SURABAYA UPDATE
HEADLINE INDEKS PENDIDIKAN & KESEHATAN

Sebanyak 44 Stand UKM Pamer Kreativitas Untuk Menarik Hati Mahasiswa Baru Unair

UKM Pramuka yang ikut ambil bagian dalam rangka Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB) Unair yang berlangsung mulai tanggal 26-28 Oktober 2014.
UKM Pramuka yang ikut ambil bagian dalam rangka Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB) Unair yang berlangsung mulai tanggal 26-28 Oktober 2014.

SURABAYA (SurabayaUpdate) – Untuk menarik hati 7005 mahasiswa baru, 44 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga Surabaya (Unair) memamerkan kreativitasnya di Airlangga Convention Centre (ACC).

Display 44 stand UKM itu mulai 26-28 Oktober 2014. Acara ini diselenggarakan dalam rangka Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB) Unair dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 7.005 mahasiswa.

Dari 44 stand yang memamerkan kreativitasnya tersebut, 34 stand milik UKM, 8 stand perbankan, 1 stand milik radio Unair dan 1 stand lagi milik tim khusus program kreativitas mahasiswa dan mahasiswa berprestasi.

Kemudian, 8 stand milik perbankan yang ikut ambil bagian dalam acara ini meliputi standy milik BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, Permata Bank, Bank Jatim, dan Bank Indonesia. Seluruh stand yang berjumlah 44 itu berjajar rapi dan memenuhi ACC.

Yang membuat acara ini menjadi sedikit istimewa adalah dengan ikut terdisplay-nya stand milik UKM Panahan, yang sebelumnya sempat vakum. Saat ini, UKM Panahan Unair diketuai Raha Hamzah, mahasiswa FISIP Unair angkatan 2012.

Melia Nur Farida, sekretaris UKM Panahan mengatakan, Banyaknya raihan medali, dan keinginan untuk memberikan ruang alternatif bagi mahasiswa UNAIR yang menyukai olahraga berbusur membuat organisasi ini kembali dihidupkan.

“Walaupun baru disahkan kembali Desember 2013 lalu, UKM Panahan telah mengantongi banyak medali emas, perak, dan perunggu pada perlombaan di tingkat daerah maupun nasional. Pencapaian tersebut di antaranya berupa medali perak dan perunggu di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2013, medali emas dan perunggu di POM Daerah 2013, medali emas di SEA Games 2013, medali perunggu pada Invitasi Kejurnas Panahan antar mahasiswa di Yogyakarta 2012, dan medali emas pada PON Riau 2012, “ ungkap Melia.

Bagi pemula yang baru mengenal olahraga ini, lanjut Melia, akan dimulai dengan pengenalan alat busur. UKM Panahan tidak mewajibkan mahasiswa yang bergabung dengan UKM ini untuk punya alat panah. UKM Panahan mengadakan latihan rutin seminggu sekali di lapangan KONI Surabaya. Bagi mereka yang tertarik lebih lanjut, baru diadakan pembinaan.

Selain UKM Panahan, salah satu UKM yang juga baru disahkan setahun yang lalu adalah Airlangga Chamber Orchestra (ACO). UKM ACO ini beranggotakan dua puluh pemain aktif. Kalau total anggota keseluruhan yang juga masih binaan itu berjumlah empat puluh orang.

Danastri, pemain biola ACO mengatakan, ACO memiliki dua divisi. Pertama divisi manajemen event, dan kedua divisi musik. Selama setahun ini, ACO berkembang lebih terorganisir. “Manajemennya lebih baik. Pemainnya lebih berkualitas karena ada pelatihan dan diwajibkan untuk ikutan les,” tutur pemain biola sejak tahun 2012 ini.

Masih menurut Dinastri, walaupun baru resmi berjalan dua tahun, ACO diminta untuk tampil pada acara-acara tetap di Unair seperti acara wisuda, dan pengukuhan mahasiswa baru. ACO juga pernah diundang diacara yang diselenggarakan di luar kampus. (pay)

 

Related posts