surabayaupdate.com
INDEKS PENDIDIKAN & KESEHATAN

Rotary Club Of Surabaya Metropolitan Gelar Pengobatan Akupuntur Gratis

Kegiatan pengobatan gratis Rotary Club of Surabaya Metropolitan. (FOTO : dokumentasi pribadi untuk surabayaupdate.com/parlin)

SURABAYA (surabayaupdate) – Bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Naturopatis Jawa Timur, Rotary Club Of Surabaya Metropolitan gelar prngobatan gratis bagi masyarakat.

Kali ini, Minggu (15/10/2023) warga masyarakat yang mendapatkan layanan pengobatan gratis adalah warga RW. 03 Manyar Sambongan Kelurahan Kertajaya Surabaya.

Bertempat di Balai RW. 03 Manyar Sambongan, tim medis yang dilibatkan untuk pelayanan gratis ini memeriksa kesehatan warga yang datang ke posko pengobatan.

Pungky yang menjabat sebagai Ketua RW 03 Manyar Sambongan menjelaskan, pelayanan gratis yang diberikan Rotary Club Of Surabaya Metropolitan ini berupa pengobatan menggunakan metode akupuntur atau tusuk jarum.

“Ada sekitat 50 warga RW. 03 Manyar Sambongan yang telah merasakan manfaat pengobatan menggunakan metode akupuntur yang digagas Rotary Club Of Surabaya,” kata Pungky.

Warga Manyar Sambongan yang datangi pelayanan kesehatan gratis ini, lanjut Pungky, memang tidak seluruhnya mendatangi layanan pengobatan gratis ini.

“Ada sebagian besar warga yang masih takut untuk diobati dengan akupuntur. Namun, setelah mendapat penjelasan dari para terapis dan dijelaskan pula manfaatnya, para warga itu berharap kedepannya diadakan lagi pengobatan menggunakan akupuntur,” jelas Pungky.

Menanggapi antusiasme warga dan banyaknya permintaan supaya kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi, Thamas Aquinas selaku penanggungjawab kegiatan, langsung memberikan respon.

Lebih lanjut Thamas mengatakan, Rotary akan sesegera mungkin mengadakan kegiatan ini. Saat ini, sedang dipikirkan, apakah kegiatan layanan kesehatan tusuk jarum ini bisa kembali digelar di bulan Desember mendatang.

“Rotary sangat sedang jika ada warga masyarakat yang telah memanfaatkan layanan kesehatan gratis, dapat merasakan manfaatnya,” ujar Thamas.

Jika ada permintaan supaya kegiatan itu bisa digelar lagi, sambung Thamas, Rotary akan berusaha untuk mewujudkannya.

“Rotary telah 20 tahun melakukan kegiatan pemberian layanan gratis kepada masyarakat. Dan layanan kesehatan masyarakat ini, bentuknya pun beragam,” papar Thamas.

Thamas kembali menjelaskan, bahwa layanan pemberian pengobatan gratis kepada masyarakat itu sempat terhenti hingga waktu yang cukup lama.

“Ketika itu, Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19. Karena adanya pandemi, maka segala kegiatan sosial yang selalu digagas, dihentikan,” ungkap Thamas.

Thamas melanjutkan, kini setelah pandemi sudah tidak ada di negeri ini, Rotary akan kembali menggelar kegiatan-kegiatan sosial untuk masyarakat.

Yang saat ini sedang digagas adalah pengeboran sumur sedalam 125 meter, untuk memenuhi kebutuhan air di masyarakat Desa Marmoyo, Jombang.

Selain itu, masih di Desa Marmoyo, Jombang, Rotary juga membangun 26 unit toilet, lengkap dengan septic tank-nya. (pay)

Related posts

17 Korban Tragedi Wahana Kenpark Surabaya Dan Pihak Manajemen Sepakat Saling, Memaafkan

redaksi

Oey Juliawati Divonis 6 bulan Penjara Karena Keterangan Palsu

redaksi

Konflik Celebrity Fitness Berakhir Damai

redaksi