surabayaupdate.com
EKONOMI & BISNIS HEADLINE INDEKS

BI Jatim Coba Angkat Citra Kopi Melalui Java Coffee Culture (JCC) 2022

Kepala BI Jatim minum kopi bersama pejabat BI Jatim lainnya. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com/amelia wulan)

SURABAYA (surabayaupdate) – Mengambil tema beyond a cup of coffee, Kantor Wilayah (Kanwil) Bank Indonesia Propinsi Jawa Timur gelar Java Coffee Culture (JCC) 2022.

Pada pagelaran JCC 2022 ini, Kanwil BI Jatim coba angkat komoditas kopi Indonesia, baik di sektor dalam negeri maupun luar negeri.

JCC 2022 sendiri diselenggarakan mulai 26-27 Nopember 2022 di dua tempat yang menjadi icon Kota Surabaya, yaitu Jalan Tunjungan dan Hotel Majapahit. Kegiatan ini digelar dengan melibatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, menyampaikan, JCC 2022 merupakan upaya Bank Indonesia untuk mendorong kinerja ekspor kopi se-Jawa agar lebih go global dan go digital secara end-to-end.

“Kegiatan JCC berfokus pada pencapaian tiga target out come utama. Pertama, JCC menjadi batu loncatan pengusaha kopi untuk meningkatkan eksposur, nilai tambah dan penguatan rantai nilai komoditas kopi dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi baik di tingkat regional maupun nasional,” kata Budi Hanoto, Rabu (23/11/2022).

JCC 2022, lanjut Budi, diharapkan mampu mendorong hadirnya hidden gem kopi-kopi asli pulau Jawa berkualitas dunia yang tercermin dari nilai cupping test.

“Kemudian, JCC diharapkan menjadi momen berharga, pertemuan kopi terbaik dengan potential buyer dan aggregator eksportir kopi atau business matching,” ungkap Budi.

Dalam pelaksanaannya, Budi menyatakan, JCC 2022 akan dibagi menjadi lima rangkaian event seperti EduCoffee yang dikemas dalam bentuk Talkshow & Workshop, Business Matching, Competition, Showcasing, dan Pesona Kopi Jawa.

EduCoffee, sebuah kegiatan yang dikemas dalam bentuk Talkshow & Workshop. Pada event, akan melibatkan petani, UMKM, klaster kopi, pelaku usaha kopi, dan masyarakat.

Selain akan melibatkan petani kopi, UMKM, klaster kopi atau pelaku usaha kopi, talkshow yang digelar di EduCoffee akan mengangkat berbagai topik menarik mengenai rantai nilai kopi untuk go global dan go digital secara end-to-end, Kiat Sukses dan Inovasi Coffeepreneur di Era Digital, dan Brewing workshop.

Rangkaian selanjutnya yang akan dilakukan selama JCC adalah Business Matching. Disini, akan dipertemukan UMKM Komoditas Kopi Binaan atau Mitra KPwBI dengan potential buyer, mulai dari kalangan pengunjung, kedai, dan aggregator.

Di kegiatan business matching ini, BI ingin mendorong UMKM berjualan di marketplace (BM Onboarding) dan mendorong nilai transaksi penjualan merchant kopi di marketplace. Ada 40 UMKM yang menjadi binaan BI se Jawa Timur yang akan ambil bagian di bussiness matching ini.

Berbagai jenis produk kopi beserta turunannya akan disajikan.para pengunjung juga akan diijinkan untuk melakukan tester kopi, merasakan berbagai macam citarasa kopi dari seluruh Indonesia.

Untuk Showcasing, nantinya akan diikuti berbagai stakeholder kopi dari hulu hingga hilir seperti PTPN, Export Center, Komunitas Kopi dan seterusnya, dengan total sebanyak 40 booth.

Dalam rangka menyemarakkan acara, ajang JCC 2022 juga menyuguhkan berbagai kompetisi menarik yang dapat diikuti peserta umum dengan kategori lomba kekinian seperti Latte Art, Cover Song, Coffee Culture Video, dan Kreasi Jajanan Kopi Jawa. (awp)

Related posts

Bertepatan Dengan Hari Pahlawan, FIF GROUP Raih 2 Penghargaan Sekaligus

redaksi

Gandeng Ernest Prakasa, IOH Luncurkan Tayangan Web Series Bergenre Komedi Romantis

redaksi

Dua Saksi Coba Kaburkan Adanya Penyalahgunaan BBM Bersubsidi Dan Peran Terdakwa Mailiyanto

redaksi