surabayaupdate.com
HEADLINE HUKUM & KRIMINAL INDEKS

AAI Officium Nobile Menggelar Konsultasi Hukum Gratis Di Acara Car Free Day

Para advokat AAI ON yang berpartisipasi dalam kegiatan konsultasi hukum gratis di acara CFD. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com/parlin)

SURABAYA (surabayaupdate) – Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Officium Nobile menggelar konsultasi hukum gratis diacara Car Free Day (CFD), Minggu (13/11/2022).

Acara CFD yang merupakan agenda rutin tiap hari Minggu itu, digelar sepanjang Jalan Raya Darmo hingga Jalan Basuki Rachmat Surabaya. CFD, juga dilaksanakan sepanjang jalan Tunjungan Surabaya hingga ke Jalan Simpang Dukuh Surabaya.
Disela-sela acara CFD inilah, AAI Officium Nobile menggelar acara konsultasi gratis. Siapa saja bolehe mendatangi booth yang disiapkan AAI yang letaknya di Jalan Tunjungan Surabaya.
Johanes Dipa Widjaja, salah satu pengurus AAI Officium Nobile mengatakan, konsultasi hukum gratis ini merupakan program utama DPC AAI Officium Nobile Surabaya.
Dengan adanya program ini maka keberadaan AAI ON harus dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya masyarakat tidak mampu yang berhadapan dengan hukum.
“Advokat AAI ON diharapkan bukan hanya beritegritas dan profesional namun juga harus memiliki jiwa kesetiakawanan dan sosial yang tinggi, peka terhadap problematika hukum di masyarakat serta tanggap untuk memberikan bantuan hukum, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu baik secara prodeo maupun probono,” ujar Johanes Dipa didampingi seluruh pengurus DPC AAI Officium Nobile lainnya, Minggu (13/11/2022).
Sementara itu, Ketua DPC AAI Officium Nobile Hendro J Octavianus  mengatakan, advokat bukan sekedar pekerjaan. Advokat adalah profesi yang officium nobile (mulia dan terhormat), dalam perannya sebagai penegak hukum yang independen.
“ Jadi, program seperti ini diharapkan bisa membawa manfaat lebih banyak bagi masyarkat,” ujar Hendro J Octavianus.
Konsultasi hukum gratis yang diadakan AAI Officium Nobile ini ternyata mendapat respon yang sangat luar biasa dari masyarakat.
Para advokat AAI ON sedang menjawab permasalahan hukum yang dikonsultasikan. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com/parlin)

Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang awalnya ingin sekedar jalan-jalan di gelaran CFD, kemudian mendatangi booth yang disiapkan AAI ON.

Puluhan orang nampak begitu antusias untuk mengkonsultasikan masalah hukum yang sedang di hadapi.
Puluhan anggota AAI ON yang hadir, juga begitu antusias membantu masyarakat yang mengkonsultasikan permasalahan hukum mereka.
Anggota AAI ON tersebut secara telaten menjawab pertanyaan dari warga masyarakat. Tidak sedikit dari para advokat ini memberikan saran, apa yang harus mereka lakukan dalam menghadapi permasalahan hukum mereka tersebut.
Eva Cahyani warga Wonokromo Surabaya yang melakukan konsultasi hukum gratis terkait tanah eigendom yang dia miliki menyambut baik program seperti ini.
Dia yang tak paham hukum, akhirnya bisa sedikit memahami tentang hak atas tanah yang dia miliki secara hukum.
“Selama ini saya kalau mau datang konsultasi ke pengacara nggak berani, karena takut nggak bisa bayar ongkosnya,” ujar Eva.
Begitu ada konsultasi hukum gratis yang diadakan AAI ini ini, lanjut Eva, sangat membantu kami yang sedang mempunyai masalah hukum tapi tidak punya uang untuk membayar jasa pengacara.
Eva pun berharap, kiranya kegiatan konsultasi hukum gratis seperti ini bisa rutin dilaksanakan, sehingga masyarakat umum seperti dirinya yang tidak paham hukum, akhirnya ada pengetahuan dan mengerti apa yang harus dilakukan dengan permasalahan hukum yang sedang dihadapi. (pay)

Related posts

Akuntan Publik Tak Juga Diperiksa, Pengacara Chin Chin Tuntut Keadilan

redaksi

Ajukan Keberatan, Ada Sembilan Hal Yang Dimohonkan Kuasa Hukum Terdakwa Penipuan Dan Penggelapan Kepada Majelis Hakim

redaksi

Sederet Artis Tanah Air Ikut Meriahkan Collabonation Tour Surabaya

redaksi