surabayaupdate.com
INDEKS PENDIDIKAN & KESEHATAN

Lewat Aplikasi Alodokter, dr. Robby Hermawan, SpOG Berhasil Membangun Komunikasi Dengan Para Pasiennya

dr. Robby Hermawan, SpOG. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com)

JAKARTA (surabayaupdate) – Perkembangan tekonologi dibidang kesehatan membawa dampak luar biasa bagi para penggunanya, yaitu para dokter dan pasien-pasiennya.

Salah satu dokter yang benar-benar memanfaatkan kecanggihan teknologi ini adalah dr. Robby Hermawan, SpOG.

Melalui telemedicine, dr. Robby Hermawan, SpOG secara intens membangun komunikasi dengan para pasiennya.

Walau komunikasi yang dilakukan dr. Robby Hermawan itu melalui smartphone, namun Dokter Spesialis Kebidanan ini dengan sabar mendengarkan konsultasi yang ditujukan kepadanya.

Bahkan, seringkali dr. Robby mendengarkan keluhan pasien-pasiennya, termasuk penyakit apa yang pasiennya rasakan saat itu.

Ternyata, upaya dr. Robby ini mendapat pujian dari pasien-pasiennya yang tersebar diseluruh Indonesia.

Sebagai bukti bahwa dr. Robby sangat dicintai pasien-pasiennya dan sangat dekat dengan mereka, dokter yang juga bertugas di RSIA Hermina Mutiara Bunda Salatiga ini mendapatkan review sempurna dari 10 ribu lebih pengguna Alodokter.

Apa yang membuat dr. Robby begitu populer walau didunia maya? Dokter lulusan Universitas Diponegoro ini pun membagi kunci suksesnya itu.

“Sebagai seorang dokter, kita harus bisa mendapatkan kepercayaan dari pasien kita. Jika pasien sudah percaya, kita wajib untuk menjaga kepercayaan itu,” tekannya.

Dokter spesialis kebidanan ini kembali melanjutkan, bahwa konsultasi antara dokter dan pasien walaupun terjadi melalui aplikasi kesehatan, juga sama efektifnya dengan tatap muka.

“Saat pasien memberikan keluhannya, langkah pertama yang saya lakukan adalah memastikan pasien saya ini tenang secara psikologis,” ungkap Robby.

Dengan psikis yang tenang, lanjut Robby, pasien cenderung lebih percaya dan menerima diagnosis serta anjuran dari dokter tersebut.

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga mengatakan, sangat penting bagi seorang dokter, bisa maksimal memberikan konsultasi walaupun secara online.

“Dokter juga harus tepat dalam memberikan analisa kepada pasiennya. Yang esensial adalah, tangani emergency, berikan pasien ketenangan psikologis, dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang masih belum dipahami pasien supaya mereka merasa tenang dan nyaman,” papar Robby.

Anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)ini juga mengatakan, dengan berkonsultasi melalui aplikasi Alodokter, dokter tidak bisa melihat langsung reaksi pasien, sehingga tidak bisa menambahkan penilaian kenyamanan pasien.

Namun hal ini justru mendorong dr. Robby untuk menanyakan pertanyaan anamnesis dengan lebih jeli dan menyeluruh.

“Hasil USG atau Pap smear pasien sebelumnya, selalu saya minta untuk mendukung hasil konsultasi lewat fitur chat dokter,” kata Robby.

Meskipun terdapat beberapa hambatan ketika melakukan konsultasi dengan pasiennya melalui telemedicine, hal itu tak menyurutkan semangat Robby untuk memberikan pelayanan maksimal.

Robby menyiasatinya dengan memberikan artikel yang mudah dimengerti para pasien untuk mereka baca.

dr. Robby juga selalu siap menjawab pertanyaan yang diberikan apabila pasien membutuhkan panduan.

Kepiawaian dr. Robby Hermawan dalam merebut hati para pasiennya itu mendapat pujian dari rekannya, salah satunya adalah Suci Arumsari.

Co-Founder & President Director Alodokter ini mengatakan, sejak bergabung dengan Alodokter tiga tahun silam, kemampuan dr. Robby dalam menenangkan pasiennya tersebut sangat membantunya mendapatkan kepercayaan dari para pasiennya.

“Dari awal, dr. Robby selalu memberikan perpaduan yang tepat antara pendidikan dan pengetahuan klinis terbaik dengan semangat yang kuat untuk memberikan pelayaman terbaik bagi para pasiennya,” puji Suci Arumsari, Selasa (4/10/2022).

Adanya sosok dokter seperti dr. Robby inilah, lanjut Suci, yang membuat Alodokter bisa memberikan layanan kesehatan terlengkap bagi masyarakat diseluruh Indonesia.

Suci menambahkan, dr. Robby selalu percaya, bahwa telemedicine dapat meningkatkan layanan medis dengan mudah, terjangkau, dan berkualitas hingga diseluruh pelosok Indonesia.

Oleh sebab itu, pemerintah perlu memperluas jaringan internet sehingga masyarakat Indonesia yang ada di pelosok manapun bisa mengakses layanan kesehatan dari manapun dan kapanpun dengan biaya yang rendah. (pay)

Related posts

Gubernur Dan Forkopimda Jawa Timur Saksikan Peresmian Rumah Restoratif Justice Di Kampus Unair

redaksi

Kejari Surabaya Tolak Permohonan Penangguhan Penahanan Pengemudi Lamborghini Maut

redaksi

Direktur PT Cakrawala Dua Benua Dituntut 3 Tahun Penjara

redaksi