surabayaupdate.com
HEADLINE INDEKS TNI

1500 Hashers Dan 500 Prajurit Kodam V/Brawijaya Jelajahi Alam Dusun Jeruk, Ledug Kecamatan Prigen Bersama Warga Sekitar

Dr. KPHA Tjandra Sridjaja Pradjonggo, SH., MH (kiri) bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf menyusuri salah satu rute. (FOTO : dokumen pribadi Pendam V/Brawijaya untuk surabayaupdate.com)

KABUPATEN PASURUAN (surabayaupdate) – Untuk menyemarakkan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78, 1500 Hashers dan 500 Prajurit Kodam V/Brawijaya jelajahi alam Dusun Jeruk, Ledug, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Acara yang digagas Kodam V/Brawijaya bekerjasama dengan Hash House Harriers ini selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi prajurit Kodam V/Brawijaya dengan anggota komunitas Hash House Harriers.

Dalam kegiatan lintas alam yang diselenggarakan di Dusun Jeruk, Ledug Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Minggu (20/8/2023) ini, selain diisi dengan olahraga bersama berupa jalan sehat melintasi alam Dusun Jeruk, Ledug Kecamatan Prigen, juga diisi dengan acara hiburan.

Untuk menghibur masyarakat Ledug, Kecamatan Prigen dan para peserta jalan lintas alam, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf menyumbangkan suara emasnya diatas panggung.

Bersama para prajurit Kodam V/Brawijaya dan 1500 komunitas Hash House Harriers, Mayjen TNI Farid Makruf menyanyikan tiga lagu dangdut dan enam lagu Mandarin.

Mayjen TNI Farid Makruf mengatakan, olahraga Hash ini sangat baik untuk kesehatan, sambil berjalan mendaki menikmati pemandangan dan meningkatkan stamina.

“Selain itu, di kegiatan ini, dapat menjalin silaturahmi antara para prajurit Kodam V/Brawijaya dengan anggota komunitas Hash House Harriers dan masyarakat sekitarnya,” ungkap Farid.

Dengan dilaksanakannya acara olahraga hash bersama ini, lanjut Farid, para prajurit TNI Kodam V/Brawijaya kedepannya bisa menjalin persahabatan dengan komunitas Hashers.

Mayjen TNI Farid Makruf pada kesempatan ini juga mengucapkan terimakasih kepada Dr. KPHA Tjandra Sridjaja Pradjonggo, SH., MH selaku pembina komunitas hashers.

“Terimakasih kepada Dr. KPHA Tjandra Sridjaja Pradjonggo, SH., MH yang memberikan kesempatan kepada prajurit Kodam V/Brawijaya sehingga bisa berinteraksi dengan masyarakat,” kata Farid.

Foto bersama Dr. KPHA Tjandra Sridjaja Pradjonggo, SH., (kiri), Irdam V/Brawijaya Brigjen TNI Abdul Rachman (tengah) dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf (kanan) usai melakukan olahraga bersama. (FOTO : dokumen pribadi Pendam V/Brawijaya untuk surabayaupdate.com)

Sementara itu, Dr. KPHA Tjandra Sridjaja Pradjonggo, SH., MH mengatakan bahwa kegiatan olahraga hash bersama komunitas Has House Harriers dan para prajurit TNI Kodam V/Brawijaya bersama masyarakat sekitar ini diharapkan bisa mendukung kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik dengan semangat Sumpah Pemuda.

“Terimakasih kepada Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf dan seluruh anggota TNI Kodam V/Brawijaya yang telah menyempatkan waktunya untuk berolahraga bersama anggota komunitas Hash,” papar Tjandra.

Usai pelaksanaan kegiatan ini, sambung Tjandra, diharapkan akan terjalin tali silaturahmi yang kuat baik antara prajurit dan masyarakat untuk mendukung kehidupan berbangsa dan bernegara jauh lebih baik lagi, dengan di jiwai semangat Sumpah Pemuda satu nusa, satu bangsa, satu bahasa Indonesia.

Tjandra kembali menjelaskan, dikegiatan olahraga lintas alam ini, sangat terlihat antusiasme, khususnya warga sekitar yang ikut ambil bagian.

Para peserta ada yang masih berusia muda hingga tua. Dan diacara ini, ada tiga rute yang disiapkan panitia. Untuk terpendek sepanjang 2 km, rute menengah sepanjang 3 km, dan yang paling panjang 5 km.

“Tiga pilihan rute ini sengaja disediakan panitia sehingga para peserta bisa memilih rute yang diinginkannya dan sesuai kemampuannya,” kata Tjandra Sridjaja.

Bagi para pemula, disarankan untuk memilih rute terpendek, sepanjang 2 km. Untuk peserta yang sudah terbiasa, ada rute panjang yang lebih menantang.

”Pilihan rute ini untuk keselamatan dan kebaikan peserta. Melintasi rute di hutan dengan naik turun bukit yang belum banyak mengalami perubahan, akan menjadi medan baru bagi pemula,” imbuh Tjandra.

Meski awalnya memilih rute terpendek, ada beberapa peserta pemula yang telah menuntaskan perjalanannya kemudian melanjutkan memilih rute menengah. Tidak sedikit diantara para peserta pemula yang kemudian mencoba tantangan, melanjutkan perjalanan ke rute panjang.

Para peserta khususnya anggota Komunitas Hash House Harriers dan para prajurit Kodam V/Brawijaya yang menjadi peserta terlihat sangat menikmati keindahan alam perbukitan dengan latar belakang pegunungan yang sangat memanjakan mata.

Udara yang sangat sejuk juga menjadi faktor terpenting bagi para peserta untuk memotivasi diri menyelesaikan olahraga ini hingga mencapai garis finish. (pay)

Related posts

Dua Karateka Mantan Anggota Perguruan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia Dihadirkan Sebagai Saksi Diperkara Liliana Herawati

redaksi

Kejari Surabaya Sudah Siapkan Seorang Jaksa Untuk Meneliti Berkas Perkara Advokat Yudi Wibowo

redaksi

PT. Indo Tata Graha Membantah Sebagai Developer Syariah Abal-Abal, Sayangkan Mediasi Yang Deadlock Di PN Sidoarjo

redaksi