SURABAYA UPDATE
HEADLINE INDEKS POLITIK & PEMERINTAHAN

POLDA JATIM KAWAL KETAT KOTAK SUARA HINGGA KE TINGKAT PROPINSI

Kotak Suara (FOTO : ilustrasi/solopos.com)
Kotak Suara (FOTO : ilustrasi/solopos.com)

SURABAYA (SurabayaUpdate) – Dengan selesainya proses rekapitulasi suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli lalu dari tingkat PPS, PPK hingga di Kotamadya/Kabupaten, proses pengiriman kota suara dari Kabupaten hingga Kotamadya akan dikawal ketat hingga ke propinsi.

Pengawalan ketat itu akan dilakukan personil dari Polda Jatim yang bersenjata laras panjang. Proses pengawalan ketat dari personil Polda Jatim itu diungkapkan Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, Kombes Pol Verdianto Iskandar Betticaca.

Lebih lanjut Kombes Pol Verdianto Iskandar Betticaca menjelaskan, untuk melakukan pemindahan kotak suara dari Kabupaten dan Kotamadya tersebut akan dilakukan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim dengan melibatkan unsur dari Direktorat Sabhara (Dit Sabhara) dan anggota reskrim berpakaian preman.

“Seluruh kota suara yang sudah dikumpulkan dari masing-masing Kabupaten dan Kotamadya tersebut akan dipindahkan ke KPU Jawa Timur. Untuk menjaga keamanan dan pengiriman tepat waktu ke KPU Jawa Timur itu, akan dilakukan pengawalan secara ketat, “ ungkap Verdianto.

Mantan Karoops Polda Sulawesi Tengah ini menambahkan, supaya proses pergeseran kotak suara dari Kabupaten hingga Kotamadya di seluruh wilayah Jawa Timur itu dapat berjalan dengan lancer, Polda Jatim akan memberikan perhatian khusus di wilayah-wilayah rawan kemacetan yang ada di seluruh Jawa Timur.

”Demi kelancaran pengiriman kotak suara dari wilayah Kabupaten dan Kotamadya di Jawa Timur, beberapa tempat yang selama ini rawan terjadi kemacetan, akan ditempatkan petugas khusus, “ ujar Verdianto.

Para petugas ini, sambung Verdianto, akan melakukan pagar betis supaya pengiriman kotak suara dari daerah-daerah di Jawa Timur ke KPU Jawa Timur tersebut tidak terkendala dan dapat terkirim secara tepat waktu.

Masih menurut Verdianto, untuk mendukung kelancaran proses pengiriman kotak suara tersebut hingga ke KPU Jawa Timur, sudah dilakukan koordinasi dengan jajaran polres setempat, khususnya di jalur-jalur yang nantinya akan dilewati kotak suara hingga ke KPU Jawa Timur. (pay)

Related posts