PT Nissan Motor Indonesia Hadirkan Kompetisi Sales & After Sales Tingkat Nasional

Top Management PT. Nissan Motor Indonesia foto bersama para juara kompetisi. (FOTO : PT. NMI untuk surabayaupdate.com)

Top Management PT. Nissan Motor Indonesia foto bersama para juara kompetisi. (FOTO : PT. NMI untuk surabayaupdate.com)

TANGERANG (surabayaupdate) – Untuk senantiasa meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual kendaraan Nissan, Infiniti, dan Datsun di Indonesia, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali menyelenggarakan kompetisi Sales & After-Sales tingkat nasional.

Pada kompetisi yang berjalan sejak November lalu ini, ada 3 kategori yang dilombakan. Kategori pertama adalah Nissan Service Technician Excellence Competency (NISTEC) untuk service technician, kategori kedua adalah Nissan Service Advisor Excellence Competency (NISAC) untuk service advisor, dan yang pertama kali diselenggarakan tahun ini, kategoti Nissan-Datsun Salesforce Excellence Competency (NDSEC) untuk salesperson Nissan dan key account officer Datsun.

Dalam rilisnya, PT. NMI menyatakan, kompetisi ini digelar sejak 2008. Selain bertujuan untuk meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual kendaraan, kompetisi ini diharapkan akan memberi pengalaman terbaik bagi pelanggan saat mengunjungi outlet Nissan-Datsun dan Infiniti di Indonesia.

Vice President, After-Sales, TCS, Product Planning PT. NMI, Teddy Irawan mengatakan sebelum diumumkan siapa pemenangnya, para peserta harus melewati ujian praktik sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Terkait dengan kompetisi Sales & After-Sales tingkat nasional ini, Teddy Irawan menjelaskan, dalam pengembangan jaringan penjualan dan purna jual, PT. NMI tidak hanya memperhatikan peningkatan jumlah outlet, tapi juga kualitas pelayanan dari seluruh outlet yang ada.

“Pelayanan adalah hal penting dalam bisnis otomotif. Pelanggan tidak hanya mengharapkan produk yang berkualitas, tapi juga pengalaman menyenangkan saat berinteraksi di outlet Nissan-Datsun dan Infiniti, “ ujar Teddy.

Oleh karena itu, lanjut Teddy, kualitas sumber daya manusia di setiap outlet Nissan-Datsun dan Infiniti adalah aspek penting yang selalu dikelola PT. NMI dengan baik, supaya dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Para peserta kompetisi sedang foto bersama. (FOTO : PT. NMI untuk surabayaupdate.com)

Para peserta kompetisi sedang foto bersama. (FOTO : PT. NMI untuk surabayaupdate.com)

Sementara itu, General Manager Nissan College PT. NMI Agung Nugroho menambahkan, Nissan College, adalah sebuah pusat pendidikan dan pengembangan talenta-talenta yang dimiliki PT. NMI.

“PT. NMI sebelum menggelar kompetisi ini, sebelumnya telah melakukan proses kualifikasi dan penyeleksian secara ketat untuk menentukan finalis yang akan berlaga di ajang NISTEC, NISAC dan NDSEC ini, “ ungkap Agung.

Finalis NISTEC, NISAC, dan NDSEC ini, lanjut Agung, wajib menjalani serangkaian ujian, baik tertulis dan ujian praktik untuk menjamin proses serta hasil pelayanan pelanggan yang berkualitas tinggi sesuai standar global Nissan.

“Untuk para peserta NISTEC, ujian praktik yang harus dilewati mereka lewati meliputi ujian pengukuran dan kalibrasi teknik, ujian prosedur pemeriksaan dan perawatan berkala, serta ujian diagnosa dan perbaikan untuk kategori engine, chassis, dan electrical, “ kata Agung.

Untuk kategori NISAC, para finalis harus melewati ujian praktik Nissan Sales & Service Way (NSSW), meliputi service process dan customer handling SOP. Sementara untuk kategori NDSEC yang merupakan pengujian kompetensi terbaru untuk kategori Salesperson, mengharuskan peserta untuk melakukan praktik dalam memberikan pelayanan kepada konsumen dengan berbagai macam karakter dan latar belakang, serta memberikan edukasi mengenai teknologi dan keunggulan yang ditawarkan produk Nissan dan Datsun.

Dalam rilis ini juga diumumkan siapa saja yang menjadi juara kompetisi Sales & After-Sales tingkat nasional yang diselenggarakan PT. NMI ini. Untuk kategori NISTEC, juara1 diberikan kepada Fahrul Meineni dari outlet Nissan-Datsun Ahmad Yani, Surabaya. Juara 2 diberikan kepada M. Umar Faroq, dari outlet Nissan-Datsun Jember. Sementara juara 3 diberikan kepada Ardy Wisnu P, dari outlet Nissan-Datsun Bantul.

Untuk kategori NISAC, juara 1 diberikan kepada Joko Prasetyo dari outlet Nissan-Datsun Probolinggo, juara 2 diberikan kepada Fajar Kurniawan, dari outlet Nissan-Datsun Tanjung Priok, Jakarta dan terakhir juara ketiga diberikan kepada Syaeful Munawar, dari outlet Nissa-Datsun Veteran, Bandung.

NMI juga memberikan hadiah sebesar Rp. 15 juta untuk juara 1, Rp. 10 juta untuk juara 2 dan Rp. 5 juta untuk juara 3, pada para pemenang untuk kategori NDSEC (Nissan), dimana juara 1 diberikan kepada Andi Purnawa dari outlet Nissan-Datsun Tanjung Priok, Jakarta, juara 2 diberikan kepada Lilis Mintarsih dari outlet Nissan-Datsun Veteran, Bandung dan juara 3 diberikan kepada Rani Yunia Devi dari outlet Nissan-Datsun Jemursari, Surabaya.

Untuk kategori NDSEC (Datsun), pemenang 1 diberikan kepada Ulviana Cahyaningrum dari outlet Nissan-Datsun Magelang, juara 2. Diberikan kepada Dwi Asri Aryanti dari outlet Nissan-Datsun Istana, Palembang, dan juara 3 diberikan kepada Hendra Adi Prasetya dari outlet Datsun Exclusive Malang. (pay)