SURABAYA UPDATE
HEADLINE INDEKS TNI

Danrem 081/Dhirotsaha Jaya Buka Kegiatan BINSIAP APWIL DAN PUANTER

Komandan Korem 081/DSJ, Kolonel Czi M. Reza Utama membuka pelaksanaan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Korem 081/DSJ. (Penrem/surabayaupdate.com)
Komandan Korem 081/DSJ, Kolonel Czi M. Reza Utama membuka pelaksanaan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Korem 081/DSJ. (Penrem/surabayaupdate.com)

MADIUN (SurabayaUpdate) – Untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja, sekaligus menjadi landasan dalam menetapkan tujuan bersama dalam mencapai sasaran bagi terwujudnya ruang, alat dan kondisi juang serta kemanunggalan TNI-Rakyat yang tangguh dalam rangka mendukung pertahanan negara aspek darat, Komando Resort Militer (Korem) 081/Dhirotsaha Jaya mengadakan kegiatan dibidang territorial, peningkatan komunikasi bagi prajurit TNI-AD.

Kegiatan yang dinamai Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (BINSIAP APWIL DAN PUANTER) Korem 081/Dirotsaha Jaya Triwulan III TA. 2014 ini digelar Senin (25/8) di aula Makorem 081/DSJ Jalan Pahlawan Kota Madiun dan dibuka Komandan Korem 081/DSJ, Kolonel Czi M. Reza Utama.

Dalam sambutannya, Danrem 081/DSJ, Kolonel Czi M. Reza Utama mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi program kerja bidang teritorial pada Triwulan III TA. 2014 yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komunikasi sosial serta BINSIAP APWIL dalam melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui pembinaan territorial.

“ Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan prajurit Korem 081/DSJ agar selalu memahami dan menghargai adat istiadat, kebiasaan dan keharusan yang berlaku di masyarakat dalam melaksanakan pembinaan teritorial diwilayahnya, “ ujar Reza.

Untuk mendukung dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, lanjut Reza, maka setiap prajurit Satkowil harus memiliki kemampuan memecahkan masalah, memiliki kemampuan mengayomi, memiliki kemampuan berkomunikasi, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, serta senantiasa menjadi panutan dan suri tauladan.

Pada kegiatan ini, selain Danrem 081/DSJ, juga diisi materi lain yang disampaikan Pasi Wanwil Siter Rem 081/DSJ, Mayor Inf Misirin. Materi yang disampaikan di depan peserta adalah tentang kemampuan Binter antara lain Sikap Ter, Lima kemampuan Ter, Metode Binter, Sisrendal Binter tingkat Kodim & Korem, serta ketatalaksanaan Binter tingkat Koramil. Khusus materi tentang empat pilar kebangsaan disampaikan Mayor Kav Suwarno selaku Pasi Bhakti TNI Siter Rem 081/DSJ.

Membahas masalah empat pilar kebangsaan, Mayor Kav Suwarno, dalam materinya mengupas tentang Pancasila sebagai dasar negara harus ditanamkan dalam jiwa generasi muda terutama prajurit dan PNS jajaran Korem 081/DSJ.

Suwarno menilai, kondisi sekarang ini banyak tawuran, dan premanisme. Kondisi yang memprihatinkan ini mendorong Staf Teritorial Rem 081/DSJ untuk melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang mencakup Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI yang merupakan nilai-nilai kebangsaan yang mampu menjaga integritas bangsa sehingga diharapkan dapat menumbuhkan nasionalisme demi terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. (LS/pay)

Related posts