surabayaupdate.com
EKONOMI & BISNIS HEADLINE INDEKS

Terpilih Sebagi President Club Surabaya of Metropolitan, Beryl Cholif Arrachman Akan Bangun Proyek Pengadaan Air Bersih Di Jombang Senilai Rp. 400 Juta

Johanes Dipa Widjaja, SH., S.Psi.,M.H, (Kanan) Beryl Cholif Arrachman (Kiri) dan Rommy Junardi, District Governer Elected (DGE), District D3420. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Setelah terpilih sebagai President Club Surabaya of Metropolitant menggantikan Johanes Dipa Widjaja, SH., S.Psi.,M.H, Beryl Cholif Arrachman siapkan proyek sebuah proyek di Jombang yang nilainya diperkirakan akan membutuhkan anggaran hingga Rp. 400 juta.

Proyek yang hendak dilakukan President Club Surabaya of Metropolitan periode 2022-2023 tersebut adalah pengadaan air bersih dan toilet bagi masyarakat di Desa Marmoyo Kabupaten Jombang.

Lebih lanjut Beryl menjelaskan, dipilihnya Desa Marmoyo Jombang untuk kegiatan sosial diawal kepemimpinannya di Rotary Club Surabaya of Metropolitan itu karena masyarakat didesa itu benar-benar membutuhkan air bersih dan toilet.

“Ini akan menjadi proyek pertama saya sebagai President Club. Program kedua, masih di Desa Marmoyo Jombang, adalah pengadaan toilet bagi masyarakat sekitar,” ungkap Beryl, Jumat (15/7/2022).

Meski organisasi yang ia pimpin ini berada di Surabaya, Beryl mengaku, tidak semua kegiatan sosial yang dilakukan Rotary Club Surabaya akan dilakukan di Kota Surabaya saja.

“Kegiatan yang dilakukan Rotary Club bisa dilakukan dimana saja. Sebagai contoh, dimasa kepemimpinan President Club sebelumnya, ada program literasi,” ujar Beryl.

Program literasi yang digagas president club sebelumnya itu, lanjut Beryl, dilakukan disalah satu tempat di Bali.

Selain telah menyiapkan dua kegiatan sosial diawal kepepimpinannya, advokat muda yang tergabung dalam Kantor Hukum Johanes Dipa Dan Rekan ini juga telah menyiapkan kegiatan sosial yang lain. Untuk program sosial itu, akan dikhususkan bagi para penyandang disabilitas.

Terkait program sosial bagi para penyandang disabilitas itu, Rotary Club Surabaya of Metropolitan bekerjasama dengan UMKM Care.

“Di UMKM Care itu, anggotanya juga para penyandang disabilitas. Bersama Rotary Club Surabaya, kami akan membantu usaha yang dijalankan atau dirintis para penyandang disabilitas,” kata Beryl.

Hal yang akan Rotary Club Surabaya dan UMKM Care kepada para penyandang disabilitas itu, sambung Beryl, membantu memasarkan usaha yang mereka rintis dan telah dijalankan.

“Bersama komunitas UMKM Care itu, akan diciptakan konsumen bagi para penyandang disabilitas yang baru membangun usahanya tersebut,” paparnya.

Harapannya, sambung Beryl, para penyandang disabilitas ini akan memperoleh keuntungan dari usaha yang ia rintis tersebut, sehingga kedepannya keuntungan yang didapat itu bisa dibagikan untuk mendukung kegiatan sosial yang lain.

Johanes Dipa Widjaja, SH., S.Psi.,M.H., Presiden Rotary Club Surabaya Metropolitan periode 2021-2022 sangat terkesan dan mengucapkan banyak terima kasih kepada para pihak yang telah membantunya selama menjabat sebagai President Club di Surabaya.

Johanes Dipa Widjaja (KIRI) memperkenalkan Beryl Cholif Arrachman sebagai President Club Rotary Surabaya yang baru. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Pria yang berprofesi sebagai advokat ini mengaku, banyak sekali pelajaran yang ia dapatkan ketika bergabung menjadi anggota Rotary.

Yang paling berkesan dan hingga saat ini tak terlupakan olehnya adalah pelajaran hidup tentang kebahagiaan, dan bagaimana mengucap syukur atas karunia yang telah ia terima selama ini.

Dalam sambutannya, Johanes Dipa menuturkan, ketika mendapatkan sebuah sebuah kebahagiaan, disitulah kita harus selalu mengucapkan syukur atas kebahagiaan yang kita dapatkan.

“Dalam kehidupan sehari-hari, esensi dari kehidupan itu bukanlah seberapa banyak kita mendapat, namun seberapa banyak yang bisa kita bagikan,” kata Johanes Dipa.

Selama di Rotary Club ini, lanjut Johanes Dipa, saya belajar banyak hal. Disini kita bisa berbagi bukan hanya untuk sekarang.

“Disini, kita bisa bergandeng tangan, bekerja, berkolaborasi bersama untuk kebaikan yang lebih besar,” papar Johanes Dipa.

Ketua Bidang Pembelaan Profesi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Surabaya ini juga mengaku sedih karena banyak kehilangan rekan-rekannya, meninggal karena Covid-19.

“Ditengah kami yang diselimuti duka, tidak menyurutkan niat kami disini untuk berkumpul bersama, saling menguatkan, melakukan karya-karya yang telah kami susun bersama,” kata Johanes Dipa.

