Risma dan anas dipasangkan untuk persiapan Pilgub Jatim 2018?

 

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. (FOTO : kabar24.com)

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. (FOTO : kabar24.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Keberhasilan dan nama besar Tri Rismaharini serta Abdullah Azwar Anas sebagai kepala daerah, diam-diam memikat hati Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri.

Tri Rismaharini ketika menjadi Walikota Surabaya dan Abdullah Azwar Anas sebagai Bupati Banyuwangi, dianggap berhasil membawa daerah yang mereka pimpin mendapatkan sejumlah penghargaan. Selain itu, Risma dan Azwar Anas juga dianggap berhasil melakukan perubahan terhadap daerah yang mereka pimpin.

Atas keberhasilan keduanya inilah, muncul rumor yang menyatakan jika Tri Rismaharini dan Abdullah Azwar Anas akan digandengkan sebagai kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub) 2018 mendatang.

Nama besar Risma dan Anas sebagai pemimpin daerah, diam-diam memikat hati Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. Begitu spesialnya Risma dan Anas ini, sampai-sampai keduanya diundang secara khusus oleh Megawati Soekarno Putri untuk makan siang bersama.

Didik Prasetyo juru bicara DPC PDI Perjuangan Surabaya yang selama ini mendampingi Risma mengakui jika beberapa waktu lalu Risma memang mendapat undangan khusus dari Megawati Soekarno Putri.

“Saat undangan makan siang ini, Risma duduk di sebelah Megawati bersebelahan dengan Anas (Azwar Anas Bupati Banyuwangi, red) sementara beberapa menteri yang turut hadir dalam undangan makan siang kala itu, duduk di depan mereka bertiga, “ ujar Didik.

Apa yang dibicarakan dalam makan siang waktu itu, lanjut Didik, tidak ada yang tahu, termasuk rencana menggandengkan keduanya pada perhelatan Pilgub Jatim 2018 atau Pilgub DKI. Yang jelas, Risma dan Anas adalah undangan khusus di Rakernas PDI Perjuangan.

“Belum ada perintah apapun dari partai untuk mengusung keduanya menjadi gubernur dan wakil gubernur, baik untuk Pilgub Jatim maupun Pilgub DKI. Namun, untuk Pilgub DKI memang menjadi pembahasan di ruang Komisi I dengan materi Pilkada serentak yang akan dilaksanakan 2017 mendatang, “ ungkap Didik.

Ketenaran Risma dan mengundang kekaguman Megawati Soekarno Putri tersebut juga diakui Gianto, anggota Komisi C DPRD Propinsi Jawa Timur. Sebagai orang dekat Megawati, Gianto mengatakan jika Risma memang begitu istimewa dimata Megawati.

“Mbak Risma memang sangat istimewa bagi Megawati. Saat jamuan makan siang di Rakernas PDI Perjuangan beberapa waktu lalu tersebut, Risma duduk berdampingan dengan Megawati, padahal yang hadir pada waktu itu juga ada para petinggi partai dan beberapa menteri,” jelas Gianto.

Apa saja yang diperbincangkan Megawati dengan Tri Rismaharini pada jamuan makan siang itu, Gianto pun tidak mengetahuinya. Begitu pula tentang rencana memasangkan Risma dengan Anas pada perhelatan Pilgub Jatim 2018 mendatang, Gianto terlihat sangat hati-hati sekali dalam menjawabnya. (pay)