surabayaupdate.com
HEADLINE HUKUM & KRIMINAL INDEKS

Jelang Sidang Putusan Gus Nur, Ratusan Massa Pendukung Gus Nur Datangi PN Surabaya

Para pendukung Gus Nur yang berkumpul di sisi Barat Jalan Anjasmoro. (parlin/surabayaupdate)

SURABAYA (surabayaupdate) – Sidang dugaan pencemaran nama baik yang menjadikan Sugi Nur Raharja, dikenal dengan nama Gus Nur, kembali di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Pada persidangan Kamis (17/10/2019) ini, dua massa pendukung berkumpul, baik pendung Gus Nur maupun Pemuda Anshor, di sekitar PN Surabaya.
Massa pendukung Gus Nur terlihat berkumpul disekitar jalan Anjasmoro sedangkan massa Pemuda Anshor berada di depan gedung PN Surabaya.
Sementara itu, pendukung Gus Nur yang berada di sekitar Jalan Anjasmoro terus memberikan orasi untuk memberikan dukungan, begitu pula dengan Pemuda Anshor yang melakukan Istoqosah.
Untuk pengamanan persidangan ini, polisi menutup jalan Arjuno sisi Selatan dan Jalan Anjasmoro.
Sempat terjadi ketegangan antara pendukung Gus Nur yang berada di sisi Barat Jalan Anjasmoro dengan aparat kepolisian.
Para pendukung Gus Nur ini protes karena mereka tidak diperkenankan merapat lebih dekat ke gedung PN Surabaya.
“Kenapa kami tidak diijinkan menyaksikan sidangnya Gus Nur? Kami bukan provokator, kami hanya ingin memberikan dukungan kepada ulama yang jelas-jelas terdzolimi,” ujar salah satu massa pendukung Gus Nur, Kamis (15/10/2019).
Massa pendukung Gus Nur bersitegang dengan aparat kepolisian. (FOTO : parlin/surabayaupdate)

Bapak polisi silahkan periksa bawaan kami, lanjut pendukung Gus Nur ini. Kami tidak membawa barang-barang yang sekiranya dapat membahayakan. Kami juga tidak membawa bom.

Perdebatan ini akhirnya dapat diredakan. Massa pendukung Gus Nur dibiarkan tetap berada di tempat ini sambil terus memberi dukungan dan membentangkan poster. Tak lama kemudian, datang ratusan pendukung Gus Nur yang lain dari arah Timur Jalan Anjasmoro.
Sambil membawa bendera Tauhid, massa ini bergabung dengan massa pendukung Gus Nur yang sudah berada di sisi Barat Jalan Anjasmoro. Terlihat di rombongan ini, salah satu ustad alumni persaudaraan 212.
Terkait adanya perselisihan antara massa pendukung Gus Nur dengan aparat kepolisian, salah satu petugas yang berjaga-jaga disisi Barat Jalan Anjasmoro mengatakan, massa ini rencananya akan dibubarkan pihak Kepolisian.
“Mereke ini sudah menggelar aksi demonstrasi tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak kepolisian,”papar petugas kepolisian yang tidak mau disebut namanya ini.
Di hari sidang prmbacaan putusan Gus Nur ini, aparat kepolisian dibantu aparat TNI terus berjaga-jaga baik di dalam gedung PN Surabaya maupun di sekitar PN Surabaya.
Untuk pengamanan sidang pembacaan putusan Gus Nur, polisi selain menerjunkan ratusan personilnya, juga membentangkan kawat pagar berduri di depan gedung PN Surabaya dan menyiagakan beberapa polisi wanita Asmaul Husnah. (pay)

Related posts

Venansius Niek Widodo Kembali Berurusan Dengan Hukum

redaksi

Ketua Koperasi NMSI Bawa Kabur Uang Sebanyak Rp. 5,2 Miliar, 500 Anggota Koperasi Layangkan Gugatan PKPU

redaksi

DELAPAN BELAS MAHASISWA THAILAND TANAM POHON MANGROVE

redaksi