SURABAYA UPDATE
EKONOMI & BISNIS HEADLINE INDEKS

Mola TV Gandeng PT Nonton Olahraga Dunia Pasarkan Hak Siar Liga Inggris Di Wilayah Jawa, Bali, Dan Lombok

Bobby Christoffer, Chief Operating Officer (COO) Mola Live Arena saat memaparkan penayangan Liga Inggris. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – English Premier League (EPL) akan dimulai tanggal 10 Agustus 2019 mendatang. Segala sesuatu termasuk masalah hak siar dan ijin penayangan khususnya untuk wilayah komersial sudah dipersiapkan, termasuk salah satunya dengan menggandeng perusahaan yang akan memasarkan ijin penayangan EPL dan pihak kepolisian.

Tujuan Mola TV menggandeng pihak kepolisian adalah untuk memberikan sanksi pidana kepada pihak-pihak yang dengan sengaja menayangkan, menyiarkan, pertandingan sepakbola Liga Inggris tanpa ijin diarea komersial.

Sebagai perusahaan pemegang lisensi penayangan EPL, Mola TV akhirnya menggandeng PT. Nonton Olahraga Dunia (NOD) untuk ikut memasarkan ijin penayangan sekaligus melakukan pengawasan terhadap daerah-daerah komersial.

Ditemui diacara sosialisasi dan perkenalan Mola TV di Surabaya, Kamis (25/7/2019), Bobby Christoffer, Chief Operating Officer (COO) Mola Live Arena mengatakan, Mola TV secara resmi mengumumkan kerja samanya dengan Matrix dan MIX. Dalam acara perkenalannya di Surabaya ini, Mola TV juga secara resmi mengumumkan ke publik tentang tayangan EPL 2019-2020 dapat ditonton melalui Mola TV.

Lebih lanjut Bobby mengatakan, untuk dapat menikmati tayangan Liga Inggris tersebut di Mola TV, untuk kawasan perumahan dapat diakses dengan bantuan layanan Mola Matrix, sedangkan untuk keperluan komersil bisa menggunakan layanan dari MIX.

“Mix perwakilan Mola TV hadir di Surabaya untuk mensosialisasikan hadirnya Mola TV dengan Premier League-nya. Selain itu, Mix juga mensosialisasikan Mola Live Arena di Jawa Timur,” ujar Bobby.

Dalam hal pembelian ijin penayangan Liga Inggris atau ijin siar untuk wilayah Jawa, Bali dan Lombok, lanjut Bobby, Mola TV sudah menunjuk PT. NOD, sebuah perusahaan yang selama ini sangat berpengalaman dalam bidang penayangan konten siaran olahraga, termasuk penayangan pertandingan sepakbola.

Di acara sosialisasi dan pengumuman Liga Inggris ini, Mola TV mengundang sejumlah perusahaan penyedia jasa TV berbayar atau dikenal dengan istilah LO, perusahaan-perusahaan yang masuk dalam area komersial seperti cafe, hotel, restauran dan apartemen.

Bobby Christoffer (DUA DARI KANAN) foto bersama Aries Tohir CEO PT NOD, AKBP Gusti Ngurah Astawa, Kanit IV Subdit IV Direktorat Tipiter Bareskrim Mabes Polri. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Kepada seluruh undangan yang hadir diacara sosialisasi ini, Bobby Christoffer mewakili MIX dan Mola TV menghimbau kepada perusahaan yang bergerak dibidang cafe, restauran, tempat karaoke, hotel dan apartemen yang ingin menayangkan pertandingan Liga Inggris yang dimulai 10 Agustus 2019 hingga Mei 2020 mendatang, untuk segera membeli hak siar penayangan pertandingan Liga Inggris.

“Jika berminat mendapatkan hak penayangan Liga Inggris, bisa melakukan registrasi melalui website molalivearena.com. di website ini, kita juga dapat melihat daftar tempat usaha yang masuk dalam kriteria area komersial yang sudah mendaftarkan diri membeli hak siar Liga Inggris dan siapa yang belum,” ungkap Bobby.

Apabila kedepannya, sambung Bobby, ada tempat-tempat yang masuk dalam kriteria area komersial yang dengan sengaja atau tanpa ijin menayangkan pertandingan Liga Inggris dan belum terdaftar di molalivearena.com, maka tempat usaha yang masuk dalam kriteria area komersial itu akan berhadapan dengan sanksi pidana.

Bagi yang sudah mendaftar, Bobby Christoffer mengatakan, akan mendapat semacam sertifikat dan disertifikat itu ada semacam barcode yang bisa ditempelkan sehingga ada tim dari Mola Live Arena maupun PT. Nonton Olahraga Dunia melakukan sweeping, area komersial yang sudah terdaftar itu tidak terkena sanksi pidana.

“Oleh karena itu, kami menghimbau kepada tempat-tempat usaha yang masuk dalam kategori area komersia untuk segera melakukan pendaftaran, baik melalui mola live arena maupun melalui regional agen yang ditunjuk Mola. Kalau tidak, maka kami akan melakukan tindakan hukum jika terbukti menyiarkan pertandingan sepakbola Liga Inggris secara ilegal,” tandas Bobby.

Masih menurut Bobby, ada banyak benefit yang didapat jika mendaftarkan baik melalui Mola Live Arena maupun \regional agen yang ditunjuk secara resmi Mola TV. Benefit yang diperoleh adalah selain dapat menyaksikan pertandingan sepakbola Liga Inggris, akan mendapat alat untuk menerima siaran pertandingan sepakbola tersebut, juga mendapat ijin untuk melaksanakan acara dengan menggunakan konten premier league lokasi-lokasi area komersial.

Pertandingan Liga Inggris sendiri dapat diakses dengan beberapa cara. Untuk penggunaan pribadi atau diarea rumahan, bisa melihat di TVRI, Mola.TV (website) dan aplikasinya, Mola Polytron Streaming Box, Mola Polytron TV Digital maupun Mola Matrix bersifat komersial atau dengan cara membeli.

Khusus untuk Mola Polytron TV Digital, akan mendapatkan 10 siaran pertandingan Liga Inggris. Dari jumlah itu, enam pertandingan Liga Inggris disiarkan live, empat lainnya video demand. Artinya, tidak semua disiarkan secara live. Setiap minggunya akan ada 10 pertandingan.

Mola Matrix merupakan layanan baru yang dibentuk Mola TV dan operator parabola Matrix TV, untuk menghadirkan kanal Mola TV ke pengguna parabola. Tujuan Mola TV menggandeng kerja sama dengan dua partner resminya dalam penayangan EPL di Indonesia adalah memberikan kenyamanan bagi individu atau komunitas pecinta bola dalam menyaksikan pertandingan EPL di tempat-tempat favorit, baik bersama keluarga atau teman-teman.

Hari Julianto Gunarso selaku CEO Matrix TV menyatakan, untuk daerah perumahan, Matrix TV memanfaatkan jaringan MATRIX yang saat ini sudah mencapai seluruh daerah di Indonesia.  Dengan daya cakup yang luas, Matrix berharap agar layanan Mola Matrix dapat menjadi konten yang berkualitas, berguna dan menghibur bagi masyarakat Indonesia. (pay)

 

Related posts