SURABAYA UPDATE
HEADLINE INDEKS POLITIK & PEMERINTAHAN

Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim Bakal Jadi Pesaing Terberat Risma

Ir. Bambang Haryo Soekartono, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Timur. (FOTO : ist)
Ir. Bambang Haryo Soekartono, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Timur. (FOTO : ist)

SURABAYA (surabayaupdate) – Walau sempat menggetarkan Surabaya sebagai calon wali kota yang tidak akan ada tandingannya pada pemilihan walikota dan wakil walikota 2015 mendatang, Tri Rismaharini nampaknya harus berhati-hati.

Tingginya elektabilitas Tri Rismaharini pada persiapan pelaksanaan Pemilihan Walikota Surabaya dan Wakil Walikota Surabaya 2015, tidak membuat gentar Partai Gerindra. Untuk menandingi PDI Perjuangan dalam bursa Walikota Surabaya, Gerindra sudah menyiapkan kandidatnya.

Kandidat yang menjadi “jago” Partai Gerindra ini tidak bisa dianggap enteng. Dengan sederet jabatan yang pernah disandangnya dan sekarang masih aktif di Komisi VI DPR RI, dipastikan akan menjadi pesaing terberat Tri Rismaharini yang saat ini masih menjabat sebagai Walikota Surabaya.

Siapakah calon dari Partai Gerindra itu? Dia adalah Ir. Bambang Haryo Soekartono, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Timur. Untuk memuluskan langkah Bambang Haryo sebagai Walikota Surabaya periode 2015-2019 mendatang, Partai Gerindra melalui DPD Gerindra Jawa Timur sudah menyiapkan segala strategi dan tim sukses yang sangat solid.

Salah satu pimpinan ormas sayap Partai Gerindra di Jawa Timur yang masuk menjadi tim pemenangan Bambang Haryo menuju Surabaya 1 menjelaskan, selain mempunyai kecerdasan dan massa pendukung yang setia, Bambang Haryo adalah teman satu alumni dengan Risma di ITS.

“Beberapa pihak berpendapat bahwa Bambang Haryo memang pantas ditandingkan dengan Risma. Mereka berdua satu ikatan alumni ITS. Selama ini, ikatan alumni ITS dikenal sangat kuat persaudaraannya. Ini bisa dijadikan kekuatan politik untuk mencari dukungan pada Pilwali mendatang, “ ujarnya.

Sebagai warga Surabaya yang lahir di Balikpapan tanggal 6 Januari 1963, 6/01/1963, anggota Komisi VI DPR-RI membidangi Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Standarisasi Nasional ini mempunyai reputasi bagus.

Beberapa jabatan penting pernah disandangnya seperti Ketua lkatan Alumni Fakultas Teknologi Kelautan Komisariat Pusat lnstitut Teknologi 10 November Surabaya, Ketua Umum Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO) Jawa Timur, Wakil Ketua DPD GERINDRA Jawa Timur Anggota Dewan Pembina GETAR (Gerakan Tani Rakyat ) Pusat, Sayap Partai GERINDRA, dan Ketua Senat IKA ITS Pengurus Wilayah Jawa Timur.

Kini, warga Surabaya yang tinggal di di Jl. Dharmahusada Indah Selatan III Blok D-105, Kelurahan Mulyorejo, Surabaya ini juga masuk dalam alat kelengkapan dewan dibidang Badan Anggaran DPR RI.

Bambang Haryo Soekartono terpilih menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk Dapil Jawa Timur I setelah memperoleh 33,896 suara.

Selama ini, Bambang dikenal sebagai pengusaha kapal ferry dan menjabat sebagai Direktur di beberapa usaha perusahaan perkapalan seperti PT. Dharma Lautan Utama (ferry), PT. Adiluhung Saranasegara (pemeliharaan kapal) dan PT. Graha Senggigi (pemilik hotel Grand Beach Senggigi di Lombok, NTB).

Posisi Bambang saat ini adalah Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Propinsi Jawa Timur sejak 2012, dengan back ground pendidikan S1 Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya tahun 1990. (pay)

Related posts