SURABAYA UPDATE
HEADLINE INDEKS TNI

Dua Ribu Lebih Prajurit Kodam V/Brawijaya Naik Pangkat

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko memberikan ucapan selamat kepada salah satu perwira yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi. (FOTO : pendam/surabayaupdate.com)
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko memberikan ucapan selamat kepada salah satu perwira yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi. (FOTO : pendam/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Untuk lebih meningkatkan semangat prajurit menghadapi tugas-tugas yang semakin menantang, kompleks dan akan meningkatkan eksistensi Kodam V/Brawijaya, Pangdam V/Brawijaya menaikkan pangkat 2393 pasukan TNI AD yang berdinas di Makodam V/Brawijaya.

Begitu menerima laporan tentang adanya nama-nama prajurit yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko memberikan ucapan selamat kepada mereka yang dinaikkan pangkatnya.

Kenaikan pangkat itu dilaksanakan di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, Rabu (1/10). Sebanyak 2393 prajurit TNI AD yang berdinas di Makodam V/Brawijaya tersebut dinaikkan pangkatnya terhitung sejak 1 Oktober 2014.

Prajurit TNI AD yang berdinas di Makodam V/Brawijaya yang dinaikkan pangkatnya itu terdiri dari 90 perwira dengan rincian dari Letkol ke Kolonel 2 orang, Mayor ke Letkol 7 orang, Kapten ke Mayor 13 orang, Letnan Satu ke Kapten 21 orang, Letnan Dua ke Letnan Satu 32 orang dan kenaikan pangkat penghargaan ke Letnan Dua 16 orang. Untuk Bintara dan Tamtama sebanyak 2.302 orang.

Dalam amanatnya, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko berharap supaya kenaikan pangkat ini benar-benar dapat menjadi pendorong semangat untuk menghadapi tugas-tugas yang semakin menantang dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

“Kenaikan pangkat pada hakikatnya merupakan penghargaan yang diberikan negara dan bangsa atas prestasi dan dedikasi seorang prajurit dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan yang diembannya, “ ujar Eko.

Di samping itu, sambung Eko, kenaikan pangkat juga merupakan kehormatan dan kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI yang dikaitkan dengan pembinaan karier prajurit dengan dilandasi pada penilaian objektif dan konsistensi yang dapat dipertanggung-jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Besar.

Namun, orang nomor satu dijajaran Kodam V/Brawijaya ini merasa prihatin karena masih terdapat sejumlah personel yang belum bisa memperoleh kenaikan pangkat dikarenakan belum memenuhi persyaratan.

“Seperti hasil kesegaran jasmani yang belum memenuhi standar kelulusan atau karena catatan personel dan masalah administrasi lainnya. Oleh karena itu para komandan satuan agar lebih meningkatkan program pembinaan fisik dan disiplin di satuan masing-masing. Jadikan masalah ini sebagai pembelajaran bahwa kondisi jasmani dan catatan kepribadian sangat menentukan bagi pengembangan karier dan masa depan prajurit, “ paparnya.

Diakhir pembicaraannya, Mayjen TNI Eko Wiratmoko mengatakan, tuntutan dan tantangan tugas prajurit TNI di masa mendatang khususnya perwira sebagai unsur pimpinan bukanlah semakin ringan. Permasalahan yang dialami oleh prajurit dari waktu ke waktu akan semakin kompleks.

Mencermati hal tersebut, diharapkan para perwira mampu menyikapi secara arif dan bijaksana serta menyiapkan kemampuan diri. Ikuti setiap perkembangan agar para Perwira dapat menganalisa dan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat merugikan pribadi maupun institusi.

Selain itu upacara kenaikan pangkat juga dilaksanakan di masing-masing satuan di luar Kodam V/Brawijaya. Upacara kenaikan pangkat ini juga dilaksanakan Korem 084/Bhaskara Jaya, dipimpin Kasrem 084/BJ Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro. Terhitung 1 Oktober 2014 ini, anggota Korem 084/BJ yang naik pangkat sebanyak 260 orang dari 275 orang diusulkan. (pendam/pay)

 

Related posts