surabayaupdate.com
EKONOMI & BISNIS HEADLINE INDEKS

Program Undian Pertalite Rejeki Makin Dekat Melaju Makin Jauh Berhasil Meningkatkan Penjualan Pertalite

GM Pertamina MOR V Ageng Giriyono memberi penjelasan di acara undian Pertalite. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)
GM Pertamina MOR V Ageng Giriyono memberi penjelasan di acara undian Pertalite. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Untuk meningkat penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V adakah program undian Pertalite Rejeki Makin Dekat, Melaju Makin Jauh.

Setelah diluncurkan ke masyarakat sejak 4 Januari 2016 sampai 31 Maret 2016, Pertamina MOR V akhirnya melaksanakan undian untuk program Pertalite Rejeki Makin Dekat, Melaju Makin Jauh tersebut.

Dengan dihadiri seluruh staf dan direksi Pertamina MOR V, undian yang dilaksanakan di kantor Pertamina Jalan Jagir Wonokromo No. 88 Surabaya, Senin (18/4) ini, juga dihadiri Ketua Hiswana Migas DPD V, perwakilan dari Dinas Sosial dan perwakilan dari polsek setempat.

Sebelum dilakukan pengundian, Retail Fuel Marketing Region V Manager Pertamina, Made Adi Putra dalam mengatakan, program ini secara nasional dilaksanakan oleh 1200 SPBU yang tersebar di seluruh Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.

“Ada sekitar 2247 outlet Pertamina dari 2700 outlet yang menjual Pertalite di seluruh Indonesia yang melaksanakan program undian Pertalite ini. Untuk MOR V sendiri, ada 167 SPBU dari 463 SPBU di Jawa Timur yang menjual Pertalite, mengadakan program ini. SPBU itu berada di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Malang dan Denpasar, “ ungkap Made.

GM Pertamina MOR V dan seluruh direksi menggunting segel karung kupon undian Pertalite. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)
GM Pertamina MOR V dan seluruh direksi menggunting segel karung kupon undian Pertalite. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Berdasarkan data yang dihimpun Pertamina MOR V terkait undian Pertalite Rejeki Makin Dekat, Melaju Makin Jauh ini, lanjut Made, jumlah kupon yang terkumpul dari 167 SPBU dan dinyatakan sah sehingga berhak mengikuti undian ini berjumlah 836.637 kupon.

“Untuk total kupon yang masuk dan belum dilakukan validasi oleh panitia jumlahnya 1.306.382 lembar. Karena tidak lengkap secara administrasi sehingga ada sekitar 470 ribu kupon undian yang tidak berhak mengikuti dan terpaksa harus diabaikan, “ papar Made.

Made menambahkan, dengan adanya program undian ini, penjualan Pertalite sejak diluncurkan ke masyarakat pertama kali tanggal 24 Juli 2015 lalu, penjualan Pertalite mengalami peningkatan hingga 114,8 persen.

“Yang membanggakan lagi adalah, penjualan di MOR V sampai tanggal 15 April 2016 ini jumlahnya 1218 KL/hari, yang sebelumnya penjualan Pertalite hanya 721 KL/hari sehingga ada peningkatan 68,7 persen. Khusus untuk Jawa Timur, penjualan Pertalite hingga 15 April 2016 ini adalah 67,7 persen, “ papar Made.

Menanggapi meningkatnya penjualan Pertalite ini, GM Pertamina MOR V, Ageng Giriyono mengakui bahwa ini adalah prestasi yang menggembirakan bagi Pertamina khususnya MOR V. Mengapa?

Retail Fuel Marketing Region V Manager Pertamina, Made Adi Putra mengambil kupon undian. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)
Retail Fuel Marketing Region V Manager Pertamina, Made Adi Putra mengambil kupon undian. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Sejak dilakukan soft launching khususnya di wilayah Pertamina MOR V, hanya 33 SPBU saja yang memasarkan Pertalite. Sembilan bulan kemudian, sudah 564 SPBU yang memasarkan Pertalite. Saat ini, sudah seluruh oulet di kabupaten maupun kota di Jawa Timur, sudah memasarkan Pertalite.

“Hasil yang dicapai ini merupakan kolaborasi dengan banyak pihak dan marketing tool yang digunakan Pertamina. Undian yang diselenggarakan Pertamina ini juga salah satu bagian dari marketing tools untuk merangsang masyarakat menggunakan Pertalite, sejak diluncurkan pertama kali tanggal 4 Januari 2016 sampai 31 Maret 2016, “ ujar Ageng.

Selain itu, lanjut Ageng, undian Pertalite Rejeki Makin Dekat, Melaju Makin  Jauh yang diselenggarakan ini juga merupakan rangkaian untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pertamina yang ke-58.

“Yang namanya marketing tools tidak akan berhenti sampai di sini. Pertamina akan tetap berkomitmen merangsang masyarakat dengan memberikan pemahaman tentang apa itu Pertalite. Saat ini, baru 50 persen SPBU milik Pertamina yang menjual Pertalite. Masih banyak SPBU milik Pertamina yang belum menjual Pertalite. Secara bertahap, SPBU-SPBU sisanya itu nantinya akan ikut menjual Pertalite, “ pungkasnya.

Di tahun 2016, Ageng menambahkan, Pertamina akan melanjutkan program penambahan Pertalite sampai 615 KL/hari untuk MOR V, karena secara base penambahan Pertalite hingga 554 KL/hari sudah terlampaui.

Masih menurut Ageng, target Pertamina sampai 2016 sendiri, 4 KL/hari untuk tiap SPBU sehingga jumlahnya 2460 KL/hari. Dengan jumlah ini, Pertamina optimis bisa meraih 300 ribu KL hingga akhir 2016. (pay)

 

Related posts

Keterangan Dua Saksi Yang Dihadirkan Penuntut Umum Menguntungkan Terdakwa Edhi Susanto

redaksi

KETERLAMBATAN PENGIRIMAN SOLAR KARENA MASALAH SURAT

redaksi

Nama Bupati Nganjuk Disebut Dan Terima Uang Rp 500 Juta Dalam Dakwaan Jaksa

redaksi