surabayaupdate.com
HEADLINE INDEKS PENDIDIKAN & KESEHATAN

Di Usia Yang Ke-102 Tahun, RS Darmo Ingin Mengembalikan Masa Kejayaannya

Direktur RS Darmo dr Sulung Budianto bersama Wakil Direktur Medis dan Keperawatan dr Veronika Soentiono, MARS serta Wakil Direktur Administrasi & Keuangan Ratna Chandra. (FOTO : parlin/surabayaupdate com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Sempat mengalami masa-masa sulit karena didera Pandemi Covid-19, RS Darmo berusaha bangkit untuk mengembalikan masa kejayaannya.

Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 itu telah meluluh lantakkan persendian perekonomian, terutama dibidang kesehatan dan rumah sakit, tak terkecuali RS Darmo.

Namun, masa-masa sulit karena Pandemi Covid-19 ini tak membuat manajemen rumah sakit berputus asa.

Pada perhelatan ulangtahun diusianya 102 tahun ini, RS Darmo mulai mengalami banyak perubahan.

dr. Pranawa SpPD KGH selaku Ketua Yayasan RS Darmo menjelaskan, pada perayaan ulangtahunnya di tahun 2023 ini, RS Darmo mulai bangkit.

“Moment ulang tahun ke-102 ini, kami bersama dengan manajemen rumah sakit, mempunyai semangat RS Darmo Reborn,” papar dr. Pranawa, Kamis (19/1/2023).

Dalam kurun waktu 10 tahun ini, lanjut Pranawa, RS Darmo yang melakukan serangkaian perubahan teknologi dibidang kedokteran.

“Perubahan-perubahan yang telah dilakukan RS Darmo ini tak lain supaya rumah sakit heritage di Surabaya ini tidak tertinggal dengan rumah sakit lain yang ada di Surabaya,” kata Pranawa.

Selama ini, sambung Pranawa, banyak masyarakat Indonesia yang pergi ke luar negeri hanya untuk berobat.

“Sekarang, orang Indonesia tidak perlu lagi berobat jauh-jauh hingga ke luar negeri. Sebab, semua kecanggihan alat kedokteran dan pengembangan ilmu kedokteran yang ada disana, sudah diterapkan di RS Darmo,” ungkap Pranawa.

Pranawa juga mengatakan, selama ini, orang mengenal RS Darmo sebagai rumah sakit yang unggul untuk penanganan-penanganan penyakit ginjal.

“Sejak dahulu, RS Darmo sudah dikenal memiliki keunggulan dibidang Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) diantara rumah sakit di Surabaya, bahkan menjadi nomer satu di Indonesia,” ujar Pranawa.

Oleh karena itu, lanjut Pranawa, keunggulan RS Darmo dalam hal penanganan penyakit ginjal itu, akan terus dikembangkan, termasuk peralatan medisnya.

Sebagai bentuk kebangkitan RS Darmo, yayasan yang bekerja sama dengan manajemen, akhirnya melakukan pengembangan dibidang Unit Gawat Darurat (UGD) dan Poliklinik.

Hal lain yang juga terus dilakukan pengembangan dan inovasi di RS Darmo adalah penanganan terhadap pasien diabetes.

Pranawa pun berharap, dengan adanya semangat RS Darmo Reborn ini, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Surabaya khususnya dan pasien-pasien dari luar Kota Surabaya.

Menyambung pernyataan Ketua Yayasan RS Darmo, dr. Pranawa SpPD KGH, Direktur RS Darmo, dr. Sulung Budianto menyatakan, ada banyak fasilitas baru dirumah sakit ini.

Penambahan fasilitas-fasilitas baru di RS. Darmo ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pasien yang selama ini sering menggunakan layanan pengobatan di RS. Darmo.

Menurut dr. Sulung, pasien RS. Darmo selain berasal dari Kota Surabaya, banyak juga yang berasal dari beberapa kota di Jawa Timur. Bahkan, banyak juga yang berasal dari Indonesia Timur.

