sebanyak 29 orang dan Letnan Satu sebanyak 7 orang.

Dalam sambutannya, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Eko Wiratmoko,S.Sos, mengatakan, kenaikan pangkat bisa diartikan penghormatan dan tanda kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI kepada prajurit yang menerimanya.

“Kenaikan pangkat juga menyangkut pembinaan karir prajurit yang dilandasi pada penilaian obyektif dan konsistensi tugas yang ditunjukkan seorang prajurit sebelumnya. Dengan adanya kenaikan pangkat ini, diharapkan dapat menjadi pendorong semangat seluruh prajurit untuk lebih siap menghadapi tugas-tugas kedepannya yang semakin berat dan kompleks, “ ujar Eko.

Selain itu, lanjut Eko, kenaikan pangkat yang diberikan pimpinan ini merupakan amanah untuk dipertanggungjawabkan tidak saja kepada diri sendiri, anggota yang dipimpin, dan satuan, tetapi yang lebih penting adalah mempertanggung-jawabkannya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Di akhir amanatnya, Pangdam V/Brawijaya juga berpesan supaya para perwira mempunyai wawasan yang luas terhadap perkembangan segala hal yang terjadi di lingkungan masyarakat. Dengan wawasan luas yang dimilikinya itu, seorang perwira akan mampu melakukan analisa terhadap hal yang dapat merugikan pribadinya maupun institusinya. (pendam/pay)