surabayaupdate.com
EKONOMI & BISNIS HEADLINE INDEKS

Musim Libur Lebaran Tahun Ini, IOH Catat Kenaikan Trafik Data Harian Tertinggi Hingga 27 Persen

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com/amelia wulan)

JAKARTA (surabayaupdate) – Di musim liburan Lebaran tahun 2022 ini, Indosat Ooredoo Hutchinson (IOH) catat kenaikan trafik data harian hingga 27 persen.

Kenaikan pertumbuhan trafik data harian tertinggi sebesar 27 persen tersebut terjadi Jumat (27/4/2022). Dari jumlah itu, 97 persen diantaranya dapat terlayani di jaringan 4G.

Dengan adanya kenaikan trafik data harian ini menunjukkan bahwa IOH dapat mempertahankan kualitas jaringan yang baik dalam mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggannya selama masa libur Lebaran 2022 ini.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, Lebaran ini menjadi momentum bagi IOH untuk mempercepat proses integrasi jaringan.

Lebih lanjut Vikram mengatakan, IOH sangat senang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik selama masa libur Lebaran, meskipun terjadi lonjakan trafik data yang tinggi.

“Kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi. Beberapa site Multi Operator Core Network (MOCN) juga memberikan pengalaman lebih baik untuk aktivitas digital di dalam ruangan,” ujar Vikram.

Menurut Vikram, layanan prima yang diberikan IOH kepada pelanggannya, khususnya dimusim liburan Lebaran tahun ini, tidak lepas dari kerja keras seluruh tim IOH dan mitra di lapangan yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan.

Vikram juga menjelaskan, Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13% di masa libur lebaran dibandingkan hari normal tahun ini.

“Ditunjang data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi,” ungkap Vikram.

Trafik data, lanjut Vikram, juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

Pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi IOH melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun 2020 lalu.

Vikram kembali menjelaskan, pemakaian layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25%, media sosial naik 15%, messaging dan video call naik 43%, serta streaming video dan musik naik 19% dibandingkan dengan hari normal dan lebaran tahun lalu.

YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Selain untuk memenuhi kebutuhan dasar telekomunikasi, pelanggan juga turut berpartisipasi dalam program Tri Hujan Rejeki (THR) yang ada di aplikasi bima+ dan program Ramadan Penuh Berkah (RAMAH) di aplikasi myIM3.

Trafik pengguna yang mengakses aplikasi tersebut juga mengalami kenaikan hingga 34% di sepanjang bulan Ramadan dibandingkan hari normal tahun ini.

Beberapa aktivitas peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan serta operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Tri dan IM3 menikmati pengalaman digital yang terbaik.

Peralatan & dasbor khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari telah berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 29% dibandingkan masa Lebaran tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, lebih dari 87% tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam. (awp)

Related posts

Berkelamin Ganda, Putri Minta Disahkan Sebagai Pria

redaksi

Tiga Pilihan Main Courses Nan Lezat Persembahan G Suites Hotel Surabaya Di Acara Valentine’s Dinner

redaksi

PN Surabaya Sidangkan Notaris Pasangan Suami Istri Yang Didakwa Pasal Pemalsuan Dokumen Dan Menggunakan Surat Palsu

redaksi