Bangunan Baru Perluasan Pakuwon Trade Centre Dan Supermall Pakuwon Indah Roboh

06-oktober-2016-pool-deck-ambruk

Inilah pool deck yang terletak di roof top milik Pakuwon yang ambruk. Penyebabnya masih dalam penyelidikan. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Sebuah bangunan yang terletak di lantai 12 proyek pembagunan perluasan Pakuwon Trade Centre dan Supermall Pakuwon Indah roboh, Kamis (6/10) sekitar pukul 07.50 Wib.

Meski dikabarkan tidak ada korban, baik korban luka-luka maupun korban jiwa dari kejadian ini, namun sejumlah petugas keamanan mall yang berjaga-jaga disekitar area pembangunan bertindak berlebihan kepada sejumlah wartawan yang akan melakukan tugas peliputan.

Begitu mengetahui ada beberapa awak media yang melakukan pengambilan gambar dari sisi jalan, salah satu petugas keamanan proyek langsung melarang dan berusaha menghalang-halangi tugas jurnalistik wartawan. Meski tidak sampai terjadi bentrok fisik, namun pihak keamanan tetap berusaha keras untuk melarang wartawan mengambil gambar lokasi terjadinya insiden kecelakaan kerja ini.

Menanggapi insiden kecelakaan kerja ini, Sutandi Poernomosidi, Commercial Director Pakuwon Jati, Tbk mengatakan insiden ini masih dalam penelitian PT. Pembangunan Perumahan (PP) selaku main contractor atau yang mengerjakan proyek ini.

Sutandi Poernomosidi, Commercial Director PT. Pakuwon Jati, Tbk. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

Sutandi Poernomosidi, Commercial Director PT. Pakuwon Jati, Tbk. (FOTO : parlin/surabayaupdate.com)

“Kami masih mencari penyebab robohnya bangunan tersebut. Informasi yang kami terima dari pihak kontraktor, bangunan yang roboh itu adalah pool deck seluas 2,5 meter x 8 meter. Hal ini terjadi karena adanya slep beton dari cantilever atau kanopi beton pool deck itu ambruk, “ ungkap Sutandi.

Apakah insiden ini, lanjut Sutandi, karena ada faktor kelalaian atau faktor lain, masih dalam penyelidikan pihak yang mengerjakan proyek. Setelah puing-puing pool deck yang berserakan dibersihkan, tahap pembangunan selanjutkan tetap dilaksanakan.

“Pembangunan tetap kami laksanakan. Meski terjadi insiden namun hal itu tidak memperlambat atau menghambat proses pembangunan. Sekedar diketahui, bahwa yang sedang dikerjakan ini adalah perluasan kompleks mall Supermal Pakuwon Indah (SPI) dan Pakuwon Trade Center (PTC), “ ujar Sutandi.

Ketika pool deck yang terletak di roof top Mall ini ambruk, sambung Sutandi, tidak ada pekerja proyek berada di bawahnya. Pool Deck inilah yang sedang dilakukan pengecoran cantiveler berbentuk kanopi beton. Mengapa bisa ambruk ? Kemungkinan besar pengecorannya belum kering benar.

Sutandi juga tidak sependapat jika ambruknya pool deck ini karena kesalahan konstruksi. Sebagai perusahaan konstruksi, PP sudah melakukan penghitungan yang sangat cermat. Dan yang ambruk ini hanyalah bagian kecil dari total bangunan yang dikerjakan, dimana bangunan tersebut luasnya 1 juta meter persegi. (pay)