Mengenal RS Darmo, dr. Sulung pun bercerita bahwa rumah sakit yang menjadi cagar budaya di Kota Surabaya ini oleh masyarakat Surabaya dikenal karena mempunyai spesialisasi yang berhubungan dengan ginjal serta saluran kencing

“Dari sekian banyak rumah sakit di Surabaya, RS Darmo dikenal karena memiliki peralatan lengkap untuk melakukan operasi maupun tindakan medis terhadap penyakit ginjal dan prostat,” ujar dr. Sulung

Bagi pasien yang terkena penyakit ginjal, lanjut dr. Sulung, ada metode penanganan khusus yang sangat modern sehingga pasien tidak mengalami sakit.

dr. Sulung kemudian menyebut sebuah metode ESWL bagi para penderita batu ginjal. Lalu, apa itu metode pengobatan ESWL?

 

Lebih lanjut dr. Sulung menjelaskan, ESWL adalah sebuah metode pengobatan penyakit ginjal dengan cara memecahkan batu ginjal itu menggunakan gelombang kejut tanpa luka operasi.

“Ketika menghancurkan batu ginjal ini menggunakan laser Holium dan laser Bolium. Dua jenis laser untuk pengobatan penyakit ginjal di RS. Darmo ini, tidak semua rumah sakit memilikinya,” papar dr. Sulung.

Masih menurut penjelasan dr. Sulung, ketika melakukan penanganan batu disaluran kencing ini, tidak perlu dilakukan operasi besar lagi, namun cukup melalui lubang dikemaluan dengan menggunakan teleskop kemudian ditembakkan menggunakan laser. Dan prosesnya disebut minimal infasive,”tandasnya.

Selain operasi batu ginjal yang sudah modern dengan peralatan canggih, pemulihan bagi pasien batu ginjal, juga tidak memakan waktu yang lama

“Pasien akan merasa lebih nyaman, tidak begitu sakit dibandingkan dengan operasi dengan cara membuka dari kulit,” papar dr. Sulung

Kemudian, dr. Sulung juga menjelaskan, tentang pengobatan yang berkenaan dengan saluran pencernaan, RS. Darmo dikenal sebagai pusatnya endoscopy.

“Metode endoscopy ini cukup memasukkan kamera untuk melihat lambung dan saluran pencernaan bagian atas. Selain itu, dokter juga bisa melihat kondisi usus pasien dengan bantuan kamera tersebut,” cerita dr. Sulung.

Kecanggihan teknologi kedokteran yang telah diterapkan di RS Darmo adalah pengambilan batu disaluran empedu

Untuk pengambilan batu ini, dr. Sulung menjelaskan, bahwa jika pengobatan menggunakan metode konvensional, harus dibuka untuk diambil batunya lalu kemudian ditutup lagi. Dan proses pengambilan batu disaluran empedu ini harus melalui operasi

Sama halnya dengan endoscopy, untuk metode pengambilan batu disaluran empedu ini juga menggunakan kamera yang dimasukkan ke salurannya

Proses pengambilan batu disaluran empedu ini, menurut dr. Sulung, jauh lebih aman, menghindari terjadinya infeksi pasca dilakukannya operasi

Untuk pengobatan disaluran pencernaan, RS Darmo hanya melakukan lubang diperut dan menggunakan teleskop.

Di RS Darmo masih ada lagi kecanggihan ilmu kedokteran yang bisa dirasakan para pasien, seperti berkaitan dengan kewanitaan, ginekologi.

Masih menurut pernyataan dr. Sulung, ditengah-tengah pengembangan dan inovasi yang dilakukan RS Darmo ditahun 2023 ini, layanan prima yang diberikan RS Darmo adalah berkaitan dengan orthopedi.

Dalam penanganan operasi orthopedi ini, RS Darmo untuk minimal invasive, tetap menggunakan kamera untuk sendi dan tulang belakang

Berkaitan dengan orthopedi, dr. Sulung Budianto kemudian memberikan contoh operasi yang dilakukan RS Darmo seperti robeknya otot sendi lutut, akan diperbaiki tanpa harus membuka lutut sebesar kira-kira 10 cm.

