Rahmat Santoso Akhirnya Terpilih Sebagai Ketua Umum IPHI Hingga 2023

Rahmat Santoso (DUA DARI KANAN) bersama dengan pengurus IPHI lainnya, usai melaksanakan rapat tadi malam. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Rahmat Santoso (DUA DARI KANAN) bersama dengan pengurus IPHI lainnya, usai melaksanakan rapat tadi malam. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Rapat beberapa pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI) yang dilakukan Selasa (14/8) malam tadi, akhirnya memutuskan Rahmat Santoso sebagai Ketua Umum (Ketum) IPHI periode 2018-2023.

Terpilihnya Rahmat Santoso sebagai Ketum IPHI hingga lima tahun mendatang ini akhirnya diketahui setelah beberapa anggota IPHI yang tergabung dalam 20 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di seluruh Indonesia, selesai melakukan rapat hingga larut malam tadi. Munas IPHI ke VIII yang dihelat di Surabaya ini akan berlangsung mulai 14-16 Agustus 2018.

Menanggapi terpilihnya dirinya sebagai Ketum IPHI periode 2018-2023 tersebut, Rahmat Santoso nampak terkejut dan hanya bisa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota IPHI yang sudah datang ke Munas IPHI di Surabaya ini.

“Saya terkejut dan tidak  menyangka akan terpilih secara aklamasi sebagai Ketum hingga lima tahun mendatang. Dengan terpilihnya saya sebagai ketum ini memperlihatkan betapa besarnya dukungan terhadap saya selama dari banyak anggota IPHI seluruh Indonesia. Atas dukungan tersebut saya mengucapkan banyak terima kasih,” ujar Rahmat saat dihubungi usai rapat koordinasi malam tadi, Selasa (14/8) pukul 22.29 Wib.

Munas IPHI ke VIII ini, lanjut Rahmat, sebagai tindak lanjut dari Rakernas IPHI yang pernah dilakukan di Lampung tahun 2017. Namun, agenda Munas ke VIII ini tertunda karena adanya beberapa faktor, salah satunya adalah meninggalnya Indra Sahnun Lubis, Ketum IPHI.

Anggota IPHI berfoto bersama Rahmat Santoso, usai pengukuhan Rahmat Santoso sebagai Ketum IPHI periode 2018-2023. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Anggota IPHI berfoto bersama Rahmat Santoso, usai pengukuhan Rahmat Santoso sebagai Ketum IPHI periode 2018-2023. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Sebagai Ketum terpilih 2018-2023, Rahmat mengaku siap untuk mengemban tugas yang sudah dipercayakan kepadanya ini. Rencana kedepan yang akan ia lakukan adalah untuk mempersatukan advokat di seluruh Indonesia.

“Tidak benar jika ada anggapan bahwa Munas ke VIII ini adalah ilegal, karena berdasarkan hasil Rakernas yang pernah IPHI lakukan di Lampung menyebutkan Jawa Timur harus melaksanakan Munas,” ungkap Rahmat.

Sementara itu, DR. Herman Kadir, SH, M.Hum, Ketua Steering Committee Munas IPHI 2018 di Surabaya mengatakan, Rahmat terpilih sebagai Ketum IPHI periode 2018-2023 ini berdasarkan kesatuan suara dari seluruh anggota IPHI yang menghadiri Munas ini.

“Ada 20 DPD dari total 28 DPD IPHI seluruh Indonesia yang memberikan dukungan ke Rahmat Santoso. Seluruh anggota yang sudah memberikan dukungannya itu meyakini jika Rahmat adalah sosok yang pas dan mampu memimpin IPHI,” kata Herman.

Selain sebagai sosok yang sangat dicintai, lanjut Herman, Rahmat Santoso dikenal sebagai advokat muda yang pandai dan bisa akrab dengan siapa saja, termasuk dengan banyak anggota IPHI di seluruh Indonesia.

“Rahmat ini anak muda yang mempunyai semangat organisasi luar biasa. Dia mampu menghimpun semua teman-teman daerah. Selain itu, kami melihat kesungguhan dan keikhlasan yang sudah ditunjukkannya supaya Munas IPHI ke-8 di Surabaya ini bisa terlaksana, termasuk dalam hal pembiayaan Munas,” tandasnya.

Masih menurut Herman, jika nanti Rahmat sudah benar-benar dilantik, sah sebagai Ketum IPHI periode 2018-2023, Rahmat diharapkan membawa perubahan bagi organisasi IPHI. Dibawah kepemimpinan Rahmat, IPHI harus bisa bersaing dengan organisasi advokat lain yang ada di Indonesia. (pay)