SURABAYA UPDATE
EKONOMI & BISNIS HEADLINE INDEKS

Berawal Dari Klinik Seukuran Kamar Kos, Sekarang Michael Dan Farrah Punya Klinik Kecantikan Megah Dan Modern

Grand Opening Klinik Kecantikan dr. MF di Surabaya. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Berawal dari klinik kecantikan yang sangat sederhana dan ukurannya sebesar kamar kos, Michael Lawanto dan Farrah Raktion sekarang punya klinik kecantikan Megah dan sangat modern.

Klinik kecantikan itu bernama dr. MF singkatan dari namanya dan sang istri. Pada grand opening dr. MF Beauty Skin, Minggu (4/10/2020) ini, selain dihadiri dr. Michael Lawanto dan istrinya dr. Farrah Raktion, juga dihadiri keluarga, koleganya dan advokat Razman Arif Nasution, SH, M.Hum selaku legal corporate dr. MF Beauty Skin.
Razman Arif Nasition, Legal Corporate dr. MF Beauty Skin  yang datang diacara Grand Opening ini menyatakan, seiring perkembangan waktu, apabila klinik ini berkembang tentu akan banyak saingan, namun hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena melihat tekhnologi yang digunakan klinik ini sangat modern. Klinik ini akan mampu bersaing dengan klinik yang ada.
Razman berpesan bagi para pelanggan, apabila ada ketidakpuasan terhadap pelayanan di dr. MF Beauty Skin, hendaknya disampaikan langsung pada sang pemilik, bukan apload-apload di media sosial, karena hal itu akan berdampak hukum dan dirinya tentunya yang akan mengawal apabila kasus ini sudah masuk wilayah hukum.
Sementara itu, dr. Michael Lawanto mengatakan, sebelum membuka klinik dr. MF Beauty Skin ini bersama sang istri tercinta, dr. Michael dan sang istri sudah membuka klinik kecantikan yang sama tiga tahun lalu.
“Ukuran klinik kecantikan kami waktu itu hanya 4 meter x 9 meter. Dengan ukuran segitu, sudah termasuk ruang tunggu tamu dan tempat praktik,” ungkap Michael, Minggu (4/10/2020).
Tidak terfikir bagi kami, lanjut dr. Michael, punya klinik dan buka klinik kecantikan sebesar ini. Awalnya, yang terfikirkan oleh kami adalah membantu masyarakat kalangan menengah kebawah yang ingin melakukan perawatan kecantikan, supaya mereka juga bisa tampil cantik.
” Cuma, makin lama tamu yang datang semakin banyak sehingga kami harus membuka tempat usaha yang lebih besar, lebih nyaman dari tempat praktik sebelumnya,” papar Michael.
Walau terbilang kecil dan sangat sederhana, namun tempat praktik dr. Michael dan dr. Farrah banyak dikunjungi kalangan pejabat mulai dari bupati, anggota dewan bahkan petinggi Polri dan TNI. 
 
“Atas desakan klien-klien middle up kami inilah, akhirnya saya dan istri membuka dr. MF Beauty Skin yang sekarang. Dan faktor kenyamanan serta peralatan canggih juga kami datangkan, untuk menunjang kerja kami,” kata Michael. 
 
Kesuksesan dr. Michael dan dr. Farrah merintis usahanya dibidang klinik kecantikan, ternyata didasari atas kepuasan pasien yang sudah datang dan melakukan perawatan di klinik kecantikan yang lama. Dari hasil yang memuaskan itulah kemudian tersebar luas kebanyak kalangan, hingga akhirnya jumlah pasien yang datang pun semakin banyak. 
 
Masa pandemi seperti sekarang ini bukanlah jadi penghalang bagi Michael dan Farrah untuk membesarkan usahanya. Dikliniknya yang baru ini, pasien yang datang tetap dilayani sesuai dengan perawatan yang mereka pilih.
 
“Namun, jumlah pengunjungnya kami batasi setiap harinya. Kemudian, pasien yang datang ke klinik kami akan dicek suhu badannya,” papar Michael.
 
Jika dirasa aman, sambung Michael, pasien akan diberi Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, dan tetap diminta mentaati protokol kesehatan seperti cuci tangan dan disemprot dengan disinfektan.
“Pembatasan jumlah pasien yang kami berlakukan itu, selain untuk tetap menjaga jarak, ada jeda waktu bagi klinik dr. MF membersihkan ruangan-ruangan dan mensterilkannya kembali sehingga pasien tetap merasa aman dan nyaman,” kata Michael.
Michael juga menambahkan, jumlah pasien yang sudah datang kepadanya selama ini, 70 persen berasal dari luar Surabaya seperti Batam, Jakarta, dan masih banyak lagi.
Sementara itu, dr. Farrah Raktion mengatakan, untuk menjadi cantik, tidak harus mahal.
“Mindset orang datang ke klinik-klinik kecantikan adalah orang kaya. Karena itu, mindset harus dirubah. Kalangan menengah kebawah dan bapak-bapak itu sebenarnya ingin datang ke klinik kecantikan. Untuk kalangan wanita menengah kebawah, mereka sebenarnya sangat berharap dapat tampil cantik,” kata Farrah.
Dengan marjin yang tidak terlalu besar, lanjut Farrah, klinik kecantikan dr. MF siap menerima pasien dari kalangan apa saja. Di klinik kecantikan dr. MF, semua orang berhak untuk mendapatkan pelayanan yang sama dan semua orang juga punya hak untuk tampil cantik.
Dokter kecantikan yang pernah menimba ilmu di Korea masalah tanam benang ini juga mengatakan, yang membedakan antara dr. MF Beauty Skin dengan klinik-klinik kecantikan lain adalah harga di masing-masing jenis perawatan.
“Spesialisasi klinik kecantikan dr. MF adalah contouring, yaitu pembentukan wajah misalnya ada pasien yang hidungnya pesek ingin dimancungin, pipinya tembem ingin di tirusin, dagu ada sigar jambenya ingin dihilangkan. Dan, dalam melakukan contouring ini, dr. MF sudah berstandartkan internasional namun dengan harga yang sangat ringan dikantong,” ujar Farrah.
Farrah juga menambahkan, dalam pengerjaan jenis pelayanan kecantikan, dr. Michael, dr. Farrah akan mengerjakannya senatural mungkin sehingga wajah pasiennya akan terlihat tetap cantik dan proporsional. Bagi mereka yang akan melakukan Filler, akan ditangani langsung dr. Michael Lawanto. (pay)

Related posts