Meeting-meeting, lanjut Johanes Dipa, tetap kami lakukan baik secara offline, online maupun on side. Selanjutnya, project-project tetap dijalankan, berkolaborasi dengan club-club yang lain.

Pada kesempatan ini, Johanes Dipa mengucapkan banyak terima kasih kepada Elected Governer (EG) Diana yang terus membimbingnya, menyelesaikan tugas-tugas kemanusiaan yang telah ia gagas dan ingin wujudkan.

Menurut Johanes Dipa, selama dalam bimbingan dan arahan EG Diana itu, telah banyak kegiatan, project-project kemanusiaan yang mempunyai impact nyata.

Kepada President Club Surabaya of Metropolitan terpilih untuk periode 2022-2023, Johanes Dipa berharap bisa melanjutkan program beasiswa yang telah ia rintis sebelumnya.

Jika dimasa kepemimpinannya berhasil memberikan lima beasiswa kepada anak kurang mampu sehingga anak-anak itu bisa melanjutkan sekolahnya lagi, Johanes Dipa berharap jumlah itu akan bertambah dimasa kepemimpinan President Club Surabaya terpilih untuk periode 2022-2023.

Untuk diketahui, pelantikan dan perkenalan Beryl Cholif Arrachman sebagai President Club Rotary Surabaya of Metropolitan periode 2022-2023 ini dilaksanakan Jumat (15/7/2022) di Taman Balita Sejahtera “Cahaya Kasih” Bala Keselamatan Matahari Terbit Jalan Kombes Pol M Duryat Surabaya.

Foto bersama President Club Rotary Surabaya of Metropolitan terpilih dihalaman Taman Balita Sejahtera “Cahaya Kasih” Bala Keselamatan Matahari Terbit Jalan Kombes Pol M Duryat Surabaya. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Diacara Board Change Over itu, Johanes Dipa Widjaja, SH., S.Psi.,M.H, menyerahkan kepemimpinannya sebagai President Club kepada Beryl Cholif Arrachman, disaksikan Rommy Junardi, District Governer Elected (DGE), District D3420 dan beberapa tamu undangan penting lainnya.

Ditemui usai proses serah terima jabatan President Club, Rommy Junardi menjelaskan, di Rotary Club ada beberapa jabatan.

Jabatan-jabatan itu District Governer Nominee Designed (DGND), District Governer Nominee (DGN), District Governer Elected (DGE), District Governer (DG).

Lebih lanjut Rommy menjelaskan, dalam satu distrik ada 60 klub. Setiap bulan Juli, berubah pemimpinnya, berubah president-nya. Kalau jabatan President bisa berulang. Di seluruh dunia, pergantian pemimpinnya dilakukan pada bulan Juli.

“Walaupun jabatan presiden bisa berulang atau dipilih kembali, namun di Rotary Club ini, dilakukan kaderisasi,” jelas Rommy.

Kalau bisa, lanjut Rommy, tidak berulang. Untuk yang pernah menjabat sebagai president, bisa dipilih kembali untuk jabatan lebih tinggi seperti DG, Assistant Governer.

Anggota distrik ada sekitar 1400 distrik. Indonesia masuk District D3420. Untuk klub metropolitan sendiri ada 14 klub. Dan satu klub bisa terdiri dari 12, 15, 40 bahkan ada yang 100.

“Member Rotary sendiri ada yang dari profesional, pengusaha, pemuka agama seperti Romo, Kyai. Dan di Rotary sendiri ada istilah Deversity, Equity, Inclusion (DEI). Intinya adalah kesetaraan,” papar Rommy.

Projet-projet sosial juga dilaksanakan Rotary Club diseluruh dunia. Karena Rotary Club juga hadir di Indonesia, maka kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di masing-masing klub di Indonesia, tetap akan mendapat dukungan, bantuan dari Rotary Club seluruh dunia

Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan Rotary Club di suatu negara. Tidak menutup kemungkinan, Rotary Club Indonesia akan turut membantu kegiatan-kegiatan yang dilakukan Rotary Club sebuah negara

Rommy menambahkan, bantuan-bantuan yang diberikan untuk mendukung kegiatan sosial Rotary Club yang ada di Indonesia, bisa disalurkan melalui Global Grant, District Grant,

Di Global Grant, District Grant tersebut, lanjut Rommy, jumlah dana bantuan yang akan disalurkan sangat besar sekali. Dan masih ada bantuan lagi yang dinamai club to club.

Yang menjadi anggota di club to club ini ada 1,3 juta orang diseluruh dunia. Mereka yang tergabung di club to club ini siap memberikan bantuan, khususnya kepada Indonesia jika benar-benar membutuhkan.

Karena Rotary Club ini adalah service organitation, maka tidak membanding bandingkan siapa itu. Dan di Rotary Club ini terbuka untuk umum, bersama-sama membantu meringankan beban hidup masyarakat di seluruh dunia, seperti yang telah dilakukan saat ini, membantu kehidupan masyarakat Ukraina pasca terjadinya perang. (pay)

Related posts

PERAMPOK BERSENPI JALAN ARJUNO SURABAYA BAWA LARI Rp175 JUTA

redaksi

Ternyata, Ada Pengiriman 800 Sak Semen Bosowa Dan Dibongkar Di Toko Juwita Jombang

redaksi

IBIS SURABAYA RAJAWALI HOTEL UPGRADE 25 KAMAR TIDURNYA

redaksi