Penyuluhan Tentang Bahaya HIV/AIDS Korem 082/CPYJ Di Minggu Militer

Dandenkesyah Mojokerto Letkol Ckm Rofik Triwiyoso saat memaparkan materi penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS yang digelar di aula Korem 082/CPYJ. (FOTO : penrem 082/CPYJ untuk surabayaupdate.com)

Dandenkesyah Mojokerto Letkol Ckm Rofik Triwiyoso saat memaparkan materi penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS yang digelar di aula Korem 082/CPYJ. (FOTO : penrem 082/CPYJ untuk surabayaupdate.com)

MOJOKERTO (surabayaupdate) – Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahaya Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), Korem 082/CPYJ menggelar penyuluhan.

Bertempat di aula Korem 082/CPYJ, penyuluhan ini ditujukan kepada seluruh prajurit TNI AD yang berdinas di Korem 082/CPYJ, PNS serta keluarga besar prajurit dan PNS Korem 082/CPYJ.

Penyuluhan yang dilaksanakan Senin (24/11) ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan rutin yang dilakukan Korem 082/CPYJ setiap minggu terakhir, dimana di Korem 082/CPYJ dikenal dengan istilah Minggu Militer.

Sebelum melaksanakan serangkaian kegiatan Minggu Militer, Korem 082/CPYJ memulainya dengan kegiatan Peraturan Baris Berbaris (PBB), gerakan ditempat dan gerakan berjalan yang dipimpin langsung Kapten Inf Supriono (Dankima). Turut hadir dalam pelaksanaan Minggu Militer ini Danrem 082/CPYJ Kolonel Czi Suparjo, Dandenkesyah Mojokerto Letkol Ckm Rofik Triwiyoso dan Para Kasi Korem 082/CPYJ.

Usai melaksanakan kegiatan PBB dilanjutkan dengan gerakan di tempat dan gerakan berjalan, sebelum masuk ke materi penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS, acara ini dibuka dengan sambutan Danrem 082/CPYJ, Kolonel Czi Suparjo.

Lebih lanjut Kolonel Czi Suparjo mengatakan, kepada seluruh prajurit, PNS dan keluarga besar Korem 082/CPYJ dipaparkan bagaimana pentingnya menjaga kesehatan setiap saat. Jangan sampai, prajurit dan PNS yang berdinas di Korem 082/CPYJ, mudah terserang penyakit.

“Yang mengetahui bagaimana kondisi tubuh ini adalah kita sendiri. Untuk itu, sebagai seorang prajurit dan PNS jajaran Korem 082/CPYJ dihimbau untuk pandai-pandai dalam menjaga kesehatan, “ ujar Suparjo.

Selain itu, lanjut Suparjo, dihimbau juga untuk tetap berhati-hati dalam berkendaraan. Jangan sampai terjadi kecelakaan saat berkendara. Hal lain yang juga harus menjadi perhatian adalah tentang bencana alam, khususnya menjelang perubahan cuaca dari musim kemarau atau musim panas ke musim hujan.

Masih di tempat yang sama, dalam penyuluhan tentang HIV/AIDS ini, Dandenkesyah Mojokerto Letkol Ckm Rofik Triwiyoso mengatakan, seluruh jajaran Korem 082/CPYJ perlu mengetahui bagaimana pentingnya wawasan tentang penyakit HIV/AIDS ini.

“ HIV/AIDS hingga saat ini masih belum ada obatnya. Untuk itu, perlu kita pahami bersama, bagaimana gejala timbulnya HIV/AIDS, bagaimana cara penularannya dan bagaimana cara mengatasinya, “ ujar Rofik.

Untuk itu, lanjut Rofik, dihimbau kepada seluruh prajurit yang berdinas di Korem 082/CPYJ ini, PNS dan keluarga besar Korem 082/CPYJ, hendaknya berhati-hati, jangan sampai tertular bahkan terjangkit penyakit yang mematikan ini.

Selain memberikan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS, Rofik juga memberikan tips tentang pelaksanaan kesamaptaan jasmani, baik sebelum pelaksanaan maupun setelah pelaksanaan. Yang terpenting ketika mengikuti kesamaptaan jasmani adalah, setiap prajurit yang mengikuti kegiatan ini, harus melaksanakannya dengan sungguh-sungguh.

Mengapa kegiatan kesamaptaan jasmani harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh? Rofik memaparkan, jika tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak sesuai dengan prosedur, bisa mengakibatkan kematian bagi personil yang mengikutinya. (penrem 082/pay)