surabayaupdate.com
INDEKS TNI

DELAPAN PULUH SEMBILAN TARUNA AAL TINGKAT II IKUTI OUTBOND

Taruna AAL yang melakukan outbond di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo, Malang.
Taruna AAL yang melakukan outbond di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo, Malang.

SURABAYA (SurabayaUpdate) – Dalam rangka menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang berkaitan erat dengan pengembangan karir, 89 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II angkatan 61, ikuti outbond.

Outbond yang bertujuan membentuk jiwa pemimpin di diri para taruna AAL ini berlangsung sejak Selasa (17/6) dan berakhir Jumat (20/6) ini bertempat di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo, Malang.

Kepala Departemen Kepemimpinan AAL Kolonel Mar Suharto mengatakan, pelatihan di alam terbuka ini bertujuan untuk memberikan bekal latihan, supaya para taruna mampu meningkatkan motivasi, integritas kepribadian dan produktivitas dari sebuah tim, dengan membentuk sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual.

“Sasaran dari latihan ini adalah agar para taruna mampu mengasah dan meningkatkan kemampuan mereka dalam hal kepemimpinan, membangun tim yang solid, kompak dan efektif, membangun karakter diri yang positif seperti kepercayaan diri, keberanian, tidak egois dan sebagainya”, Suharto.

Materi kepemimpinan yang diajarkan, lanjut Suharto, antara lain yaitu: tipilogi karakter, multiple intelligence, dan kegiatan NAC yaitu jendela mata hati, visualisasi, kepekaan naluri dan komunikasi micky mouse. Sedangkan materi out bound yang diikuti para taruna meliputi spider web, limbah beracun, evakuasi korban, amazone river, trust fall dan beam.

Lebih lanjut Suharto menjelaskan, dalam dunia pendidikan saat ini, aspek karakter merupakan bagian yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan sehingga harus digali, dipahami, diyakini dan selanjutnya dilaksanakan.

Berbagai upaya terus dilaksanakan. Salah satu bentuk perwujudannya adalah latihan kepemimpinan melalui outbound dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan program pengasuhan, yaitu dengan meningkatkan kemampuan pola pengasuhan pengembangan karakter agar dapat membentuk jiwa kepemimpinan pada diri taruna sehingga mampu membekali dalam penugasannya sebagai calon pemimpin TNI AL pada khususnya dan pemimpin bangsa pada umumnya. (pay)

Related posts

Nama Bupati Nganjuk Disebut Dan Terima Uang Rp 500 Juta Dalam Dakwaan Jaksa

redaksi

Polisi Tidak Serius Tangani Dugaan Penghinaan Agama Terhadap Yesus

redaksi

Anak Dieksploitasi, Bos Empire Palace Mengadu Ke Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur

redaksi