Sujiwo Tejo Ajak Mahasiswa Unair Berani Dan Fokus Di Seminar Nasional The Art Preneur Strategy

Caption Poto: Sujiwo Tejo (kiri) H. Masfuk, S.H (tengah) dan Dr. Aris Amoninggar (Jilbab Merah Muda) yang diundang sebagai pemateri dan moderator di acara seminar nasional the art preuneur strategy yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. (FOTO : humas Unair untuk surabayaupdate.com)

Caption Poto: Sujiwo Tejo (kiri), H. Masfuk, S.H (tengah) dan Dr. Aris Amoninggar (Jilbab Merah Muda) yang diundang sebagai pemateri dan moderator di acara seminar nasional the art preuneur strategy yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. (FOTO : humas Unair untuk surabayaupdate.com)

SURABAYA (surabayaupdate) – Menyontoh filosofi Jawa yang selama ini dipegang teguh, Sujiwo Tejo, sosok seniman dan salah satu dalang nyentrik di Indonesia menjadi salah pembicara pada seminar nasional The ArtPreneur Strategy.

Pada seminar nasional yang digelar Jumat (17/10), di Aula Garuda Mukti, Rektorat UNAIR dan mengambil tema “Inspiring Innovating Entertaining” ini Sujiwo Tejo mengajarkan kepada para mahasiswa Unair yang menjadi peserta seminar nasional, bagaimana menjadi seorang pebisnis yang handal.

“Harus fokus. Jika kita fokus pada satu hal maka apapun yang kita lihat adalah hal yang kita fokuskan itu. Dalam filosofi Jawa, kita bisa meniru sosok Semar, salah satu tokoh pewayangan, “ ujar pendiri Republik Jancukers ini.

Semar, lanjut Sujiwo Tejo, memiliki senyum dalam tangis dan tangis dalam senyum. Maksudnya apa? Orang itu harus bisa tertawa dalam tangis dan menangis dalam tenggelam tawa.

Bukan hanya Sujiwo Tejo saja yang dihadirkan dalam seminar nasional ini. Mahasiswa yang tergabung dalam WEBS (Workshop Entrepreneur Business Society) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang mengadakan seminar nasional ini, juga menghadirkan sosok pengusaha yang telah melanglang buana di dunai bisnis, khususnya ArtPreneur.

Salah satunya adalah H. Masfuk, SH, alumni Fakultas Hukum Unair dan juga seorang pengusaha yang pernah menjabat sebagai Bupati Lamongan periode 2000-2005 dan 2005-2010.

Chairman EKA Group ini pun berbagi kisah perjuangannya untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Selain itu, Masfuk pun membagikan kiat-kiat meraih kesuksesan dalam bisnis kepada para mahasiswa Unair.

Dede Agung selaku ketua panitia semiar nasional The ArtPreneur Strategy ini menerangkan, seminar nasional the art preneur strategy ini merupakan bagian dari WEBS Entrepreneur Festival Day (WEFD).

“Sedangkan WEBS adalah Workshop Entrepreneur Business Society yang berisi para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair. WEFD sendiri awalnya dimulai dari kegiatan PASAR ISOEK, National Business Competition serta Carity dan Entrepreneur Music Show, “ jelas Dede.

Masih menurut Dede, seminar nasional ini sengaja digelar dengan tujuan menyadarkan pola pikir mahasiswa tentang Surabaya yang bukan sekedar kota industri tapi juga kota yang melahirkan para pebisnis. Selain itu, untuk memberikan pemahaman bahwa menjadi pebisnis yang sukses tidak bisa instan. (pay)