surabayaupdate.com
HEADLINE INDEKS POLITIK & PEMERINTAHAN

DPD PSI Kota Surabaya Membantah Telah Memberikan Dukungan Kepada Eri Cahyadi Dan Armuji Untuk Maju Di Pilwali Kota Surabaya

Plt Ketua DPD Kota Surabaya, Shobikin, S.Sos.,MM. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Adanya rumors yang mengatakan bahwa Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surabaya telah memberikan dukungan kepada pasangan Eri Cahyadi dan Armuji untuk maju dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Kota Surabaya, langsung mendapat bantahan.

Bantahan tersebut diucapkan Shobikin, S.Sos., MM., yang ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PSI Kota Surabaya, Senin (1/4/2024) disela-sela acara perkenalannya dengan para kader serta simpatisan dan pengurus DPD PSI Kota Surabaya yang lain.

Lebih lanjut Shobikin menegaskan, tidak benar bahwa DPD PSI Kota Surabaya memberikan dukungan kepada pasangan Eri Cahyadi dan Armuji untuk maju kembali sebagai Walikota dan Wakil Walikota Surabaya di kontestasi Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya.

Secara tegas, Shobikin menampik bahwa DPD PSI Kota Surabaya (juga) sudah memberikan dukungan kepada pasangan Eri dan Armuji (Erji) sebagai cawali maupun cawawali Kota Surabaya

“Rencana untuk memberikan dukungan kepada Erji belum ada, begitu juga rencana melakukan pendekatan dengan PDI Perjuangan sebagai upaya koalisi pemberian dukungan kepada Erji,” tandas Shobikin.

Terkait kontestasi pemilihan kepala daerah di Surabaya, Shobikin menerangkan, bahwa DPD PSI Kota Surabaya akan melakukan survey kelayakan untuk mencari sosok yang pas sebagai Walikota dan Wakil Walikota Surabaya

“Kami juga akan melakukan komunikasi dengan beberapa partai politik, untuk mengetahui siapa sosok yang tepat menjadi Walikota dan Wakil Walikota Surabaya pada periode mendatang,” papar Shobikin

PSI Kota Surabaya sendiri, lanjut Shobikin, akan menunggu arahan dari pimpinan pusat DPP PSI bagaimana mekanisme penjaringan calon walikota dan wakil walikota Surabaya.

Meski demikian, secara internal, DPD PSI Kota Surabaya, menurut Shobikin, telah mempunyai calon yang nantinya bisa diajukan sebagai walikota dan wakil walikota Surabaya.

Siapakah calon yang saat ini sudah masuk dalam daftar yang nantinya akan diajukan sebagai walikota dan wakil walikota Surabaya itu? Shobikin enggan menjawabnya dan tidak ingin terburu-buru mempublish-nya.

Calon itu, lanjut Shobikin, saat ini masih dalam pantauan dan kajian untuk mengetahui sejauh mana kelayakan calon itu sebagai pemimpin di Kota Surabaya.

“Masih kami takar. Dan kami juga terus komunikasikan ke pimpinan pusat tentang kelayakan calon kami tersebut,” ungkap Shobikin.

Shobikin kembali melanjutkan, yang paling mendasar untuk mempelajari sosok yang akan menjadi calon DPD PSI Kota Surabaya itu, akan dikomunikasikan juga kepada partai-partai koalisi lainnya, apakah calon tersebut layak untuk diberi dukungan maju dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Kota Surabaya.

“Masih kami pelajari sejauh mana elektabilitas bakal calon kami ini. Kami juga ingin mengetahui, apakah partai-partai yang menjadi koalisi kami, juga memberikan restu dan dukungan kepada calon itu,” kata Shobikin.

Shobikin kembali mengatakan, sebagai partai yang hanya memiliki lima kursi di kabinet, tidaklah mungkin bagi PSI untuk memberikan dukungan sendirian.

Lalu, partai politik apa saja yang sudah berkomunikasi dengan PSI Kota Surabaya dan siap berkoalisi dengan PSI Kota Surabaya di Pilwali Kota Surabaya mendatang?

“Sudah ada beberapa partai yang bersedia koalisi dengan kami. Dan saat ini, kami juga masih membuka diri kepada partai politik lain untuk ikut bergabung dengan PSI Kota Surabaya,” ungkap Shobikin.

Kalaupun sudah ada beberapa kader maupun anggota PSI Kota Surabaya yang sudah menjalin komunikasi dengan PDI P Kota Surabaya untuk memberi dukungan dan restu kepada pasangan Erji maju kembali di Pilwali Kota Surabaya, menurut Shobikin, dukungan itu merupakan dukungan pribadi.

“Dukungan itu belum mewakili keputusan DPD PSI Kota Surabaya. Mereka yang sudah melakukan pertemuan bahkan sudah membahas dukungan kepada pasangan Erji untuk maju di Pilwali Kota Surabaya, tidak bisa dikatakan mewakili keputusan DPD PSI Kota Surabaya,” tegas Shobikin.

Bicara tentang Kota Surabaya, Shobikin berpandangan bahwa orang yang tepat sebagaj pemimpin di Kota Pahlawan ini sosoknya haruslah anak muda yang progresif, berjiwa enterprenuer,

Apakah kriteria yang disebutkan Shobikin ini telah ada pada sosok Eri Cahyadi? Shobikin pun menjawab, bahwa Eei Cahyani adalah sosok pemimpin muda dan progresif. Namun, Eri Cahyadi belum memiliki jiwa enterprenuer. (pay)

 

 

 

 

 

 

Related posts

Session Junkies Coffee Bar Kini Hadir Di Surabaya Timur

redaksi

Sembilan Puluh Delapan Penggugat Class Action Dan Simpatisannya Datangi PN Surabaya

redaksi

Hakim Larang Jaksa Menjemput Terdakwa Lenny Silas Jika Belum Dilepas Dokter Spesialis Kanker

redaksi