YONIF 516 CAKRA YUDHO BRANJANGAN DI TES URINE

Tidak ada komentar 571 views
Pasukan Yon 56/ Cakra Yudha Branjangan yang mengikuti tes urine.

Pasukan Yon 56/ Cakra Yudha Branjangan yang mengikuti tes urine.

SURABAYA (SurabayaUpdate) – Menekan penyalahgunaan di lingkungan prajurit Kodam V/Brawijaya, Komandan Yonif 516/Cakra Yudho Branjangan gelar tes urine. Setidaknya, 100 prajurit di tes urine secara acak.

Untuk melakukan tes urine ini, Kodam V/Brawijaya melibatkan Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Jawa Timur. Pelaksanaan tes urine ini dilakukan Senin (2/6) mulai pukul 07.30 Wib, bertempat di Kompleks Kodam V/Brawijaya Jalan Ksatria Surabaya.

Sebelum dilakukan tes urine kepada 100 prajurit Yonif 516/ Cakra Yudho Branjangan ini, mereka dikumpulkan di gedung Cakra Yudho. Pelaksanaan tes urine ini dipimpin langsung Komandan Batalyon (Dan Yon) 516/CY, Letkol Infantri Akatoto dan Kasi Intel Kapten Infantri Fahmil Haris.

Lebih lanjut Akatoto mengatakan, tes urine yang dilaksanakan bersama BNNP Jawa Timur ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

“Tentunya disini kami bukan untuk menghakimi anggota Yon 516/Cakra Yudho Branjangan, bila terbukti positif mengkonsumsi narkoba. Jika memang ada prajurit yang urine-nya positif, kami akan mengambil langkah cepat, “ ujar Akatoto.

Langkah cepat itu, lanjut Akatoto adalah dengan melakukan rehabilitasi kepada yang bersangkutan. Selain itu, kesatuan akan melakukan penyelidikan dengan menelusuri darimana narkoba itu didapat prajurit tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya, AKBP. Debora Djihartin mengatakan, BNNP Jawa Timur sangat mendukung program yang digagas Yon 516/Cakra Yudho Branjangan ini.

“Inilah bentuk kepedulian seorang pemimpin TNI terhadap anggotanya akan bahaya narkoba yang pada perkembangannya saat ini sangat mengkhawatirkan. Tes urine ini adalah sebagai ajang mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba dilingkungan Batalyon 516/Cakra Yudha Branjangan Kodam V/Brawijaya, “ ujar Debora.

Diharapkan, lanjut Debora, pengawasan dan pelaksanaan tes urine untuk anggota Yon 516/Cakra Yudho Branjangan Kodam V/Brawijaya ini dapat rutin dilakukan sehingga upaya penyalahgunaan narkoba di lingkungan Kodam V/Brawijaya dapat dicegah. (pay)