Semua yang dijelaskan ini sudah bisa dilakukan atau dikerjakan di RS Darmo.

Dalam hal pengembangan ilmu kedokteran dan inovasi-inovasi yang dilakukan RS Darmo, dr. Sulung menjelaskan akan ada dua investasi.

Investasi pertama adalah investasi fisik. Disini, RS Darmo terus melakukan pembangunan gedung dan meng-update fasilitas pendukungnya, termasuk poliklinik.

“Untuk mendukung pengembangan pertama ini, anggaran yang sudah disediakan RS Darmo adalah Rp. 12 miliar,” jelasnya

Inovasi serta pengembangan yang dilakukan RS Darmo selanjutnya adalah melakukan relokasi untuk ruang concern patologi, klinik untuk estetik, pusat pelayanan ginjal terpadu yang meliputi ruang konsultasi, pelayanan rawat jalan ginjal beserta dengan cuci darah.

Untuk memberi rasa nyaman kepada para pasien yang mengalami penyakit ginjal, ruang pelayanan dan cuci darahnya pun dirancang semaksimal mungkin memberi rasa nyaman bagi pasiennya.

dr. Sulung menjelaskan, untuk mendukung pengembangan dibidang ginjal ini, investasi yang diberikan RS Darmo sebesar Rp. 20 miliar.

RS. Darmo menurut dr. Sulung, juga telah melengkapi peralatan-peralatan diruang operasi termasuk kamera-kamera dan videoscope. Dan dana yang telah diturunkan untuk melengkapi ruang operasi ini sampai Rp. 6 miliar.

Dengan besarnya investasi yang telah dikeluarkan RS. Darmo ini diharapkan dapat bersaing dengan mitra RS Darmo yang ada di Pinang Malaysia.

Model investasi lain yang telah dilakukan RS Darmo adalah dengan menyekolahkan beberapa tenaga medis seperti menyekolahkan dua perawat RS Darmo untuk mengambil master dibidang keperawatan di Universitas Indonesia.

Dua perawat ini, memperdalam ilmu keperawatannya dibidang kemotherapi dan patologi di Universitas Indonesia.

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga dilakukan RS Darmo adalah mengirimkan beberapa tenaga medisnya untuk memperdalam ilmu pengetahuannya dibidang ICU, perawat khusus untuk kamar bedah, perawat khusus untuk UGD serta perawat khusus untuk menangani hemodialisis.

Untuk diketahui, hanya di RS Darmo yang memiliki pelayanan yang didukung kecanggihan teknologi medis modern seperti THULEP, ERCP, ESWL, Endoscopy, Laparoscopy, Hemodialisis dan CT Scan.

Fasilitas lain yang membuat RS. Darmo makin diperhitungkan adalah adanya fasilitas lengkap meliputi Emergency Unit, Ruang Rawat Inap, Rawat Jalan Umum, Rawat Jalan Anak, Fisioterapi hingga Laboratorium yang siap mendukung proses penyembuhan
pasien.

Luas RS. Darmo sendiri adalah empat hektar. RS. Darmo juga mempunyai 171 tempat tidur, delapan paviliun. Dulu ketika masih dilanda Covid-19, RS. Darmo memiliki ruang isolasi khusus bagi penderita covid.

Menjelang HUT Ke-102, RS Darmo
mendapatkan hadiah yang luar biasa yaitu telah terakreditasi Paripurna sebagai RS dengan
Standar Pelayanan bermutu tinggi pada 22 September 2022 lalu. (pay)

Related posts

Tim Advokasi Kasus Lumajang Meminta Mafia Tambang Di Lumajang Harus Dihukum Seberat Beratnya

redaksi

Lampu Food Court PTC Terbakar, Ratusan Pengunjung Panik

redaksi

Enam Saksi Yang Dihadirkan Tidak Bisa Terangkan Dugaan Penipuan Yang Dilakukan Indro Prajitno Diperkara Jual Beli Batubara

redaksi