SURABAYA UPDATE
EKONOMI & BISNIS HEADLINE INDEKS

Qantas Airlines Limited Duduki Peringkat Pertama Sebagai Penerbangan Paling Aman Di Dunia

gambar ilustrasi : Pesawat Qantas Airlines Limited. (FOTO : istimewa)

JAKARTA (surabayaupdate) – Ketika Indonesia sedang berduka karena salah satu pesawatnya mengalami kecelakaan, Qantas Airlines Limited malah menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan penerbangan paling aman didunia.

Banyak hal yang membuat perusahaan penerbangan nasional Australia ini mengalahkan 385 perusahaan penerbangan didunia.

Sebagaimana dilansir Kontan.co.id, Qantas dinobatkan sebagai maskapai teraman didunia berdasarkan rilis yang dikeluarkan AirlineRatings.com.

AirlineRatings.com merilis 20 maskapai teraman di dunia yang dipantau dari 385 maskapai berbeda. Maskapai penerbangan Australia Qantas, singkatan dari “Queensland and Northern Territory Aerial Services” ini dinobatkan sebagai maskapai teraman di dunia tiga tahun berturut-turut dan saat ini adalah tahun ketiga Qantas.

Bukan hanya itu. Qantas Airlines Limited juga menjadi satu-satunya maskapai penerbangan yang akan diterbangkan karakter Dustin Hoffman dalam film Rain Man tahun 1988 karena tidak pernah jatuh.

Maskapai ini memang pernah mengalami kecelakaan fatal sebelum tahun 1952, tetapi tidak ada korban jiwa selama 70 tahun sejak saat itu.

“Qantas telah menjadi maskapai penerbangan yang sangat memperhatikan operasional keselamatan utama selama 60 tahun terakhir dan tidak mengalami hal yang menyebabkan kematian,” ujar Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas.

Qantas tidak sendirian. Maskapai yang sudah lama berdiri seperti Hawaiian dan Finnar, juga memiliki rekor sempurna pada era pesawat jet.

Thomas mengatakan, maskapai yang mengalami insiden setiap hari diakibatkan bukan karena masalah operasional maskapai, melainkan dari masalah pembuatan pesawat atau mesin pesawat.

Cara awak pesawat menangani insidenlah yang menjadi penilai mereka dalam menentukan pesawat mana yang paling baik dari yang tidak aman.

Ingin tau 20 maskapai di dunia yang dinobatkan sebagai perusahaan penerbangan paling aman versi AirlineRatings.com?

1. Qantas

2. Qatar Airways

3. Air New Zealand

4. Singapore Airlines

5. Emirates

6. EVA Air

7. Etihad Airways

8. Alaska Airlines

9. Cathay Pacific Airways

10. British Airways

11. Virgin Australia/ Virgin Atlantic

12. Hawaiian Airlines

13. Southwest Airlines

14. Delta Air Lines

15. American Airlines

16. SAS

17. Finnair

18. Lufthansa

19. KLM

20. United Airlines

Related posts