SURABAYA UPDATE
HEADLINE HUKUM & KRIMINAL INDEKS

Tujuh Pemuda Surabaya Ciptakan Layanan Konsultasi Hukum Gratis Lewat Aplikasi Lawlawland

Tujuh pemuda asal Surabaya yang menciptakan lawlawland. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Tujuh pemuda asal Surabaya ciptakan aplikasi khusus untuk layanan konsultasi hukum gratis.

Aplikasi yang diciptakan tujuh “arek” Surabaya itu diberi nama lawlawland. Dengan mengaktifkan aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan konsultsi hukum tanpa perlu membayar.
Richard Handiwiyanto SH MH Mkn mengatakan, aplikasi ini diciptakan karena keprihatinannya melihat masih banyak masyarakat yang belum paham hukum, sehingga mereka dengan mudah dipermainkan.
“Prinsip dasar dibuatnya aplikasi lawlawland ini adalah keprihatinan kita melihat masih banyak masyarakat yang menjadi korban ketidakadilan dibidang hukum,” ungkap Richard, Kamis (1/4/2021).
Jadi, lanjut Richard, melihat kondisi seperti itu, terketuklah hatinya dan enam orang rekannya yang lain untuk bertindak membela para pencari keadilan ini.
“Sebagai tenaga profesional, kami juga ingin menyumbangkan keilmuwan kami kepada masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu yang sedang terkena masalah hukum atau berurusan dengan hukum,” kata Richard.
Putra advokat ternama asal Surabaya, George Handiwiyanto ini beranggapan, sudah menjadi tanggungjawab para advokat untuk ikut memberikan wawasan hukum, konsultasi hukum dan edukasi hukum, kepada siapa saja yang membutuhkannya.
“Karena saat ini perkembangan teknologi begitu pesat sehingga menuntut masyarakat mengikutinya, kami kemudian menciptakan layanan konsultasi hukum gratis melalui daring atau online,” tandasnya.
Layanan konsultasi dan edukasi bidang hukum yang kemudian dikemas dalam bentuk aplikasi ini, digagas Richard Handiwiyanto.
Selain Richard, ada enam orang lagi yang mengelola aplikasi ini. Enam orang itu bernama Levina Faby Naomi Christy SH Mkn, tim advokat yang terdiri dari Yeremias Jeri Susilo, S.H, Evan riadi, S.H.,CFP, Billy Handiwiyanto, S.H.,M.H, Adi Prasetyo dan juga tim IT Limman Susanto.
Richard Handiwiyanto (KANAN) yang menggagas terciptanya lawlawland. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com?

Dengan adanya aplikasi layanan hukum secara online ini, Richard berharap masyarakat dapat memanfaatkannya secara maksimal, sehingga kedepannya sudah tidak ada lagi masyarakat yang tidak mengerti hukum hingga akhirnya kebingungan sendiri ketika mereka berhadapan dengan hukum.

Masih menurut Richard, di dalam aplikasi ini, masyarakat akan menemukan banyak layanan yang berkaitan dengan hukum dan permasalahannya.
Berbagai layanan hukum yang ada diaplikasi lawlawland.id tersebut seperti layanan hukum tentang keluarga, hukum bisnis, proses litigasi dan bagaimana caranya.
Terpisah, Levina Faby Naomi Christy, S.H.,M.Kn, mengatakan, mayarakat saat ini semakin berat dengan kondisi pandemi Covid-19. Banyak sekali kegiatan masyarakat yang dilakukan dari rumah dengan daring atau online.
“Pemerintah sampai saat ini masih menghimbau kepada masyarkat untuk tetap waspada akan penyebaran virus Covid-19. Pemerintah pun menganjurkan, segala kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti seminar, bisa dilakukan secara online atau daring,” ungkap Levina.
Aplikasi lawlawland.id, lanjut Levina, sangat dan bisa menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat untuk mengetahui tentang hukum dan segala permasalahannya.
“Jika ada masyarakat yang ingin menggunakan aplikasi atau layanan hukum gratis secara daring ini, harus melakukan registrasi online, memasukan email dan identitas diri,” kata Levina.
Saat proses verifikasi lolos, sambung Levina, pengguna bisa melakukan konsultasi online, pembelajaran tentang hukum secara online hingga pembelian jasa yang tersedia dalam laman yang juga tersedia di Playstore.
“Aplikasi ini nantinya akan seperti Halodok, yang bisa dipakai untuk membeli obat, konsultasi dengan banyak dokter dan lain sebagainya. Kami juga sama,” ujar Levina.
Levina juga menjelaskan, di lawlawlanf ini Ada sub bagian sendiri-sendiri, misalnya hukum tentang keluarga, hukum waris, dan lain sebagainya. Untuk corporate juga ada, pengurusan penetapan di pengadilan juga ada.
Masyarakat yang berada di luar kota Surabaya, juga dapat memanfaatkannya. Sebab, dalam pelayanannya, tim yang bertugas di lawlawland yang akan melakukan video call.
“Kami juga menyediakan berbagai macam produk. Konsumen bisa membelinya, konsumen yang submit. Nanti, tim kami yang turun dan mendampingi dilapangan,” tandasnya.
Masih menurut Levina, lawlawland ini ada website dan aplikasi, bisa didownload di playstore,. Lewat website langsung lawlawland.id juga bisa. Gol kami adalah membuat masyarakat lebih melek hukum.
Sejak dilaunching Minggu (28/3/2021) aplikasi ini sudah mendapat banyak respon dari masyarakat yang ingin berkonsultasi, baik itu permasalahan perjanjian nikah, maupun konsultasi hukum lainnya. (pay)

Related posts