Solidarity Week Accor Hotels East Java Bersama 100 Anak Difabel

Seorang anak difabel sedang menghias pohon Natal Mini dengan didampingi gurunya. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Seorang anak difabel sedang menghias pohon Natal Mini dengan didampingi gurunya. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama khususnya anak-anak berkebutuhan khusus, Accor Hotels East Java gelar Solidarity Week 2015. Pada acara berbagi kasih ini, Novotel Surabaya mengundang 100 anak berkebutuhan khusus.

Anak-anak berkebutuhan khusus yang diundang pada acara Solidarity Week 2015 Accor Hotels East Java, yang dihelat Kamis (17/12) di side pool Novotel Hotel Surabaya ini berasal dari sekolah Bangun Bangsa, Harapan Bunda, Karya Asih, YPAC Surabaya, Purna Bakti dan Fajar Harapan.

Pada acara ini, selain dihadiri seluruh anak-anak berkebutuhan khusus, juga dihadiri seluruh General Manager (GM) Accor Hotel East Java Group dan seluruh staff Accor Hotels East Java.

Di acara Solidarity Week ini, seluruh anak yang diundang, selain dihibur dengan penampilan para karyawan dan staff Accor Hotels, juga diajak menikmati suasana hotel yang asri dilanjutkan dengan makan bersama.

Yang membuat acara ini semakin terasa spesial adalah, anak-anak ini diajak menghias sebuah pohon Natal kecil yang ditanam pada sebuah pot mini. Dengan kreativitas yang mereka miliki, pohon Natal kecil hasil karya anak-anak berkebutuhan khusus ini akan dilombakan pada acara ini.

Seorang anak berkebutuhan khusus yang diundang Accor Hotels East Java di acara Solidarity Week 2015. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Seorang anak berkebutuhan khusus yang diundang Accor Hotels East Java di acara Solidarity Week 2015. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Bagi mereka yang karyanya menjadi juara, akan diberi penghargaan khusus dari manajemen Accor Hotel. Selain itu, dari 100 karya anak-anak berkebutuhan khusus ini, 9 karya terbaik akan dipamerkan di lobby masing-masing Accor Hotels East Java.

Senior General Manager Accor Hotels East Java, Sigit Budiarso mengatakan, acara yang dihelat kali ini adalah salah satu Corporate Social Responsbility (CSR) yang diberikan Accor Hotel kepada sesama.

“Accor Hotels sendiri mempunyai banyak program CSR. Salah satunya dikhususkan untuk anak-anak difabel atau anak-anak yang mempunyai keterbelakangan. Berbagi kebahagiaan seperti yang dilakukan di Surabaya ini sudah menjadi agenda tahunan. Untuk yang di Surabaya ini, adalah kali keduanya, “ ujar Sigit.

Perhelatan pertama, lanjut Sigit, dilakukan di Jakarta. Waktu itu, bertepatan dengan hari Cacat Sedunia. Namun, pada penyelenggaraan di Jakarta tersebut, hanya sebagai acara sosial, membuat anak-anak senang dengan maksud menyamaratakan kesetaraan.

“Untuk yang di Surabaya ini, selain ingin berbagi kebersamaan dengan anak-anak yang mempunyai keterbelakangan, juga ingin menggali potensi dari anak-anak ini. Jangan dianggap mereka yang mempunyai keterbelakangan ini tidak mempunyai kemampuan apa-apa, “ kata Sigit.

Banyak juga diantara anak-anak ini, sambung Sigit, mempunyai kemampuan lebih di bidang lain. Accor Hotels, ingin mencari anak-anak yang mempunyai keterbelakangan, namun mempunyai kemampuan lebih. Anak-anak difabel yang mempunyai kemampuan lebih tersebut, kemudian diberi pendidikan hingga akhirnya anak-anak difabel ini bisa dipekerjakan di seluruh hotel jaringan Accor. Minimal 2 anak dengan kondisi difabel akan dipekerjakan, namun tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan anak itu sendiri.

GM Accor Hotels East Java berfoto bersama seorang anak dengan kebutuhan khusus. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

GM Accor Hotels East Java berfoto bersama seorang anak dengan kebutuhan khusus. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

“Harus kita akui, selama ini anak-anak berkebutuhan khusus ini selalu dipinggirkan atau tidak mendapat perhatian. Accor coba peduli akan hal ini, termasuk dengan pengembangan mereka seperti apa, “ ungkap Sigit.

Sigit menambahkan, selain mempunyai banyak program CSR, Accor juga mempunyai program kepedulian yang lain, termasuk terhadap lingkungan dan terhadap anak kurang mampu. Salah satu program kepedulian yang sudah dilaksanakan adalah memperhatikan dan mengelola gizi 100 anak kurang mampu. Program ini sudah dilaksanakan di Jakarta.

Selain itu, beberapa waktu yang lalu, Accor juga melakukan penanaman 1000 pohon di Pacet. Di sini, Accor bekerjasama dengan Perhutani untuk menyewa lahan yang akan ditanami tersebut. Nantinya, jika pohon itu sudah bisa ditebang, pohon itu akan dijual dan hasilnya akan dipakai untuk membiayai anak-anak yang tidak mampu. (pay)