SURABAYA UPDATE
HEADLINE HUKUM & KRIMINAL INDEKS

Bank Jatim Dukung Langkah Polda Jatim Usut Tuntas Kasus Kredit Bank Jatim Jombang

Bank Jatim dukung langkah Polda Jatim mengusut tuntas dugaan kredit macet Bank Jatim Jombang. (FOTO : ist)
Bank Jatim dukung langkah Polda Jatim mengusut tuntas dugaan kredit macet Bank Jatim Jombang. (FOTO : ist)

SURABAYA (surabayaupdate) – Terungkapnya kasus kredit di Bank Jatim Jombang mendapat dukungan Bank Jatim pusat. Dalam pengungkapan kasus ini, Bank Jatim menyampaikan apresiasi atas kesigapan Kepolisian Daerah Jawa Timur dalam menyidik kasus kredit Jombang yang diduga melibatkan mantan Pemimpin Cabang bankjatim Jombang serta mendukung penuh langkah penegakan hukum yang dilakukan Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim agar kasus ini dapat menemukan titik terang.

Corporate Secretary Bank Jatim, Bambang Rushadi mengatakan sebagai bank yang taat azas serta menjunjung tinggi penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang baik dan berkelanjutan, bankjatim mendukung upaya kepolisian dalam penyelesaian kasus tersebut.

“Kami mendukung dan berterima kasih pada aparat kepolisian yang telah menindaklanjuti hasil temuan audit Bank Indonesia (BI) tentang dugaan pencairan kredit fiktif. Kami berharap kasus ini menjadi jelas agar yang terbukti bersalah dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai hukum dan undang-undang yang berlaku,” kata Bambang kepada wartawan, Rabu (20/5/2015).

Demi melindungi kepentingan dan kenyamanan nasabah, bankjatim selalu konsisten dan serius dalam mencegah setiap upaya kejahatan yang dapat merusak industri perbankan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Hal tersebut diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi seluruh karyawan bankjatim agar dalam bekerja selalu memegang teguh seluruh aturan dan taat pada prinsip Good Corporate Governance (GCG), sehingga kejadian seperti ini tidak terulang lagi dikemudian hari.

“Kami berharap Kepolisian dapat mengungkap kasus ini dengan jelas. Adapun untuk kepentingan penegakan hukum, bankjatim siap mendukung penuh upaya kepolisian agar tindak kejahatan perbankan ini dapat diberantas sehingga kepentingan dan kenyamanan nasabah dapat dilindungi dengan baik,” tegas Bambang.

Pada bulan Maret 2015, bankjatim menunjukkan performa yang bagus dalam penyaluran kredit sebesar Rp 26,57 triliun (naik 17,12% YoY) dengan total aset sebesar Rp 45,82 triliun (naik 29,21% YoY) dan perolehan Dana Pihak Ketiga sebesar Rp 37,97 triliun (naik 34,64% YoY).

Pertumbuhan kinerja bankjatim periode Maret 2015 juga tercermin dari rasio keuangan CAR sebesar 22,87% (rata-rata benchmark > 15%), ROA sebesar 3,38% (rata-rata benchmark > 1,25%), ROE sebesar 17,61% (rata-rata benchmark > 15%), NIM sebesar 6,90 persen dengan nilai rata-rata benchmark > 5 persen dan BOPO sebesar 72,06 persen, rata-rata benchmark < 94 persen. (pay)

 

Related posts