Risma Mulai Di Puji Anggota Dewan

Tidak ada komentar 474 views
Walikota Surabaya Tri Rismaharini

Walikota Surabaya Tri Rismaharini (foto: ist)

SURABAYA (surabayaupdate) – Walau banyak pihak yang masih mencibir kinerja Tri Rismaharini sebagai Walikota Surabaya, namun dipenghujung masa baktinya sebagai orang nomor satu di Kota Surabaya ini, mulai menuai pujian.

Serangan bertubi-tubi yang dialamatkan ke Tri Rismaharini sebagai Walikota Surabaya nampaknya tidak terjadi dalam rapat dengar pendapat yang dilakukan di ruangn Komisi B DPRD Kota Surabaya, Selasa (5/5).

Dalam rapat pertanggungjawaban LKPJ akhir tahun di akhir masa jabatan Tri Rismaharini sebagai Walikota Surabaya ini, sejumlah anggota dewan yang menghadiri paripurna itu memberikan penilaian positif terhadap kinerja Tri Rismaharini sebagai wali kota.

Tak pelak, dengan penilaian baik tersebut, bisa dipastikan bahwa pada LKPJ akhir masa jabatan yang akan dilangsungkan di Komisi C DPRD Kota Surabaya mendatang, Tri Rismaharini akan kembali memperoleh penilaian positif dari para anggota dewan yang lain tentang apa yang sudah dilakukan selama ini sebagai seorang wali kota.

Salah satu anggota dewan yang terang-terangan memuji kinerja Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya adalah Mahmud, anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya. Sebagai anggota dewan yang juga anggota pansus LKPJ Akhir Masa Jabatan (AMJ), kinerja Tri Rismaharini sebagai Walikota Surabaya telah sesuai dengan petunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Berdasarkan catatan LKPJ diakhir masa jabatannya, apa yang sudah dilakukan Risma sebagai seorang wali kota, sudah sesuai dengan petunjuk Mendagri. Bahkan, berdasarkan realita di lapangan, apa yang sudah dilakukan Risma jauh lebih baik dari yang tertuang dalam laporan itu, “ papar Mahmud.

Pujian dan penilaian positif akan LKPJ yang dipaparkan Risma dihadapan para anggota Komisi B tersebut mengindikasikan bahwa pemaparan akan LKPJ akhir tahun yang akan dilakukan di Komisi C mendatang, hanya formalitas karena mayoritas anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, juga akan memberikan penilaian positif.

Usai rapat pembentukan paripurna pansus di ruang rapat paripurna DPRD Kota Surabaya, Mahmud kembali memberikan pujiannya terhadap kinerja Risma. Ia pun memberikan ilustrasi penilaian akan kinerja Risma.

“Jika batasan nilainya 0-100, maka kinerja Risma sebagai Walikota Surabaya selama ini nilainya 110. Mengapa bisa melampaui? Karena, berdasarkan kondisi sebenarnya di lapangan, apa yang yang sudah dilakukan Risma, jauh melampaui apa yang ia laporkan dalam LKPJ, “ ungkap Mahmud.

Lalu, seperti apa laporan pertanggungjawaban yang sudah disampaikan di depan anggota dewan sehingga banyak diantara mereka yang mendengar laporan LKPJ tersebut langsung memberikan penilaian baik hingga memuaskan ?

Salah satu LKPJ yang disampaikan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya dalam pidatonya di rapat paripurna DPRD Surabaya itu adalah mengenai realisasi belanja daerah 2010-2014 yang mengalami peningkatan. Tahun 2010 realisasi belanja kota Surabaya adalah Rp 3,637 triliun, meningkat menjadi Rp 3.753 triliun pada 2011 dan meningkat kembali menjadi Rp 4.299 triliun pada 2012.

Dari jumlah itu, belanja daerah Kota Surabaya terus mengalami kenaikan ditahun 2013 dan 2014. Pada tahun 2013 jumlahnya meningkat menjadi Rp. 5,57 triliun dan tahun 2014 jumlahnya meningkat pula menjadi Rp. 5,70 triliun.

Menurut Risma, terus meningkatnya anggaran tersebut dipergunakan untuk membangun kota yang lebih cerdas melalui peningkatan sumber daya manusia yang didukung peningkatan kualitas intelektual, ketrampilan serta kesehatan warga secara terpadu dan berkelanjutan. (pay)