Siswa SD Kartika IV-2 Kota Madiun Kunjungi Korem 081/DSJ

Sertu Ngadino saat memberikan penjelasan tentang senjata laras panjang FNC kepada para siswa dan guru pendamping SD Kartika IV-2 Kota Madiun. (FOTO : penrem 081/DSJ untuk surabayaupdate.com)

Sertu Ngadino saat memberikan penjelasan tentang senjata laras panjang FNC kepada para siswa dan guru pendamping SD Kartika IV-2 Kota Madiun. (FOTO : penrem 081/DSJ untuk surabayaupdate.com)

MADIUN (surabayaupdate) – Dalam rangka memperkenalkan lebih dekat satuan komando kewilayahan dan sebagai ajang rekreasi bagi para siswanya, SD Kartika IV-2 Kota Madiun mengunjungi markas Korem 081/DSJ, Jumat (30/1).

Didampingi 15 orang guru pengasuhnya, para siswa yang datang menggunakan 1 kendaraan milik Korem ini disambut Komandan Kompi Markas Korem 081/DSJ di halaman depan makorem.

Usai melaksanakan acara penyambutan dilanjutkan perkenalan masing-masing personil Korem, para siswa diajak berkeliling markas korem sambil memperkenalkan fasilitas yang ada di Makorem 081/DSJ seperti kantor Komandan Korem (Danrem), kantor Kasrem, kantor Persit, kantor para Kasi dan kantor Balak Korem.

Selain itu, para siswa juga diperlihatkan kendaraan milik Korem yang digunakan dalam mendukung tugas sehari-hari. Para siswa ini juga diajak mengunjungi gudang senjata yang ada di Korem.

Para siswa SD ini tidak hanya didampingi guru-guru mereka ketika diajak keliling Makorem 081/DSJ. Beberapa personil Korem juga ditugaskan untuk mendampingi murid-murid SD ini. Personil Korem yang ditunjuk sebagai pendamping mereka adalah Sertu Ngadino, Serda Arendra, Koptu Subandi, Serda Edy P, Kopda Eko Budi dan Serda Sudianto.

Kapenrem 081/DSJ Mayor Budi Yuwono, S.Sos menjelaskan, saat berkeliling di area Makorem, para pendamping menjelaskan ke siswa yang didampinginya tentang persenjataan yang dimiliki Korem.

“Adapun persenjataan militer yang kami perkenalkan ke para siswa ini seperti senjata laras panjang FNC Kaliber 5,56 mm, P1 Pindat kaliber 9 mm, berbagai alat komunikasi, baju seragam Angkatan Darat dan Perlengkapan PHH. Para siswa ini juga kami ajari tentang tali temali, “ ungkap Budi.

Para siswa pun, lanjut Budi, sangat senang dengan kunjungan mereka ke Makorem 081/DSJ ini. Kegembiraan yang terpancar dari masing-masing siswa ini terlihat begitu mereka diberi kesempatan satu persatu untuk memegang dan merasakan secara langsung senjata laras panjang FNC milik Korem.

“Bukan hanya itu. Secara bergantian mereka juga kami ijinkan untuk memegang pistol, diajarkan cara menggunakan alat komunikasi HT bahkan para siswa ini diperbolehkan mencoba seragam TNI dan perlengkapan PHH milik kami, “ pungkas Budi.

Sementara itu, Andriana Retnowati, salah satu guru pengasuh SD Kartika IV-2 Kota Madiun mengatakan, kunjungan yang dilakukan para siswa ini sudah masuk kurikulum dan sudah direncanakan sejak awal.

Menurutnya, kunjugan ini sangat bagus dan positif. Selama berada di Makorem, para siswa diharapkan semakin disiplin setelah melihat penampilan, kerapian dan ketangkasan para prajurit selama di Makorem 081/DSJ. (LS/pay)