SURABAYA UPDATE
EKONOMI & BISNIS HEADLINE INDEKS

Daihatsu Copen, Pendatang Baru Yang Siap Menjadi Idola Di Dunia Otomotif Indonesia

Daihatsu Copen, sebuah mobil CBU yang diperkenalkan di ajang GIIAS 2015 di Surabaya. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)
Daihatsu Copen, sebuah mobil CBU yang diperkenalkan di ajang GIIAS 2015 di Surabaya. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 adalah ajang pameran otomotif yang benar-benar dimanfaatkan Daihatsu untuk memperkenalkan produk-produk unggulannya.

Salah satu produk unggulan Daihatsu dikelas Completely Build Up (CBU) yang dihadirkan di GIIAS 2015 ini adalah Daihatsu Copen, sebuah mobil kecil tapi canggih dengan harga yang cukup terjangkau untuk sebuah mobil CBU.

Kelesuan pasar akan penjualan otomotif di Indonesia ini tidak membuat PT Astra Daihatsu Motor takut untuk tetap memperkenalkan produk-produk terbarunya. Hal ini dibuktikan dengan dihadirkannya Daihatsu Copen di ajang GIIAS 2015 yang berlangsung sejak tanggal 9-13 Desember 2015.

Arief Budianto, Kacab PT. Astra Daihatsu Motor mengatakan, Copen dilaunching di Indonesia pada September 2015. Sejak diperkenalkan dan dijual ke publik, Copen sudah terjual hingga 13 unit untuk skala nasional. Di Surabaya, penjualan Copen masih belum ada.

“Copen yang kami hadirkan di GIIAS ini benar-benar CBU Jepang. Dipasar Jepang, mobil berkapasitas 2 tempat duduk ini ada 2 tipe, manual dan matic. Khusus untuk yang di Indonesia, Copen yang dijual ke masyarakat ini hanya tipe manual saja, “ ujar Arief.

Sejak ditampilkan di ajang GIIAS 2 tahun yang lalu di Jakarta, lanjut Arief, banyak masyarakat yang berminat untuk membelinya. Mereka kemudian menanyakan, kapan Copen mulai dijual di Indonesia.

“Tingginya minat konsumen untuk membeli Copen itulah yang membuat PT. Astra Daihatsu Motor untuk mengimpor mobil berkapasitas 660 cc bermesin turbo ini. Meski yang tersedia baru tipe manual transmision, Copen dijual dengan harga Rp. 423,5 juta, “ ungkap Arief.

Meski sebagai pendatang baru didunia otomotif Indonesia, PT. Astra Daihatsu Motor optimis, kedepannya Copen akan menjadi idola baru. PT. Astra Daihatsu Motor ingin menunjukkan ke publik, bahwa Daihatsu punya mobil kelas atas berteknologi tinggi, bukan sebagai follow market.

“Untuk saat ini, warna yang tersedia adalah merah, kuning, silver dan putih. Indonesia, penjualan Copen hanya ada di Jakarta dan Surabaya. Untuk mendapatkannya pun harus inden terlebih dahulu, “ kata Arief.

Masih menurut Arief, syarat lain yang harus dipenuhi konsumen untuk mendapatkan mobil stylish ini adalah dengan membayarkan DP sebesar Rp. 50 juta dan tidak boleh batal. Setelah itu, baru akan dilakukan confirm order.

“Sejak pembayaran DP dilakukan, konsumen harus sabar menunggu hingga 6 bulan, karena terhitung sejak DP dibayarkan, baru dilakukan pemesanan ke Jepang. Baru setelah itu, mobil akan didatangkan ke Indonesi , “ paparnya.

Diakhir penjelasannya, Arief mengatakan bahwa, tidak ada perbedaan harga untuk warna-warna yang tersedia. Artinya, dari empat warna yang ada, harga satu unit Copen sama. Di tahun 2016, Daihatsu masih belum memikirkan untuk memberikan target di bidang penjualannya.

Yang masih diterapkan Daihatsu untuk mobil ini di Indonesia adalah, terus memperkenalkan Copen kepada seluruh masyarakat Indonesia sehingga mobil ini bisa menjadi idola baru untuk dunia otomotif Indonesia. (pay)

Related posts