SURABAYA UPDATE
HEADLINE INDEKS TNI

Para Pejabat dan Prajurit Kodam V/Brawijaya Sambut Kedatangan Brigjen TNI Kustanto Widiatmoko

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko memasangkan badge Kodam V/Brawijaya di seragam dinas yang dikenakan Brigadir Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.DA, pada upacara penyambutan yang dilaksanakan di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya. (FOTO : pendam V/Brawijaya untuk surabayaupdate.com)
Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Eko Wiratmoko memasangkan badge Kodam V/Brawijaya di seragam dinas yang dikenakan Brigadir Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.DA, pada upacara penyambutan yang dilaksanakan di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya. (FOTO : pendam V/Brawijaya untuk surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Setelah resmi menggantikan Brigjen TNI Asma’i sebagai Kasdam V/Brawijaya, Pangdam V/Brawijaya beserta seluruh para pejabat dan prajurit TNI yang berdinas di Makodam V/Brawijaya, menggelar upacara penyambutan Brigjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.DA.

Upacara penyambutan pengganti Brigjen TNI Asma’i yang naik pangkat menjadi Mayjen TNI dan mengemban tugas sebagai Koordinator Staf Ahli Kasad ini dilaksanakan di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, Senin (3/11).

Pada upacara penyambutan tersebut, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko mengatakan, sebagai Pangdam V/Brawijaya dan atas nama seluruh warga Kodam V/Brawijaya mengucapkan selamat datang dan selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan untuk mengemban tugas baru sebagai Kasdam V/Brawijaya.

“Mulai hari ini, secara resmi Brigadir Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.DA telah menjadi bagian dari Keluarga Besar Kodam V/Brawijaya. Penting untuk dipahami bersama, tradisi penyambutan ini bermaksud untuk terus menyegarkan pemahaman kita tentang hakekat dan makna pengabdian bagi setiap prajurit Brawijaya, “ ujar Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, nama Brawijaya diambil dari masa kerajaan Majapahit yang telah berhasil mempersatukan wilayah nusantara dan menjadikan Majapahit sebagai kerajaan yang sangat disegani waktu itu.

“Awalan Bra atau Bhre pada Brawijaya, mengandung arti Agung, suatu gelar kehormatan yang diberikan kepada seorang pemuda ksatria, pendiri kerajaan Majapahit yang bernama Wijaya. Inilah identitas prajurit Brawijaya, digambarkan sebagai sosok prajurit dengan sikap dan cara bertindaknya dilandasi nilai-nilai kejuangan, kepahlawanan dan keprajuritan dari raja Brawijaya yang luhur, patriotik serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, “ ungkap Eko.

Kepribadian yang diwarisi dari semangat Brawijaya itu, sambung Eko, mendorong dan menjadi inspirasi bagi setiap prajurit Kodam V/Brawijaya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi kepentingan rakyat.

Masih menurut Eko, dengan dilandasi rasa tanggung jawab dan kerelaan untuk berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, serta keyakinan yang kokoh atas keagungan dan kebesaran Tuhan YME, sebagaimana yang tercermin dalam kepribadian raja Brawijaya, maka Kodam V/Brawijaya memiliki sesanti dan semboyan “Bhirawa Anoraga” yang artinya gagah perkasa tetapi rendah hati.

Diakhir amanatnya Jenderal Bintang Dua ini berharap, makna dan isi dari sesanti inilah yang harus diamalkan seluruh prajurit Kodam V/Brawijaya dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sehari-hari. (pendam/pay)

Related posts