KOMISI B TINJAU TERMINAL BUNGURASIH MENJELANG LIBUR IDUL FITRI

Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Rusli Yusuf.

Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Rusli Yusuf.

SURABAYA (SurabayaUpdate) – Menjelang libur Lebaran yang kurang tiga hari lagi, anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya melakukan pengecekan ke terminal Bungurasih, Jumat (25/7). Dalam sidaknya,seluruh anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya melakukan pengecekan seluruh fasilitas yang ada di terminal Bungurasih.

Setelah berjalan-jalan mengitari seluruh sudut terminal Bungurasih, para anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya mengaku puas melihat fasilitas yang ada di terminal Bungurasih. Bahkan, dengan sarana dan prasarana yang ada di terminal Bungurasih tersebut,akan mampu melayani para pemudik di libur Lebaran.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Rusli Yusuf. Meski mendapat penilaian yang bagus dari Komisi B, Rusli Yusuf tetap menghimbau kepada pengelola terminal untuk dapat melayani masyarakat yang akan mudik melalui terminal Bungurasih dengan baik.

“Secara garis besar, kami menilai seluruh sarana dan prasarana yang ada di Terminal Bungurasih ini bagus meski ada satu fasilitas yang hingga kini masih belum rampung pengerjaannya. Fasilitas terminal yang belum rampung itu adalah ruang tunggun terminal, “ ujar Rusli.

Akibat belum rampungnya ruang tunggu di terminal Bungurasih tersebut, sambung Rusli, para penumpang harus berputar melewati jalur keberangkatan bus, supaya bisa masuk ke ruang tunggu tersebut.

“Sebenarnya, penumpang yang harus berputar melewati jalur keberangkatan bus kota itu sangat berbahaya. Untuk itu, kepada pengelola terminal Bungurasih diminta untuk segera menyelesaikan pembangunan ruang tunggu di terminal Bungurasih, sebelum hari Raya Idul Fitri tiba, sehingga fasilitas ruang tunggu itu bisa dipergunakan para pemudik, “ ungkap Rusli.

Masih menurut Rusli, tahun ini, puncak arus mudik Lebaran yang menggunakan bus di Terminal Bungurasih diperkirakan terjadi H-2. Pada hari itu, diperkirakan jumlah pengunjung terminal akan meningkat 2 hingga 3 kali lipat dari biasanya.

Untuk itu, dihimbau kepada para penumpang yang akan mudik via terminal Bungurasih untuk tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu peringatan yang ada di terminal Bungurasih. Kepada para petugas terminal, diminta untuk tetap mengawasi para penumpang, khususnya para penumpang yang berdiri di jalur-jalur keberangkatan bus.

Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan seperti adanya penumpang yang tertabrak bus karena tidak mengetahui ada bus yang sudah jalan. Selain itu, dengan bergerombolnya calon penumpang di jalur-jalur keberangkatan, akan mengganggu perjalanan bus yang hendak keluar dari terminal. (pay)