surabayaupdate.com
HEADLINE HUKUM & KRIMINAL INDEKS

Yakin Pimpinan Pusat Tidak Bersalah, 75 Orang Karateka PMK Kyokushinkai Beri Dukungan Didepan Polrestabes Surabaya

Para pemegang sabuk hitam Perguruan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia memberi dukungan kepada Pimpinan Pusat Perguruan. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Puluhan karateka dan pendekar Tarung Drajad beri dukungan kepada Liliana Herawati atas status tersangka dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan di Polrestabes.

Ada sekitar 75 orang atlit beladiri yang memberi dukungan kepada Liliana Herawati yang hari ini, Selasa (21/3/2023) dimintai keterangan penyidik Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Para simpatisan ini, sabar menunggu kedatangan Liliana Herawati ke Polrestabes Surabaya sambil membentangkan beberapa spanduk.

Mengutip isi atau tulisan di spanduk yang dibentangkan itu ada yang berbunyi : Pak Polisi, bantu tangkap pencuri dan kembalikan 11 miliar kami.

Di spanduk yang dibentangkan itu, ada juga tertulis : Kami Karateka Kensi Dojo Jiwa Bushido, membela keadilan dan kebenaran, Kenza Mengecam Keras Kedzoliman.

Masih mengutip isi spanduk yang dibentangkan didepan Mapolrestabes Surabaya, ada yang bertuliskan : Jangan Kriminalisasi Pimpinan Tertinggi Yang Tidak Bersalah…!!!! Tangkap dan Borgol Pencuri Uang Perguruan.

Begitu turun dari mobil dan hendak memasuki pintu utama Polrestabes Surabaya, karateka Pendidikan Mental Karate (PMK) Kyokushinkai Surabaya dan pendekar Tarung Drajat menyambut kedatangan Liliana Herawati yang berjalan melewati barisan hingga menuju ke pintu masuk Polrestabes Surabaya.

Sambil memberikan balasan salam khas karate, Liliana Herawati terus berjalan, sambil sesekali membungkukkan badan memberi hormat kepada karateka yang menggunakan baju karate dan memaki sabuk hitam.

Tidak sedikit diantara para atlit beladiri ini yang memberi semangat kepada Liliana Herawati untuk tetap sabar dan tidak takut menghadapi laporan dugaan pidana di Polrestabes Surabaya.

Pada kesempatan ini, Liliana Herawati tidak sendiri. Selain didampingi Supriyono sebagai penasehat hukumnya, Pimpinan Pusat PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia ini juga didampingi empat orang pengurus Perguruan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia pemegang sabuk hitam.

Usman Wibisono, salah satu karateka PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia mengatakan, penetapan Liliana Herawati sebagai tersangka, adalah bentuk kriminalisasi yang ditujukan kepada pimpinan pusat PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia.

Atas adanya kriminalisasi itu, para karateka yang tergabung dalam PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia, dari Sumatera sampai Papua, membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan moral untuk Pimpinan Pusat PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia.

Pimpinan Pusat Perguruan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia berjalan didampingi penasehat hukumnya dan beberapa karateka pemegang sabuk hitam. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Masih menurut Usman, bahwa Liliana Herawati jelas-jelas telah ter-dzolimi. Melihat adanya bentuk pendzoliman ini, warga PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia, dipandang perlu untuk membela Liliana Herawati, sebagai penerus PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia.

Pemegang sabuk hitam PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia ini juga mengatakan, bahwa banyak warga dan simpatisan perguruan yang meyakini bahwa Liliana Herawati tidak bersalah.

“Atas adanya kriminalisasi dan pendzoliman ini, kami berkirim surat ke Kapolda Jawa Timur, Wakapolda Jawa Timur serta Kapolrestabes Surabaya, tujuannya meminta perlindungan hukum,” ujar Usman, Selasa (21/3/2023).

Mengapa Pimpinan Pusat PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia ini, lanjut Usman, sangat terlihat dikriminalisasi?

Lebih lanjut Usman mengatakan bahwa orang-orang yang telah mengkriminalisasi pimpinan pusat ini, dulunya mempunyai track record kurang baik.

Usman kemudian mencontohkan, Bambang Irwanto yang pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Perguruan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia dan Tjandra Sridjaja pernah menjabat sebagai Ketua Presidium Perguruan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia.

“Tadinya, kedua orang ini sangat dipercaya di perguruan. Namun, belakangan, kedua orang ini mempunyai gelagat tidak baik. Dan kedua orang ini akan membawa kehancuran perguruan,” ungkap Usman.

Sehingga, sambung Usman, jabatan Ketua Dewan Pertimbangan dan Ketua Presidium PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia untuk kedua orang ini dibatalkan. Dan ditahun 2019, menurut Usman, kedua orang yang dimaksud itu ada upaya untuk mengkriminalisasi pimpinan pusat PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia.

