SURABAYA UPDATE
HEADLINE HUKUM & KRIMINAL INDEKS

RUTAN MEDAENG TAMBAH JADWAL BEZUKAN KHUSUS DI HARI RAYA IDUL FITRI

gambar ilustrasi Rutan Medaeng
gambar ilustrasi Rutan Medaeng

SURABAYA (SurabayaUpdate) – Khusus di hari Raya Idul Fitri 1435 H kali ini, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I-A Medaeng berlakukan dua kali jadwal bezukan tahanan. Jadwal bezukan kedua itu diberlakukan pada siang hari hingga sore hari.

Jika normalnya jadwal bezukan tahanan di Rutan Medaeng berlaku1 kali saja, namun di hari Idul Fitri tahun ini, penambahan jadwal bezukan tahanan Rutan Medaeng dilakukan di sore hari. Lama bezukan bagi pihak keluarga yang ingin membezuk keluarganya yang ditahan di Rutan Medaeng itu selama 2 jam.

Lebih lanjut Kasubsi Administrasi dan Perawatan Rutan Kelas I-A Medaeng, Moch. Kaffi mengatakan, jadwal bezukan pertama tidak ada perubahan. Setiap anggota keluarga yang ingin membezuk anggota keluarganya di Rutan Kelas I-A Medaeng, diijinkan pada pukul 08.30 Wib hingga pukul 11.30 Wib.

“Pukul 08.30 Wib itu sama seperti pada jam bezukan biasanya. Namun, untuk member kesempatan kepada anggota keluarga tahanan di hari Idul Fitri ini, pihak keluarga dari luar kota yang selama ini tidak bisa bezuk karena jam bezuk yang diberlakukan sangat singkat, diberi kesempatan pukul 13.30 Wib hingga pukul 15.30 Wib, “ ungkap Moch. Kaffi.

Jadwal bezukan di siang hari ini, lanjut Kaffi, diberlakukan hingga H+2 Lebaran. Tidak ada persyaratan khusus yang diberlakukan kepada para keluarga yang ingin membezuk keluarganya di Rutan Medaeng. Semua orang yang ingin menengok keluarganya yang ditahan di Rutan Medaeng, harus membawa kartu identitas dan menjaga keamanan serta kenyamanan selama di dalam Rutan Medaeng.

“Selain menambah jam bezukan, Rutan Medaeng juga akan memberlakukan tempat bezukan. Jika di hari biasa, semua keluarga tahanan akan ditempatkan di aula atas, khusus untuk membezuk tahanan laki-laki dan aula bawah untuk tahanan perempuan, namun di hari Lebaran ini, seluruh keluarga tahanan laki-laki akan ditempatkan di tenda yang sudah didirikan di lapangan olahraga Rutan Medaeng,” jelas Kaffi.

Masih menurut Kaffi, untuk anggota keluarga tahanan perempuan, tetap ditempatkan di aula bawah Rutan Medaeng, sama seperti hari-hari biasanya. Diharapkan, pada jadwal bezukan yang sudah ditetapkan, begitu juga dengan tempat untuk membezuk anggota keluarganya tersebut, tetap memberikan rasa nyaman di hari Lebaran.

Bagaimana dengan remisi bagi para tahanan di Rutan Medaeng di Hari Lebaran tahun ini? Kaffi menambahkan, sesuai dengan surat edaran Kanwil Hukum dan HAM, dari 137 tahanan yang diajukan remisi ke Kanwil Hukum dan HAM tersebut, dibagi dalam 2 gelombang.

“Gelombang pertama ada 137 tahanan yang kami ajukan remisinya. Mayoritas 137 tahanan yang kami ajukan remisinya itu adalah pelaku tindak pidana narkoba. Remisi mereka sudah kami ajukan dua minggu yang lalu. Untuk gelombang 2 masih belum diajukan karena masih menunggu turunnya remisi untuk gelombang 1, “ paparnya.

Diakhir pembicaraannya, Kaffi mengatakan bahwa selama bulan Ramadan, Rutan Medaeng juga mengadakan kegiatan tadarus bagi tahanan yang memeluk agama Islam. Namun, kegiatan keagamaan itu, tidak boleh melebihi pukul 22.00 Wib. (pay)

Related posts