surabayaupdate.com
HEADLINE INDEKS TNI

PANGDAM LANTIK KOMANDAN BATALYON INFANTERI 500 RAIDER YANG BARU

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko melantik Mayor Inf Mulliadi, S.H. untuk mengemban tugas barunya sebagai Komandan Batalyon Infanteri 500/Raider menggantikan Letnan Kolonel Inf Lucky Avianto.
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko melantik Mayor Inf Mulliadi, S.H. untuk mengemban tugas barunya sebagai Komandan Batalyon Infanteri 500/Raider menggantikan Letnan Kolonel Inf Lucky Avianto.

SURABAYA (SurabayaUpdate) – Bertempat di markas Yonif 500/R Surabaya, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko melantik Mayor Inf Muliadi, SH sebagai Komandan Batalyon Infanteri 500/Raider menggantikan Letnan Kolonel Inf Lucky Avianto.

Dalam sambutannya, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko mengatakan, alih tugas dan jabatan merupakan prinsip yang senantiasa dianut organisasi TNI. Hal itu merupakan sebagian dari proses kaderisasi dan penyegaran serta tuntutan kebutuhan organisasi.

“Alih tugas juga merupakan momen untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan wawasan manajerial serta profesionalitas keprajuritan. Batalyon Infanteri 500/Raider adalah satuan pemukul Kodam V/Brawijaya, berkedudukan langsung di bawah Pangdam V/Brawijaya, “ ujar Eko Wiratmoko.

Batalyon Infanteri 500/Raider, lanjut Eko, juga mempunyai tugas melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OPSP). Dengan semboyan cepat, senyap dan tepat, tugas-tugas yang diemban Yonif 500/R mempunyai peran penting dalam rangka membantu menciptakan situasi negara agar tetap kondusif di wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Timur.

“Dalam melaksanakan OPSP, tugas yang diemban Yonif 500/R, dihadapkan dengan potensi ancaman seperti saat ini, misalnya mengatasi masalah aksi terorisme dan membantu tugas kepolisian dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, “ ungkap Eko.

Masih menurut Eko, walaupun kondisi wilayah Jawa Timur saat ini relatif kondusif, namun kita harus tetap waspada terutama terhadap potensi ancaman aksi terorisme yang masih saja sering terjadi, apalagi pada saat ini sedang dilaksanakan masa kampanye Pilpres dan Pilwapres Tahun 2014.

Eko pun berharap, selain memiliki kemampuan dan profesionalitas yang tinggi, Yonif 500/Raider harus mampu menjadi contoh dan teladan bagi batalyon atau satuan lain di jajaran Kodam V/Brawijaya. Untuk itu, setiap prajurit Yonif 500/Raider harus mencerminkan jati diri seorang prajurit yang memiliki kematangan kepribadian dan kualitas mental yang baik.

Khusus kepada Komandan Batalyon Infantri 500/R yang baru, Mayor Inf Mulliadi, S.H, Eko berpesan untuk dapat memimpin dan membawa batalyon dalam meningkatkan profesionalisme prajurit, secara perorangan sampai dengan satuan. Dalam pembinaan latihan harus diperhatikan tentang penyelenggaraan latihan, sistem pembinaan latihan maupun penerapan manajemen latihan, sehingga sasaran latihan dapat tercapai.

Diakhir sambutannya, Mayjen TNI Eko Wiratmoko mengucapkan selamat jalan dan selamat menduduki jabatan baru sebagai Dandim 0829/Bangkalan Rem 084/BJ kepada Kolonel Infantri Lucky Avianto.

Mayor Inf Mulliadi, S.H. sebelumnya menjabat sebagai Ps. Kasi Ops Rem 083/BDJ, sedangkan Letnan Kolonel Inf Lucky Avianto akan menempati jabatan barunya sebagai Dandim 0829/Bangkalan Rem 084/BJ. (pay)

Related posts

Adu Gengsi La Nyalla Mattalitti Lawan Kejati Jatim Dimulai Rabu Depan

redaksi

Korban Dugaan Penipuan Dengan Modus Dana Talangan Muncul Lagi

redaksi

Risma dan anas dipasangkan untuk persiapan Pilgub Jatim 2018?

redaksi