TNI AD Sosialisasikan Program Transmigrasi

Tidak ada komentar 1601 views
Acara sosialisasi program transmigrasi untuk anggota TNI AD kodim 0809/Kediri yang digelar di gedung Setyo Santoso, Kodim 0809/Kediri. (FOTO : penrem 082/CPYJ untuk surabayaupdate.com)

Acara sosialisasi program transmigrasi untuk anggota TNI AD kodim 0809/Kediri yang digelar di gedung Setyo Santoso, Kodim 0809/Kediri. (FOTO : penrem 082/CPYJ untuk surabayaupdate.com)

KEDIRI (surabayaupdate) – Ingin memperbaiki kualitas hidup dan meningkatkan kesejahteran keluarga prajuritnya, TNI-AD sosialisasikan program transmigrasi. Adapun tempat-tempat yang menjadi tujuan transmigrasi bagi prajurit TNI AD itu adalah Kalimantan Timur, Sumatera Selatan dan Papua.

Acara sosialisasi program transmigrasi bagi prajurit TNI AD ini dihelat Rabu (29/4) di gedung Setyo Santoso, Kodim 0809/Kediri. Sosialisasi Program Transmigrasi personil TNI AD 2015 oleh tim Ditajenad ini dipimpin langsung Letkol Caj. Ir. Yusdahmin selaku Kabag Gartim Ditajenad dibantu 4 orang anggota Ditajenad, yang diikuti 200 anggota TNI AD dan PNS Kodim 0809/Kediri.

Selain itu, pada acara sosialisasi program transmigrasi untuk anggota TNI AD ini, dihadiri Dandim 0809/Kediri Letkol Inf Purnomosidi S.IP, Kasi Banmoja Ditajenad Kodim 0809/Kediri Mayor Caj Drs. Andi Purnomo, Kasdim 0809/Kediri Mayor Inf Suko Edy Winarto, Para Pasi Kodim 0809/Kediri dan para Danramil jajaran Kodim 0809/Kediri.

Dalam sambutannya, Dandim 0809/Kediri Letkol Inf Purnomosidi S.IP mengatakan, jika ada diantara para anggota yang berniat untuk memperbaiki atau meningkatkan kesejahteraan keluarganya, agar secara seksama memperhatikan tentang pelaksanaan sosialisasi program transmigrasi tersebut.

“Jika ada anggota yang berminat untuk mengikuti program transmigrasi ini, selanjutnya dipersilahkan untuk berkoordinasi dengan pihak keluarga masing-masing. Dan apabila sudah ada kesepakatan dengan pihak keluarga masing-masing, untuk segera mengajukan diri melalui kesatuan, “ papar Purnomosidi.

Sementara itu, program transmigrasi untuk keluarga anggota TNI AD ini bertujuan untuk mensejahterakan anggota TNI AD. Hal ini ditegaskan ketua tim program transmigrasi untuk keluarga TNI AD, Letkol Caj Yusdahmin.

“Bagi anggota TNI-AD yang sampai saat ini belum merasa sejahtera, terutama jika dilihat dari segi materi atau mungkin ingin agar anak cucunya dalam keadaan lebih sejahtera di masa yang akan datang, kesempatan itu masih terbuka lebar, dengan mengikuti program transmigrasi ini “ ujar Kabag Gartim Ditajenad Kodim 0809/Kediri ini.

Mayor Caj Drs. Andi Purnomo menambahkan, setiap tahun, pemerintah memberi kesempatan kepada personil TNI – AD sebanyak 50 KK untuk mengikuti program transmigrasi keluar Pulau Jawa. Program Transmigrasi ini diutamakan bagi anggota TNI AD yang merasa kesejahteraan ekonomi keluarganya masih kurang dari cukup.

“Hendaknya para prajurit tidak merasa takut akan bayangan dirinya sendiri, karena menerima informasi yang kurang jelas, misalnya tentang lahan yang tidak bisa diolah di daerah Tranmigrasi, “ ujar Andi.

Jika ada anggota TNI AD yang bersedia mengikuti program transmigrasi ini, sambung Andi, setiap KK akan mendapatkan 1 unit rumah dan lahan seluas 2 Ha, yang disiapkan oleh pemerintah.

Selain itu, masih menurut Andi, setiap KK dari TNI AD akan memperoleh bantuan dari Kasad berupa lampu penerangan atau petromak, peralatan dapur dan sepeda, traktor alat pertanian, bibit-bibit yang cocok untuk dipakai di lokasi tersebut.

Adapun persyaratannya adalah personil yang memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) bahkan yang sudah pensiun, bisa langsung mendaftarkan diri. Personil yang masih aktif bisa mengajukan pensiun dini dengan mengajukan persyaratan ke Dan Sat masing-masing.

Hendaknya, setiap anggota yang ingin mengikuti program ini memiliki ketrampilan, KTP dan surat ijin dari satuan. Apabila ada anggota yang berminat mengikuti program ini agar datang ke pelayanan Informasi dan adminitrasi di kantor Tranmigrasi. (penrem 082/CPYJ /pay)