Hingga saat ini, warga perguruan masih menunggu pertanggung jawaban para pengurus perkumpulan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia sebagai pihak yang mengelola uang arisan hingga saat ini. Arisan itu sendiri sudah dilaksanakan perguruan sejak tahun 2007.

Dan hasil dari arisan yang dilaksanakan sejak tahun 2007 tersebut dipergunakan untuk menunjang kelangsungan operasional perguruan.

Terkait dengan Bambang Irwanto dan Tjandra Sridjaja, menurut cerita Usman, juga mendirikan perkumpulan yang disebut perkumpulannya Klub Sabuk Hitam Indonesia atau biasa disebut juga Black Belt Club.

Dan Klub Sabuk Hitam Indonesia ini menggunakan nama PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia. Pembentukan perkumpulan ini, tanpa seijin pimpinan pusat selaku pendiri pergurua dan beberapa pengurus perguruan.

Para karateka PMK Kyokushinkai dan pendekar Tarung Drajat yang memberikan dukungan kepada Liliana Herawati. (FOTO : parlin/Surabayaupdate.com)

Mengetahui adanya pendirian perkumpulan yang digagas Bambang Irwanto dan Tjandra Sridjaja, Usman pun mengatakan, Pimpinan Pusat PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia mendesak supaya akte pendirian perkumpulan dibatalkan. Hal ini terjadi tahun 2007.

Sejak hadir di Indonesia, Usman mewakili pengurus perguruan secara tegas mengatakan bahwa PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia dulunya adalah satu-satunya perguruan karate Kyokushinkai di Indonesia.

Dan seiring berjalannya waktu, saat ini sudah banyak berdiri perguruan-perguruan karate Kyokushinkai, termasuk perguruan karate Kyokushinkai yang didirikan mantan karateka yang pernah menimba ilmu beladiri karate di PMK Kyokushinkai Karate Indonesia.

Menyikapi adanya pembentangan spanduk sebagai bentuk dukungan kepada Pimpinan Pusat PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia di Polrestabes Surabaya ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perkumpulan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia, Ir. Erick Sastrodikoro pun angkat bicara.

Lebih lanjut Erick Sastrodikoro menjelaskan, sejak awal, Perkumpulan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia tidak bersalah.

Setelah masalah arisan ini meruncing dan menjadi masalah yang serius, Erick Sastrodikoro mengatakan bahwa pernah ada tawaran untuk menghadirkan ketiga pimpinan baik perguruan maupun perkumpulan.

“Yang mengusulkan seseorang bernama Samuel. Orang ini ingin menghadirkan Liliana Herawati, Bambang Haryo Soekartono dan Tjandra Sridjaja,”ujar Erick.

Tujuannya, lanjut Erick, supaya ketiga orang ini dapat berdamai dan tidak lagi memperpanjang permasalahan ini.

Pada dasarnya, Tjandra Sridjaja menyetujui adanya itikad untuk menghadirkan ketiga tokok karate di PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia tersebut.

“Namun, Shihan Tjandra Sridjaja Pradjonggo tidak mau jika pertemuan tersebut hanya dihadiri ketiga orang itu saja tanpa dihadiri seluruh anggota baik dari perkumpulan maupun perguruan. Dan salah satu syarat yang diminta Shihan Tjandra Sridjaja adalah harus ada pihak ketiga yang netral,” papar Erick.

Mengapa harus mengundang seluruh anggota Perkumpulan dan anggota Perguruan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia? Lebih lanjut Erick menjelaskan, supaya pembicaraan-pembicaraan yang dibahas dalam forum itu nantinya tidak bias, diplintir bahasanya sehingga malah menimbulkan fitnah.

“Untuk kehadiran orang ketiga, bertujuan untuk menilai dalam forum tersebut secara netral karena tidak ada kepentingan apa-apa, siapa yang sebenarnya bersalah dan kepada pihak yang bersalah itu, haruslah secara gentlemen mengakui kesalahannya,” ungkap Erick.

Masih berkaitan tentang besarnya uang arisan, Erick Sastrodikoro kembali mengatakan, bahwa pihak perguruan haruslah dapat membuktikan dalil yang mereka sebutkan bahwa uang arisan itu jumlahnya Rp. 11 miliar lebih, sebab berdasarkan data yang dimiliki Perkumpulan, uang arisan yang dikelola perkumpulan hingga saat ini jumlahnya Rp. 7 miliar lebih. (pay)

 

 

 

 

Related posts

Kuasa Hukum Terdakwa Penipuan Jual Beli Tanah, Tanggapi Kesaksian Korban Di Persidangan

redaksi

Dibuka Kembali Dengan Tampilan Lebih Mewah Dan Glamor, 209 Dinning Vasa Hotel Surabaya Suguhkan 1000 Menu Terbaik

redaksi

Meski Waktu Penangkapan Ditemukan Dua Senpi, Namun Sipudin Disidang Karena Perkara Narkobanya Saja

redaksi