Salah Satu Top Ten Chef Indonesia Siap Sajikan Masakan Berkelas Di Malam Tahun Baru Hotel Majapahit

Chef Pramu Wibawanto sedang melakukan demo memasak Fish partner di kitchen Majapahit Hotel. ( FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Chef Pramu Wibawanto sedang melakukan demo memasak Fish partner di kitchen Majapahit Hotel. ( FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Dengan pengalaman yang dimilikinya, seorang chef profesional Indonesia yang sekarang bergabung dengan Majapahit Hotel, siap sajikan masakan-masakan berkelas bagi tamu-tamu hotel Majapahit di perayaan malam tahun baru 2015.

Salah satu masakan yang akan disajikan kepada para tamu-tamu hotel dijamuan makan malam menjelang malam tahun baru itu adalah fish partner, sebuah masakan yang basic-nya berbahan ikan, daging dan ayam.

Masakan yang disajikan dengan saos ini, dimasak oleh Pramu Wibawanto, seorang chef profesional yang masuk dalam sepuluh chef terbaik Indonesia versi kompetisi chef Indonesia yang diselenggarakan salah satu station tv nasional.

Apa saja yang akan disajikan Chef Pramu Wibawanto dalam acara diner menyambut datangnya tahun baru 2016 di Hotel Majapahit ini? Setidaknya ada 65 masakan berkelas yang disajikan.

“Seluruh masakan yang kami tampilkan tersebut mengangkat tema klasik yang mengedepankan saos untuk menambah cita rasa masakan. Seluruh bahan yang digunakan pada 65 menu itu sangat mudah didapat, “ ungkap Chef Pramu.

Dibantu asistennya, Chef Pramu Wibawanto sedang memasak Fishpartner, salah satu kuliner yang akan disajikan di malam tahun baru. ( FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Dibantu asistennya, Chef Pramu Wibawanto sedang memasak Fishpartner, salah satu kuliner yang akan disajikan di malam tahun baru. ( FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Walaupun masakan-masakan itu adalah masakan klasik atau tempo dulu, masakan tersebut dijamin kenikmatannya karena diolah oleh tim juru masak Majapahit Hotel yang sudah mempunyai jam terbang tinggi dan berpengalaman dalam hal mengolah masakan.

“Kami sengaja menampilkan masakan-masakan yang dipadukan dengan saos karena pada dasarnya masakan itu akan terasa istimewa jika menggunakan saos. Masakan Italia yang terkenal dengan pastanya sebenarnya terasa enak bukan karena pastanya, namun karena saos yang ikut disajikan pada masakan tersebut, “ papar Chef Pramu.

Sebagai seorang chef, Pramu Wibawanto tidak bisa dianggap remeh dalam hal mengolah masakan. Bapak dua anak asal Tulungagung ini, sudah 20 tahun menggeluti karir sebagai chef profesional.

Karir pertamanya sebagai seorang chef diawali tahun 1995. Waktu itu, ia bergabung dengan Sheraton Surabaya Hotel. Tak lama kemudian, ia pun pindah ke Ritz Carlton Bali. Selama 4 tahun berkarir sebagai chef, Pramu Wibawanto lebih banyak mengolah masakan Indonesia atau Indonesian Fusion Food.

Tahun 2002, Chef Pramu pindah ke Ritz Charlton Doha di Qatar. Selama 3 tahun sebagai seorang chef, Pramu inses di France Fusion Food. Yang membuat Chef Pramu berkesan sebagai seorang chef di Ritz Charlton Doha adalah adanya penghargaan yang diberikan Syeikh Albani. Penghargaan itu diberikan dalam bentuk sertifikat.

Chef Pramu Wibawanto mendapatkan sertifikat itu karena ia terpilih masuk menjadi tim juru masak yang dibentuk Syeikh Albani untuk mempersiapkan masakan-masakan spesial karena waktu itu, Syeikh Albani mengundang Presiden George Bush dalam sebuah jamuan makan malam.

Inilah Fishpartner, salah satu menu andalan Chef Pramu yang akan disajikan ke para tamu Majapahit Hotel di perayaan malam tahun baru. ( FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Inilah Fishpartner, salah satu menu andalan Chef Pramu yang akan disajikan ke para tamu Majapahit Hotel di perayaan malam tahun baru. ( FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Tahun 2003, Chef Pramu balik ke Indonesia dan bekerja di Conrad Bali. Disana ia menjadi chef selama 1 tahun. Akhir 2004, Chef Pramu kemudian pindah ke Ritz Charlton Jakarta di Kuningan. Setelah itu pindah lagi ke Aston Bandung selama 2 tahun. Setelah dari Aston Bandung, Chef Pramu kemudian kembali lagi ke luar negeri.

Kali ini, ia bergabung dengan Burj Al Arab di Dubai. Selama 2 tahun berkarir sebagai seorang chef profesional di Burj Al Arab di Dubai, ada sebuah kenangan yang tak pernah ia lupakan.

Waktu itu, Chef Pramu mendapat permintaan dari pihak manajemen untuk membuat masakan yang unik dan belum pernah dirasakan para tamu-tamu hotel. Karena Chef Pramu berasal dari Indonesia, pihak manajemen memintanya untuk membuat masakan yang bercita rasa Indonesia.

Atas desakan itu maka terciptalah Soup Iga Conro, sebuah masakan yang diilhami dari kuliner tradisional masyarakat Makasar. Atas keahliannya membuat saos, Soup Iga Conro ini kemudian dipadukan dengan saos, yang ia modifikasi dengan menggunakan bumbu rempah-rempah salah satunya adalah kluwek.

Tidak disangka, masakan ini mendapat perhatian khusus tamu-tamu hotel Burj Al Arab Dubai. Banyak sekali para tamu-tamu hotel yang mengatakan bahwa kuliner ini enak dan unik dalam hal rasa. Meskipun dipadukan dengan rempah-rempah khususnya kluwek, Soup Iga Conro sangat berbeda dengan masakan-masakan setempat yang masih dipengaruhi masakan-masakan asal India. (pay)