surabayaupdate.com
EKONOMI & BISNIS INDEKS

Dua Narasumber Bahas Tentang Konsep Rumah Yang Ringan Dikantong

Diskusi tentang hunian pintar yang ringan dikantong. (FOTO : dokumen pribadi untuk surabayaupdate.com/amelia wulan)

JAKARTA (surabayaupdate) – Dalam BincangShopee 6.6 Rumah & Hobi Sale, dua orang narasumber dihadirkan Shopee.

Dua narasumber yang dihadirkan dalam acara talkshow itu bernama Christian Sugiono seorang aktor ganteng tanah air dan seorang entepreneur, seorang lagi bernama Revano Satria seorang arsitek.

Kedua narasumber ini selain melakukan diskusi mengenai tren smart home yang kini semakin digemari masyarakat Indonesia, dua narasumber ini juga membagikan langkah mudah yang bermanfaat bagi masyarakat untuk dapat mewujudkan hunian pintar yang ramah kantong ala mereka sendiri.

Christian Sugiono mengatakan, sebuah hunian dapat dikatakan pintar, jika dalam penggunaannya, hunian tersebut dapat membuat sang penghuni nyaman serta tetap produktif di rumah.

Untuk membuat penghuni rumah tersebut merasa nyaman, Christian Sugiono menjelaskan, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan.

“Tata letak ruang. Penghuni akan merasa sangat nyaman apabila ada sirkulasi udara yang baik. Hal ini bertujuan untuk menjaga para penghuninya tetap sehat,” ujar Christian.

Aspek selanjutnya yang menurut Christian Sugiono juga penting adalah mengenai penyimpanan barang serta pemanfaatan ruang di rumah yang optimal dan rapi.

“Jika penyimpanan barang serta pemanfaatan ruangan dirumah sangat optimal dan rapi, hal itu sangat memudahkan serta mendukung segala aktivitas yang dimiliki sang penghuni,” ungkap Christian.

Christian kembali menjelaskan, untuk mewujudkan sebuah hunian pintar, tidak harus membutuhkan peralatan yang mahal dan ongkos besar.

“Karena berbagai pilihan produk atau perangkat smart home dengan harga yang ramah di kantong pun, kini dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita,” katan Christian.

Sementara itu, Revano Satria, seorang arsitek mengatakan, di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, dimana mobilitas setiap orang terasa kian bertambah cepat, pengaplikasian sistem smart home di rumah menjadi semakin populer, karena dianggap dapat memudahkan kehidupan serta kegiatan sehari-hari penghuninya.

Lebih lanjut Revano mengatakan, bukan hanya dari segi penggunaan perangkat teknologi yang mutakhir, sebuah rumah dapat dikatakan sebagai smart home ketika mengedepankan ketepatan desain, fungsionalitas juga pemilihan peralatan rumah tangga.

“Jadi, istilah konsep smart home itu sendiri adalah, ketika secara keseluruhan sebuah rumah bisa menjadi hunian yang tidak hanya pintar secara teknologi, tetapi juga disaat yang bersamaan, dapat menciptakan suasana bahagia dan mendorong produktivitas para penghuninya,” ujar Revano.

Revano kemudian memberi tips, bagaimana cara menciptakan hunian pintar yang ramah dikantong.

Pertama adalah menggali informasi tentang keunggulan konsep smart home.

Disini, kita dapat memanfaatkan dalam hunian kita menggunakan sistem smart home dengan gadget nirkabel yang dapat menghemat tenaga dan waktu penghuni atau juga hunian pintar yang rapi dan tertata.

Point kedua adalah menyesuaikan dengan budget yang kita miliki. Untuk dapat membangun hunian pintar ramah dikantong, tentu berbagai perlengkapan smart home yang kita beli, harus disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Setiap berbelanja, jangan lupa melakukan komparasi harga antar barang.

Ketiga mengenai mencari tahu apa yang dibutuhkan hunian kita. Harus diingat, tidak ada satu produk yang cocok untuk semua.

Sebelum membeli peralatan smart home untuk hunian, kita harus tahu terlebih dahulu apa saja yang rumah kita benar-benar butuhkan.

Bukan hanya itu. Hal lain yang harus diperhatikan adalah mengenai ruangan apa yang ingin terlebih dahulu dilengkapi dengan smart home appliances, misal ruang tamu, kamar utama atau kamar anak, dan lain-lain.

Tips selanjutnya membuat hunian pintar namun ramah dikantong adalah memastikan peralatan smart home sesuai dengan tipe hunian kamu

Selain menyesuaikan dengan kondisi dan kapasitas rumah, pastikan juga perangkat yang hendak kita beli cocok dengan tipe hunian, misalnya untuk konsep hunian minimalis, pilihlah perangkat dengan warna-warna sederhana agar hunian kiya terkesan simple namun tetap elegan.

Point selanjutnya, bandingkan fungsi dan kualitas peralatan smart home. Selain keempat hal diatas, hal lain yang perlu diingat dalam memilih peralatan smart home adalah spesifikasi dan kualitas dari produk yang hendak kamu beli.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan, hunian pintar, kini menjadi semakin digemari dan telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, karena berbagai manfaat serta kemudahan yang ditawarkan. (awp)

Related posts

Terdakwa Narkoba Tak Kuasa Menahan Tangis Di Persidangan

redaksi

Kejari Tanjung Perak Surabaya Terapkan Pembayaran Tilang Lewat Kantor Pos

redaksi

Polisi Geledah Rumah Pengedar Sabu Di Menganti

redaksi